Comscore Tracker

5 Pemain Roma Terakhir yang Pindah ke Inter Milan Sebelum Mkhitaryan

Henrik Mhiktaryan pindah secara gratis

Setelah mengabdi selama 3 musim, Henrikh Mkhitaryan memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya bersama AS Roma. Menurut laporan Fabrizio Romano pada Senin (6/6/2022), Inter Milan akan menjadi pelabuhan selanjutnya bagi Mkhitaryan.

Kepastian tersebut didapat setelah gelandang asal Armenia ini diikat dengan kontrak berdurasi 2 musim. Kepindahan Henrik Mkhitaryan ini bukanlah perpindahan pertama pemain AS Roma ke Inter Milan.

Sejak 1990, telah ada total enam belas pemain AS Roma yang pindah ke Inter Milan. Ini daftar lima pemain terakhir yang pindah dari AS Roma ke Inter Milan sebelum Henrikh Mkhitaryan.

1. Adem Ljajic

5 Pemain Roma Terakhir yang Pindah ke Inter Milan Sebelum MkhitaryanAdem Ljajic (skysports.com)

Pada 2015/2016, Inter Milan pernah mendatangkan wonderkid asal Serbia, Adem Llajic. Kala itu, Llajic didatangkan sebagai pemain pinjaman dengan durasi peminjaman selama semusim. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini cukup sering dimainkan Inter Milan.

Selama semusim, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini sukses mencatatkan 4 gol dan 2 assist dari 28 pertandingan di Serie A dan Coppa Italia. Sayangnya, ia tak diperpanjang setelah masa peminjamannya usai.

2. Dodo

5 Pemain Roma Terakhir yang Pindah ke Inter Milan Sebelum MkhitaryanDodo (skysports.com)

Nama selanjutnya ialah Dodo, bek kiri berkebangsaan Brasil yang datang dalam waktu yang hampir sama dengan Adem Llajic. Sebetulnya, kedatangan Dodo ke Inter Milan bukanlah yang pertama. Pasalnya, ia pernah menjalani masa peminjaman di klub tersebut selama 2 musim (2014—2016).

Ia akhirnya dipermanenkan pada waktu yang sama dengan Llajic. Secara keseluruhan, Dodo hanya bermain efektif untuk Inter Milan dalam 2 musim (2014—2016). Pasalnya, setelah dipermanenkan, Dodo selalu dipinjamkan ke Sampdoria.

Baca Juga: 10 Potret Milan Skriniar, Bek Tangguh Slovakia Andalan Inter Milan

3. Radja Nainggolan

5 Pemain Roma Terakhir yang Pindah ke Inter Milan Sebelum MkhitaryanRadja Nainggolan (skysports.com)

Radja Nainggolan pernah punya karier yang sangat cemerlang bersama AS Roma. Permainannya sangat impresif hingga akhirnya diburu banyak tim besar Eropa dengan tawaran harga yang sangat besar.

Pada jendela transfer musim panas 2018, AS Roma akhirnya melepas Nainggolan ke Inter Milan dengan biaya sebesar 38 juta euro atau setara dengan Rp587 miliar. Secara statistik, performa Nainggolan lebih baik ketika membela AS Roma ketimbang Inter Milan.

Dari 4 musim kebersamaannya, Radja Nainggolan hanya efektif bermain selama 2 musim di klub berjuluk I Nerrazzuri tersebut. Dalam kurun waktu tersebut, gelandang asal Belgia ini hanya mencatatkan 41 penampilan dengan sumbangan 7 gol dan 3 assist.

4. Aleksandar Kolarov

5 Pemain Roma Terakhir yang Pindah ke Inter Milan Sebelum MkhitaryanAleksandar Kolarov (skysports.com)

Pesepak bola asal Serbia lain yang menyeberang dari AS Roma ke Inter Milan adalah Aleksandar Kolarov. Mantan bek kiri Manchester City ini diboyong Antonio Conte, pelatih Inter Milan saat itu, pada September 2020 dengan biaya sebesar 1,5 juta euro atau setara dengan Rp23 miliar.

Sama seperti Nainggolan, performa Kolarov saat membela Inter Milan juga tak sebaik saat membela AS Roma. Hingga akhir musim 2021/2022, ia baru mencatatkan lima belas penampilan. Usianya yang tak lagi muda dan kalah saing jadi alasan hal tersebut terjadi.

5. Edin Dzeko

5 Pemain Roma Terakhir yang Pindah ke Inter Milan Sebelum MkhitaryanEdin Dzeko (sempreinter.com)

Inter Milan menebus Edin Dzeko dengan biaya yang cukup murah. Pasalnya, Dzeko yang berstatus sebagai ujung tombak klub hanya dihargai sebesar 1,5 juta euro atau setara dengan Rp23 miliar.

Meski tak lagi muda, Edin Dzeko mampu tampil memuaskan pada musim pertamanya bersama Inter Milan. Striker asal Bosnia-Herzegovina ini sukses jadi pengganti yang pas dari Romelu Lukaku di lini serang. Ia mencatatkan 17 gol dan 10 assist dari 49 laga.

Kedatangan Henrik Mkhitaryan ke Inter Milan secara gratis akan sangat menguntungkan bagi Inter Milan. Performanya yang masih dibilang cukup baik dan akan sangat berguna jadi alasan Mkhitaryan sangat menguntungkan.

Baca Juga: Rapor 5 Pemain yang Didatangkan AS Roma pada Musim 2021/2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya