5 Pemain Berkebangsaan Swedia yang Pernah Membela Juventus

Dejan Kulusevski menjadi yang terbaru

Banyak penggemar sepak bola mengakui bahwa Juventus merupakan salah satu klub terbaik yang ada di dunia. Sejak berdiri pada 1 November 1897, klub asal kota Turin ini telah berhasil mengemas puluhan gelar bergensi yang ada di dunia. Gelar-gelar tersebut termasuk 36 gelar juara Serie A yang semakin mengkokohkan Juventus sebagai salah satu jawara di Italia.

Kombinasi antara manajemen yang baik ditambah pemain berbakat yang terus berdatangan setiap tahunnya, klub ini mempunyai segala materi yang dibutuhkan untuk menjadi sebuah tim besar. Dari ribuan pemain yang pernah bermain untuk Juventus, pemain Eropa menjadi yang terbanyak. Maklum saja, karena Juventus merupakan klub asal Italia yang lokasinya berada di wilayah Eropa Selatan.

Walaupun berada di Eropa bagian selatan, Juventus juga tidak segan melirik bakat-bakat terbaik asal Eropa utara, terutama dari negara Swedia. Selama 123 tahun berdiri, tercatat ada 5 pemain Swedia yang pernah membela Juventus. Siapa sajakah mereka? Check this out!

1. Andreas Isaksson

5 Pemain Berkebangsaan Swedia yang Pernah Membela Juventusimdb.com

Nama yang pertama ialah kiper legendaris Swedia, yakni Andreas Isaksson. Kala itu Isaksson didatangkan dari tim lokal Swedia, Trellborg, di usia 18 tahun dengan biaya 1,5 juta euro pada 1 Juli 1999. Saat pertama kali datang ke Juventus, Isaksson langsung ditempatkan di tim U-19 Juventus.

Pada tahun 2000, Isaksson akhirnya dipromosikan ke tim senior Juventus. Namun sayang, 6 bulan kemudian Andreas Isaksson harus dilego ke Djurgarden pada bulan Januari 2001. Selama di tim senior Juventus, Isaksson belum pernah semenit pun tampil untuk skuad La Vecchia Signora.

2. Zlatan Ibrahimovic

5 Pemain Berkebangsaan Swedia yang Pernah Membela Juventusjuvefc.com

Striker fenomenal dan paling sukses di Swedia, Zlatan Ibrahimovic, juga pernah membela Juventus dari musim 2004/2005 hingga 2005/2006. Zlatan datang ke Juventus pada bulan Agustus 2004 dari Ajax Amsterdam dengan banderol 16 juta euro.

Pada musim 2005/2006, Juventus tersandung kasus Calciopoli yang mengharuskan mereka degradasi ke Serie B di musim selanjutnya. Pada saat itulah Zlatan akhirnya pergi dari Juventus untuk bergabung ke Inter Milan pada bulan Agustus 2006.

Kepergian Zlatan ke Inter Milan ini menyusul para rekan setimnya, seperti Fabio Cannavaro, Lillian Thuram, dan Patrick Vieira yang juga ikut pindah kala Juventus tersandung kasus Calciopoli. Selama membela Juventus total 26 gol dari 92 penampilan berhasil Zlatan berikan untuk tim berjuluk Si Nyonya Tua ini.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah AC Milan, Ada Zlatan Ibrahimovic!

3. Olof Mellberg

5 Pemain Berkebangsaan Swedia yang Pernah Membela Juventuscalciomercato.it

Jika Zlatan Ibrahimovic pergi saat Juventus mengalami krisis, Olof Mellberg justru datang kala Juventus sedang berada di masa transisi dari krisisnya. Mellberg datang dari Aston Villa pada musim 2008/2009 pasca-Juventus baru promosi dari Serie B dan sedang membangun tim.

Mellberg hanya bermain 1 musim bersama Juventus dan berhasil tampil sebanyak 38 laga dengan mencetak 2 gol sebagai seorang bek tengah. Kedatangan bek-bek baru semacam Martin Caceres dari Barcelona dan kembalinya Fabio Cannavaro dari Real Madrid menjadi alasan Mellberg harus hijrah ke Olympiacos pada tahun 2009.

4. Albin Ekdal

5 Pemain Berkebangsaan Swedia yang Pernah Membela Juventusskysports.com

Sama seperti Mellberg, Albin Ekdal juga datang pada musim 2007/2008. Albin Ekdal yang berposisi sebagai gelandang bertahan datang dari klub Swedia bernama Brommapojkarna pada usia 18 tahun. Di musim pertamanya, Ekdal hanya tampil beberapa kali dan banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan.

Kemudian, di musim kedua Ekdal dipinjamkan ke Siena dan berhasil tampil sangat baik sebelum akhirnya Bologna memboyongnya pada Agustus 2010. Penampilan yang konsisten bersama Bologna membuat Ekdal kembali dibeli oleh Juventus pada Juli 2011. Namun, anehnya tidak sampai satu musim, Albin Ekdal dijual kembali ke Cagliari dengan harga 2,7 juta euro pada bulan Agustus 2011.

5. Dejan Kulusevski

5 Pemain Berkebangsaan Swedia yang Pernah Membela Juventusonefootball.com

Dejan Kulusevski menjadi pemain Swedia terbaru yang bergabung dengan Juventus. Kulusevski datang di awal musim ini dari Parma dengan status pinjaman.

Sejauh ini Kulusevski menjadi salah satu pemain favorit dari Andrea Pirlo sebagai salah satu opsi di lini sayap Juventus. Total 3 gol dan 1 assist berhasil Kulusevski berikan dari 20 kali penampilannya hingga giornata 23 Liga Serie A Italia.

 

Itulah 5 pemain Swedia yang pernah membela Juventus. Sebagai salah satu negara terbaik di wilayah Nordik, Swedia tidak akan pernah kehabisan bakat sepak bola dan diprediksi akan menjadi sebuah kekuatan sepak bola besar suatu hari nanti. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Rekrutan Anyar Juventus, Ini 5 Fakta Menarik Dejan Kulusevski

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya