Comscore Tracker

5 Pemain Pertama yang Direkrut Jurgen Klopp Saat Melatih Liverpool

Hanya Joel Matip yang bertahan hingga sekarang

Dengan segala hal yang telah ia dapatkan, Jurgen Klopp sudah sangat layak untuk masuk dalam jajaran pelatih terbaik dalam sejarah Liverpool. Klopp sukses membangun skuad The Reds hingga semenakutkan sekarang.

Jurgen Klopp sebenarnya sempat kesulitan dengan materi pemain yang dimilikinya pada awal melatih Liverpool. Lima pemain awal yang direkrutnya jadi cerminan kebijakan transfernya.

Siapa sajakah pemain pertama yang direkrut Jurgen Klopp saat melatih Liverpool?

1. Marko Grujic

5 Pemain Pertama yang Direkrut Jurgen Klopp Saat Melatih LiverpoolMarko Grujic (liverpoolfc.com)

Jurgen Klopp mulai melatih Liverpool pada Oktober 2015 ketika menggantikan Brendan Rodgers. Oleh karena itu, transfer pertama yang dilakukan Klopp terjadi pada bursa transfer musim dingin.

Marko Grujic menjadi pemain pertama yang direkrut Klopp di Liverpool. Gelandang asal Serbia ini dibeli pada 6 Januari 2016 dari Red Star Belgrade. Namun, sehari kemudian, ia kembali ke Red Star Belgrade dengan status pemain pinjaman.

Grujic tak banyak mencatatkan pertandingan di Liverpool. Sebab, ia lebih sering dipinjamkan selama 5,5 musim berseragam The Reds.

2. Steven Caulker

5 Pemain Pertama yang Direkrut Jurgen Klopp Saat Melatih LiverpoolSteven Caulker dan Jurgen Klopp (liverpoolfc.com)

Pada 12 Januari 2016, Steven Caulker didatangkan Jurgen Klopp ke Liverpool sebagai pemain pinjaman dari Queens Park Rangers. Caulker menjadi salah satu transfer aneh yang pernah dilakukan Klopp.

Bermain selama setengah musim untuk Liverpool, bek berkebangsaan Sierra Leone hanya mencatat empat pertandingan. Meski berposisi sebagai bek tengah, Caulker pernah dipasang Jurgen Klopp sebagai seorang penyerang pada laga kontra Norwich City musim 2015/2016.

Baca Juga: 6 Kekalahan Liverpool di Partai Final selama Dilatih Jurgen Klopp

3. Joel Matip

5 Pemain Pertama yang Direkrut Jurgen Klopp Saat Melatih LiverpoolJoel Matip (premierleague.com)

Pada musim panas 2016, Jurgen Klopp mulai membangun skuad Liverpool dengan serius. Pemain-pemain hebat nan potensial didatangkan.

Pada 1 Juli 2016, Joel Matip menjadi salah satu pemain yang didatangkan untuk mengisi kerapuhan pos pertahanan Liverpool. Bek asal Kamerun ini datang secara gratis dari Schalke 04, tim yang ia bela selama 7 tahun.

Hingga saat ini, Matip masih jadi pemain andalan Liverpool di posisi bek tengah. Memasuki musim keenamnya di Liverpool, Matip telah mencatat 168 laga dengan sumbangan 9 gol dan 6 assist.

4. Sadio Mane

5 Pemain Pertama yang Direkrut Jurgen Klopp Saat Melatih LiverpoolSadio Mane (liverpoolfc.com)

Sama seperti Joel Matip, Sadio Mane juga diresmikan Liverpool pada 1 Juli 2016. Winger asal Senegal ini dibeli dari Southampton dengan banderol sebesar 41,2 juta euro (Rp619 miliar).

Bicara soal kontribusinya di Liverpool, tak ada yang meragukan Sadio Mane. Bersama Mohamed Salah, Mane menjelma sebagai pemain yang tajam dan menakutkan di sisi sayap The Reds.

Sebelum akhirnya hengkang ke Bayern Munich pada musim panas 2022, Mane telah sukses mencatat 120 gol dan 49 assist dari 269 laga untuk Liverpool. Ia juga mengoleksi sejumlah gelar.

5. Loris Karius

5 Pemain Pertama yang Direkrut Jurgen Klopp Saat Melatih LiverpoolLoris Karius (liverpoolfc.com)

Blundernya saat final Liga Champions 2018 kontra Real Madrid menjadi hal yang paling diingat dari karier Loris Karius di Liverpool. Kiper yang didatangkan dari Mainz 05 ini sendiri diresmikan pada 1 Juli 2016.

Karius pernah menjadi kiper utama Liverpool. Namun, setelah blunder fatalnya tersebut dan kedatangan Alisson Becker, Karius lebih sering dipinjamkan. Total 22 nirbobol dari 49 laga sukses Karius catatkan selama berseragam Liverpool.

Pada musim panas 2016, Jurgen Klopp cukup banyak mendatangkan pemain baru. Selain Joel Matip, Sadio Mane, dan Loris Karius, Liverpool juga mendatangkan Ragnar Klavan, Georginio Wijnaldum, Alexander Manninger, dan Lazar Markovic.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Gagal Didatangkan Jurgen Klopp ke Liverpool

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya