Comscore Tracker

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama AC Milan

Tetap setia hingga usia tua!

Dengan 7 gelar juara Champions League, AC Milan merupakan tim Italia paling disegani di Eropa. Hingga saat ini, AC Milan masih menempati posisi kedua sebagai pemegang gelar juara Champions League terbanyak setelah Real Madrid.

Tak heran, jika klub ini sangat besar dan didambakan oleh banyak pemain hebat. Tak sedikit pemain yang ingin gantung sepatu di depan tifosi Milan. Berikut ini daftar lima pemain terakhir yang memutuskan untuk pensiun bersama AC Milan.

1. Mario Mandzukic

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama AC MilanMario Mandzukic (acmilan.com)

Sempat tak memiliki klub selama 6 bulan setelah hengkang dari Al-Duhail pada Juli 2020, Mario Mandzukic akhirnya bergabung dengan AC Milan. Penyerang asal Kroasia ini memutuskan untuk kembali pulang ke Eropa sebelum gantung sepatu.

Bersama AC Milan, Mandzukic hanya bermain selama setengah musim pada 2020/2021. Ia hanya mencatat 11 laga tanpa mencetak satu pun gol maupun assist. Mandzukic pensiun pada akhir musim tersebut.

2. Riccardo Montolivo

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama AC MilanRiccardo Montolivo (legaseriea.it)

Pada akhir musim 2018/2019, Riccardo Montolivo memutuskan untuk pensiun bersama AC Milan setelah bermain di klub tersebut selama 6 musim. Montolivo kerap kali jadi jenderal dan andalan di lini tengah AC Milan.

Selain itu, Montolivo juga sempat dinobatkan sebagai kapten AC Milan dalam beberapa musim. Selama membela I Rossoneri, Montolivo sukses mencatatkan 10 gol dan 15 assists dari 158 laga.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir AC Milan yang Diboyong Gratisan, Ada Divock Origi!

3. Marco Storari

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama AC MilanMarco Storari (twitter.com/acmilan)

Marco Storari merupakan seorang kiper yang pernah membela banyak tim Italia. Sebelum pensiun pada akhir musim 2017/2018, Storari pernah berseragam AC Milan selama 3 tahun (2007—2010). Namun, ia lebih sering dipinjamkan kala itu.

Menjelang pensiun, Storari kembali ke AC Milan pada awal tahun 2017 dari Cagliari. Untuk kali keduanya, Storari hanya mencatat dua penampilan dalam kurun waktu 1,5 musim. Jika ditotalkan, Storari mencatat 15 laga bersama I Rossoneri.

4. Philippe Mexes

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama AC MilanPhilippe Mexes (sempremilan.com)

Hanya ada tiga tim yang pernah dibela Phillipe Mexes semasa masih berkarier sebagai pesepak bola profesional, Tim tersebut adalah AJ Auxerre (1999—2004), AS Roma (2004—2011) dan AC Milan (2011—2016).

Setelah menginjak usia 36 tahun, Mexes akhirnya memutuskan untuk pensiun di AC Milan pada akhir musim 2015/2016. Mexes sukses mencatat 114 pertandingan dengan  sumbanagn 7 gol dan 6 assists bagi tim asal wilayah Lombardia ini.

5. Christian Abbiati

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama AC MilanChristian Abbiati (twitter.com/acmilan)

Christian Abbiati jadi salah satu pemain yang memiliki karier cukup panjang bersama AC Milan. Meski pernah dipinjamkan ke Juventus, Torino dan Atletico Madrid, Abbiati tetap pensiun bersama AC Milan pada tahun yang sama dengan Philippe Mexes.

Total sudah 18 tahun Abbiati berkarier sebagai kiper dari AC Milan. Perannya tak melulu jadi pemain inti, Abbiati kerap kali menjadi pemain cadangan, terutama kala Dida menjadi kiper utama AC Milan. Abbiati sukses mencatat 376 pertandingan dengan koleksi 145 nirbobol.

 

Selain kelima nama di atas, nama-nama besar seperti Filippo Inzaghi, Massimo Oddo, Giuseppe Favalli dan Paolo Maldini juga jadi pemain yang pensiun di AC Milan dalam kurun waktu 15 tahun terakhir. Siapa yang kamu anggap punya kontribusi terbesar bagi AC Milan dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Pemain AC Milan yang Pernah Juara selain di Serie A, Berpengalaman!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya