Comscore Tracker

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Feyenoord Rotterdam

Benar-benar menjadi tempat pulang

Feyenoord Rotterdam merupakan klub besar Eredivisie yang menjadi rumah bagi para pemain-pemain besar Belanda. Banyak pemain hebat pernah memulai, singgah, hingga pensiun di klub ini.

Total ada 52 pemian yang pernah pensiun bersama Feyenoord Rotterdam. Berikut ini kami merangkum lima pemain terakhir yang memutuskan untuk mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola profesional bersama Feyenoord.

1. Robin van Persie

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Feyenoord RotterdamRobin van Persie (premierleague.com)

Pemain terakhir yang memutuskan untuk pensiun di Feyenoord Rotterdam adalah Robin van Persie. Feyenoord merupakan tim yang sangat berjasa membuat nama Van Persie dikenal saat usianya masih muda.

Van Persie yang berasal dari tim akademi mulai bermain di tim senior pada 2001. Ia pindah ke Arsenal pada Juni 2004 dan baru kembali ke Feyenoord Januari 2018. Untuk tim masa kecilnya tersebut, Van Persie sukses mencetak 46 gol dan 16 assist dari 122 laga sebelum pensiun pada akhir musim 2018/2019.

2. Dirk Kuyt

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Feyenoord RotterdamDirk Kuyt sebagai pelatih ADO Den Haag (adodenhaag.nl)

Nama Dirk Kuyt juga mulai dikenal publik ketika bermain bersama Feyenoord Rotterdam (2003—2006). Berkat hal tersebut, Kuyt akhirnya mendapatkan panggilan Timnas Belanda dan direkrut Liverpool pada musim panas 2006.

Kuyt kembali ke Feyenoord pada awal musim 2015/2016. Setelah menjalani dua musim bersama Feyenoord, Dirk Kuyt akhirnya pensiun. Perpisahannya bersama Feyenoord cukup indah kala itu. Pasalnya, Kuyt sukses menghadirkan gelar juara Eredivisie 2016/2017. Secara keseluruhan, Kuyt sukses mengemas 119 gol dan 57 assist dari 196 laga.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Feyenoord Terbaik yang Pernah Merumput di EPL

3. Ronald Graafland

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Feyenoord RotterdamRonald Graafland (feyenoord.nl)

Sama seperti dua nama sebelumnya, Ronald Graafland juga memiliki dua masa ketika berseragam Feyenoord Rotterdam. Graafland pertama kali berseragam Feyenoord pada 1998 hingga akhirnya ia pindah ke Excelsior pada 2003.

Pada awal musim 2011/2012, Graafland pulang ke Feyenoord. Ia bertahan hingga akhirnya pensiun pada musim 2014/2015. Sebagai seorang kiper, Graafland hanya mencatat satu penampilan untuk Feyenoord sebab ia sering menjadi kiper pelapis.

4. Joris Mathijsen

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Feyenoord RotterdamJoris Mathijsen (feyenoord.nl)

Bersamaan degan Ronald Graafland, Joris Mathijsen juga pensiun pada akhir musim 2014/2015 bersama Feyenoord Rotetrdam. Mathijsen merupakan bek utama Timnas Belanda pada Piala Dunia 2006.

Ia baru bergabung dengan Feyenoord pada awal musim 2012/2013 dari Malaga. Sebagai bek senior, Mathijsen cukup dibutuhkan. Selama tiga musim membela Feyenoord, Mathijsen sukses mencatatkan 72 laga dengan sumbangan 1 gol dan 3 assist.

5. Otman Bakkal

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Feyenoord RotterdamOtman Bakkal (feyenoord.nl)

Otman Bakkal sangat lama berkarier untuk PSV Eindhoven di Eredivisie. Bakkal pertama kali bermain di Feyenoord pada musim 2011/2012 sebagai pemain pinjaman dari PSV. Sempat bermain di Dinamo Moscow selama semusim, Bakkal pun kembali ke Feyenoord.

Kala itu pada musim 2013/2014, Bakkal kembali untuk mengakhiri musim terakhirnya sebagai pesepak bola profesional bersama Feyenoord. Hingga akhirnya pensiun, Bakkal sukses mencetak 11 gol dan 8 assist dari 40 laga sebagai gelandang serang.

 

Selain kelima nama di atas, beberapa mantan pemain bintang juga memilih untuk pensiun di Feyenoord Rotterdam. Mereka adalah Jon Dahl Tomasson, Roy Makaay, Ronald Koeman, Giovanni van Bronckhorst, dan Johan Cruyff.

Baca Juga: 5 Produk Akademi Feyenoord Terbaik yang Pernah Berlaga di Bundesliga

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya