Comscore Tracker

5 Pemain Pertama yang Direkrut Jose Mourinho di AS Roma

Perombakan skuad yang ia lakukan kini mulai sempurna

Di setiap tim yang ia latih, Jose Mourinho sangat gemar merombak tim dengan mendatangkan banyak pemain baru. Pada bursa transfer musim panas 2022, beberapa pemain top, seperti Paulo Dybala, Gerginio Wijnaldum, dan Nemanja Matic pun sukses ia rekrut demi membuat AS Roma lebih kompetitif jelang musim kompetisi 2022/2023.

Pembelian aktif semacam ini telah dilakukan Mourinho sejak melatih AS Roma pada awal musim 2021/2022. Deretan pemain hebat juga telah didatangkan di musim pertama Mourinho membesut Serigala Ibu Kota.

Berikut ulasan seputar performa kelima pemain pertama yang didatangkan Jose Mourinho di AS Roma.

1. Rui Patricio

5 Pemain Pertama yang Direkrut Jose Mourinho di AS RomaRui Patricio (asroma.com)

Dua belas hari setelah ditunjuk sebagai pelatih AS Roma, Jose Mourinho langsung mendatangkan Rui Patricio dari Wolverhampton Wanderers. Kiper asal Portugal tersebut diboyong dengan banderol 11,8 juta euro (Rp179 miliar) pada Juli 2021.

Tugas Patricio di AS Roma adalah menambal pos kiper I Giallorossi yang dinilai cukup rapuh. Pembelian Jose Mourinho ini pun terhitung sukses. Pasalnya, Patricio mampu bermain sangat apik di berbagai ajang yang dilakoni AS Roma musim 2021/2022.

2. Eldor Shomurodov

5 Pemain Pertama yang Direkrut Jose Mourinho di AS RomaEldor Shamudorov (twitter.com/asromaen)

Selain posisi kiper, pos lini serang AS Roma juga dinilai sangat lemah ketika Jose Mourinho baru pertama kali hadir di Ibu Kota Italia tersebut. Oleh karena itu, Mourinho pun segera merekrut penyerang bernama Eldor Shomurodov dari Genoa dengan banderol sebesar 18 juta euro (Rp273 miliar).

Angka tersebut cukup pantas bagi Shomurodov menilik performanya bersama Genoa. Saat berseragam AS Roma, Shomurodov memang tampil cukup baik di lini serang. Penyerang asal Uzbekistan ini mampu mencetak 5 gol dan 6 assist dari 40 laga pada musim pertamanya.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Kembali Bangkit di Bawah Asuhan Jose Mourinho

3. Matias Vina

5 Pemain Pertama yang Direkrut Jose Mourinho di AS RomaMatias Vina (asroma.com)

Pada Agustus 2021, AS Roma sukses memboyong bek sayap muda potensial asal Uruguay. Dia adalah Matias Vina, bek kiri yang didatangkan dari Palmeiras dengan banderol sebesar 13 juta euro (Rp197 miliar).

Kedatangan Vina ke AS Roma bisa dibilang sebagai sebuah pembelian darurat. Pasalnya, Leandro Spinazzola yang merupakan bek kiri AS Roma harus absen panjang pasca Euro 2020 lantaran cedera. Kendati demikian, posisi yang ditinggalkan oleh Spinazzola tersebut mampu dikover dengan apik oleh penampilan menjanjikan Matias Vina.

4. Tammy Abraham 

5 Pemain Pertama yang Direkrut Jose Mourinho di AS RomaTammy Abraham (twitter.com/fabrizioromano)

Sempat diragukan tak akan bersinar di Italia bersama AS Roma, Tammy Abraham mampu membalikan anggapan tersebut. Faktanya, Tammy Abraham sukses menceploskan 27 gol dan 5 assist dari 53 laga bersama AS Roma.

Ia juga jadi pemain terpenting AS Roma ketika menjadi juara Europa Conferences League 2021/2022. Penyerang asal Inggris ini sendiri dibeli Roma dari Chelsea dengan biaya sebesar 40 juta euro (Rp607 miliar).

5. Ainsley Maitland-Niles

5 Pemain Pertama yang Direkrut Jose Mourinho di AS RomaAinsley Maitland-Niles (arsenal.com)

Ainsley Maitland-Niles jadi satu-satunya pemain yang diboyong Jose Mourinho pada bursa transfer musim dingin 2022 dalam daftar ini. Maitland-Niles didatangkang sebagai pemain pinjaman dari Arsenal pada Januari 2022.

Tak seperti pemain lain, Maitland-Niles justru gagal bersinar bersama AS Roma. Selama setengah musim, ia hanya mencatat 12 penampilan saja. Oleh karena itu, status Maitland-Niles pun tak jadi dipermanenkan.

Selain mendatangkan kelima nama pemain di atas, Jose Mourinho di musim pertama juga memermanenkan Roger Ibanez, Marash Kumbulla, dan Bryan Reynold yang sebelumnya hanya berstatus sebagai pemain pinjaman. Setelah instan persembahkan trofi Europa Conference League di musim perdananya, mampukah pelatih berjuluk The Special One ini membawa AS Roma lebih berprestasi di musim kompetisi 2022/2023 mendatang?

Baca Juga: AS Roma dan Jose Mourinho Kandidat Kuat Juara Serie A 2022/2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya