Comscore Tracker

5 Pemain Berkebangsaan Spanyol yang Pernah Membela Tottenham Hotspur

Bisakah Reguilon sukses bersama Spurs

Dari banyaknya pemain asing yang berlaga di Liga Inggris, pemain berkebangsaan Spanyol menjadi salah satu penyumbang terbanyak. Hampir seluruh tim di Liga Inggris setidaknya pernah memiliki seorang pemain berkebangsaan Spanyol, terutama tim-tim berlabel big six yang tentu membutuhkan bantuan tenaga dari pemain asing yang berkualitas.

Dari 6 tim berlabel big six, Tottenham Hotspur merupakan tim yang paling sedikit menggunakan pemain berkebangsaan Spanyol. Sejauh ini mereka hanya pernah dibela oleh 5 pemain berkebangsaan Spanyol. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya, check this out!

1. Nayim

5 Pemain Berkebangsaan Spanyol yang Pernah Membela Tottenham Hotspurfootball.london

Pesepak bola berkebangsaan Spanyol yang pertama kali membela Tottenham Hotspur adalah seorang sayap kanan keturunan Maroko bernama Nayim. Ia pertama kali datang ke Spurs pada tahun 1988 kala Liga Inggris belum berubah format menjadi seperti sekarang.

Pemain yang mempunyai nama asli Mohamed Ali Amar ini merupakan produk dari akademi Barcelona atau La Masia. Gelar FA Cup tahun 1991 dan English Super Cup di tahun yang sama adalah gelar yang berhasil Nayim berikan selama 5 tahunnya bersama Spurs. Di tahun 1993, Nayim akhirnya kembali ke Spanyol untuk bergabung dengan Real Zaragoza.

2. Iago Falque

5 Pemain Berkebangsaan Spanyol yang Pernah Membela Tottenham Hotspursportsmole.co.uk

Setelah sekian lama tidak lagi memiliki pemain berkebangsaan Spanyol, yakni sepeninggal Nayim tahun 1993, Spurs akhirnya berhasil merekrut seorang Iago Falque tahun 2011. Iago Falque pertama kali datang ke White Hart Lane dengan status pinjaman dari Juventus di umurnya yang baru menginjak 21 tahun.

Setelah setengah musim membela Spurs, Falque akhirnya dipermanenkan dengan banderol sebesar 1 juta euro atau sekitar Rp17 miliar pada bulan Januari 2012. Namun, kariernya bersama Spurs justru merosot tajam. Ia lebih sering dipinjamkan ketimbang bermain secara reguler bersama Spurs.

Southampton, Almeria, dan Rayo Vallecano adalah beberapa tim yang pernah menggunakan jasa Falque sebagai pemain pinjaman selama berstatus sebagai pemain Spurs. Pada tahun 2014, Iago Falque akhirnya memutuskan untuk hijrah ke Genoa dengan banderol sebesar 2 juta euro.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Bisa Menggantikan Jose Mourinho di Tottenham Hotspur

3. Roberto Soldado

5 Pemain Berkebangsaan Spanyol yang Pernah Membela Tottenham Hotspurtheguardian.com

Penampilan hebatnya kala bermain bersama Valencia di musim 2012/2013 membuat Spurs akhirnya kepincut untuk mendatangkan seorang Roberto Soldado pada awal musim 2013/2014. Kala itu Ia didatangkan dengan banderol yang cukup tinggi, yakni sebesar 30 juta euro atau setara dengan Rp511 miliar.

Namun sayang, Soldado malah melempem kala bermain bersama Spurs. Ia hanya mampu mencetak 16 gol dan 11 assists dalam 76 penampilannya bersama Spurs. Kedatangan Son Heung Min dan matangnya Harry Kane membuatnya terpaksa harus hengkang ke Villarreal pada bulan Agustus 2015.

4. Fernando Llorente

5 Pemain Berkebangsaan Spanyol yang Pernah Membela Tottenham Hotspurgoal.com/GettyImages

Sama seperti Roberto Soldado, penampilan impresif Fernando Llorente di klub sebelumnya menjadi alasan Spurs akhirnya merekrutnya. Striker jangkung ini didatangkan dari Swansea City di awal musim 2017/2018 dengan banderol sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp255 miliar.

Namun, sejak kedatangannya, Llorente telah sadar bahwa dirinya hanya akan dijadikan pelapis dari seorang Harry Kane yang sedang tajam-tajamnya. Walaupun demikian, penampilan Llorente sebagai pelapis juga tidak bisa dikatakan buruk.

Selama 2 musimnya bersama Spurs, Llorente berhasil tampil sebanyak 66 kali dengan torehan 13 gol dan 11 assists. Llorente akhirnya memutuskan untuk hengkang ke Napoli pada bulan September 2019 dengan status free transfer.

5. Sergio Reguilon

5 Pemain Berkebangsaan Spanyol yang Pernah Membela Tottenham Hotspurskysport.com

Setelah sekian lama bolak-balik dipinjamkan oleh Real Madrid, Sergio Reguilon akhirnya pindah secara permanen ke Tottenham Hotspur pada awal musim ini. Reguilon diboyong dengan banderol sebesar 30 juta euro atau setara dengan Rp511 miliar.

Membela Spurs di tahun ini adalah pilihan terbaik yang bisa diambil Reguilon untuk menyelamatkan kariernya di sepak bola. Ternyata pilihan yang Ia ambil berhasil berbuah manis. Kini Reguilon berhasil tampil konsisten dan menjadi andalan Jose Mourinho di posisi bek kiri Spurs.

 

Itulah 5 pesepak bola berkebangsaan Spanyol yang pernah membela Tottenham Hotspur. Dari daftar tersebut, hanya Sergio Reguilon pesepak bola Spanyol yang tersisa di skuad Spurs. Pertanyaannya, apakah Reguilon bisa tampil konsisten bersama Spurs? Mari kita doakan saja.

Baca Juga: 5 Bek Kiri Terbaik Spanyol Saat Ini, dari Jose Gaya hingga Reguilon!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya