Comscore Tracker

5 Pemain Berkebangsaan Prancis yang Pernah Membela Borussia Dortmund

Pesepak bola Prancis di lembah Ruhr

Prancis dikenal sebagai gudangnya para pesepak bola berbakat. Hampir seluruh klub yang berada di kasta tertinggi liga top Eropa setidaknya pernah satu kali menggunakan pemain asal Prancis. Bundesliga adalah salah satu liga yang paling aktif dalam merekrut pesepak bola asal negeri Napoleon ini.

Tidak seperti Bayern Munich yang sudah menjadi langganan untuk menggunakan pemain asal Prancis, Borussia Dortmund justru sangat jarang untuk menggunakan jasa para pemain dari negeri ini. Hingga saat ini, terhitung hanya 5 pemain berkebangsaan Prancis yang pernah membela Die Borussen. Siapa saja mereka? Berikut kami sajikan daftarnya, check this out!

1. Guillaume Warmuz

5 Pemain Berkebangsaan Prancis yang Pernah Membela Borussia Dortmunddfb.de

Nama yang pertama ialah Guillaume Warmuz yang berposisi sebagai kiper. Kala itu Warmuz didatangkan dari Arsenal pada bulan Juli 2003 dengan status free transfer. Kedatangan Warmuz ke Borussia Dortmund tentu sangat diharapkan oleh publik Die Borussen karena di tahun yang sama kiper utama mereka, Jens Lehmann, hengkang ke Arsenal.

Total 2 musim Warmuz menjadi bagian dari skuad Borussia Dortmund. Dalam kurun waktu tersebut ia berhasil tampil sebanyak 29 pertandingan dengan catatan 7 clean sheet. Pada tahun 2005, Warmuz pun kembali ke Prancis untuk membela AS Monaco.

Baca Juga: 5 Pemain Borussia Dortmund dengan Nilai Pasar Termahal saat Ini

2. Damien Le Tallec

5 Pemain Berkebangsaan Prancis yang Pernah Membela Borussia Dortmunddfb.de

Pada tahun 2009 Borussia Dortmund mendatangkan seorang gelandang bertahan asal Prancis bernama Damien Le Tallec dari Stade Rennes dengan status free transfer. Damien Le Tallec merupakan adik dari mantan striker Liverpool, Anthony Le Tallec.

Saat bergabung bersama Borussia Dortmund, umur Le Tallec kala itu baru menginjak 19 tahun dan masih minim pengalaman. Umurnya yang masih muda menjadi alasan mengapa akhirnya ia lebih banyak dimainkan di tim kedua daripada tim utama Borussia Dortmund. Pada tahun 2012, Le Tallec pun akhirnya memutuskan untuk hengkang ke FC Nantes.

3. Ousmane Dembele

5 Pemain Berkebangsaan Prancis yang Pernah Membela Borussia Dortmundbundesliga.com

Ousmane Dembele bisa disebut sebagai pemain berkebangsaan Prancis terbaik yang pernah merumput bersama Borussia Dortmund. Pada bulan Juli 2016, Ousmane Dembele didatangkan dari Stade Rennes dengan banderol sebesar 12 juta euro atau setara dengan Rp207 miliar.

Walaupun hanya bermain selama semusim, kontribusinya terhadap tim sungguh luar biasa di musim tersebut. Dari 50 laga yang Ia mainkan, Dembele berhasil menorehkan 10 gol dan 22 assists serta berhasil mempersembahkan gelar DFB Pokal musim 2016/2017.

Tak hanya memberikan kontribusi terhadap prestasi, kehadrian Dembele juga sangat berkontribusi meningkatkan finansial dan keuangan tim. Pada Agustus 2017, Dembele dijual ke Barcelona dengan banderol yang sangat tinggi, yakni 135 juta euro atau setara dengan Rp2,38 triliun.

4. Dan Axel Zagadou

5 Pemain Berkebangsaan Prancis yang Pernah Membela Borussia Dortmundfearthewall.com/GettyImages

Dan Axel Zagadou menjadi satu-satunya pemain berkebangsaan Prancis yang masih ada di skuad Borussia Dortmund hingga saat ini. Kala itu Ia direkrut dari tim kedua Paris Saint Germain dengan status free transfer pada tahun 2017.

Zagadou memang dikenal sebagai bek tangguh dan tanpa kompromi sehingga tak heran ia selalu menjadi pilihan utama di skuad Borussia Dortmund. Namun, cedera yang kerap ia alami selalu menjadi batu sandungan terhadap kegemilangan kariernya.

5. Abdou Diallo

5 Pemain Berkebangsaan Prancis yang Pernah Membela Borussia Dortmundeurosport.de

Sama seperti Dan Axel Zagadou, Abdou Diallo juga berposisi sebagai bek tengah. Pada bulan Juli 2018, Diallo didatangkan dari Mainz 05 dengan banderol sebesar 28 juta euro atau sekitar Rp482 miliar.

Walaupun pada saat itu Ia berumur 22 tahun, ia sudah dipercaya menjadi bagian dari tim inti Borussia Dortmund musim 2018/2019. Total 38 laga berhasil ia mainkan di musim tersebut sebelum akhirnya dijual ke Paris Saint Germain di musim selanjutnya.

 

Itulah 5 pemain berkebangsaan Prancis yang pernah membela Borussia Dortmund. Walaupun memiliki impact yang cukup besar, entah alasan apa yang mendasari Borussia Dortmund jarang untuk merekrut pemain berkebangsaan Prancis.

Baca Juga: 5 Debutan Termuda Borussia Dortmund di Era Jurgen Klopp, Siapa Saja?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya