5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama PSV Eindhoven

Tiga nama pensiun muda

Bersama Ajax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam, tim PSV Eindhoven telah membentuk poros kekuatan di Eredivisie. PSV Eindhoven juga termasuk sebagai tim Belanda dengan jumlah gelar juara terbanyak, baik di kompetisi domestik maupun Eropa.

Tak heran bermain atau bahkan pensiun di PSV Eindhoven menjadi mimpi besar bagi banyak pesepak bola Belanda. Terdapat 34 nama yang pernah pensiun di PSV Eindhoven. Berikut ini kami sajikan lima yang terakhir.

1. Davy Propper

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama PSV EindhovenDavy Propper (premierleague.com)

Nama Davy Propper mulai mencuat ketika bermain apik bersama PSV Eindhoven dari 2015—2017. Ia pun memutuskan untuk pindah ke Brighton Hove Albion pada 2017 untuk berkarier di EPL selama empat musim.

Namun, kariernya di EPL tak bersinar. Hal tersebut membuat Davy pulang ke PSV pada awal musim 2021/2022. Sial baginya karena saat membela PSV Eindhoven, Davy Propper justru lebih sering mengalami cedera.

Seiring dengan cedera yang ia derita, Davy pun memutuskan untuk pensiun pada Januari 2022 di usia yang baru menginjak 31 tahun. Jika ditotalkan, 23 gol dan 21 assist sukses Davy torehkan dalam 105 laga untuk PSV Eindhoven.

2. Daniel Schwaab

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama PSV EindhovenDaniel Schwaab (psv.nl)

Daniel Schwabb juga memutuskan pensiun di usia muda. Bek berkebangsaan Jerman ini pensiun di PSV Eindhoven pada akhir musim 2019/2020 ketika usianya baru menginjak 32 tahun.

Schwabb sendiri bermain selama empat musim (2016—2020) untuk PSV Eindhoven. Dalam kurun waktu tersebut, Schwabb sukses mencatatkan 130 laga dengan torehan 5 gol dan 6 assist serta gelar juara Eredivisie 2018.

Baca Juga: 5 Produk Akademi PSV Terbaik yang Pernah Bermain di Bundesliga

3. Mark van Bommel

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama PSV EindhovenMark van Bommel (twitter.com/vflwolfsburg_en)

PSV Eindhoven menjadi rumah yang tepat bagi Mark van Bommel untuk mengakhiri karier profesionalnya sebagai pesepak bola. Nama Van Bommel memang mulai dikenal kala membela PSV. Setelah itu, Van Bommel berkelana membela beberapa tim besar Eropa.

Pada tahun 2012, Van Bommel akhirnya pulang ke PSV Eindhoven secara gratis dari AC Milan. Baru semusim, Van Bommel akhirnya pensiun pada akhir musim tersebut. Mantan gelandang Timnas Belanda ini mencatatkan 65 gol dan 57 assist dari 274 laga.

4. Wilfred Bouma

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama PSV EindhovenWilfred Bouma (avfc.co.uk)

Pada waktu yang bersamaan dengan pensiunnya Mark van Bommel, Wilfred Bouma juga pensiun bersama PSV Eindhoven. Wilfred Bouma baru kembali ke PSV pada 2010 setelah lima musim berkarier di EPL bersama Aston Villa.

Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini punya nama besar di PSV. Pasalnya, Bouma merupakan pemain didikan akademi PSV Eindhoven yang sangat lama membela PSV. Selama itu, Bouma mencetak 30 gol dan 28 assist dari 351 laga untuk tim masa kecilnya tersebut.

5. Jan Vennegoor of Hesselink

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama PSV EindhovenJan Vennegoor of Hesselink (psv.nl)

Sama seperti Daniel Schwaab dan Davy Propper, Jan Vennegoor of Hesselink juga pensiun di usia muda bersama PSV Eindhoven. Sebelum berkarier di luar Belanda, Hesselink pernah lima tahun (2001—2006) membela PSV Eindhoven.

Setelah itu, ia pernah berkarier di Liga Skotlandia, Liga Inggris, dan Liga Austria. Pada November 2012, Hesselink pulang ke PSV. Ia pun pensiun pada akhir musim 2011/2012. Selama membela PSV, Jan Vennegoor of Hesselink suskes mencatatkan 89 gol dan 27 assist dari 233 laga.

 

Empat dari lima nama dalam daftar ini sempat membela PSV Eindhoven saat masih muda. Mereka kembali ketika usianya menua atau ingin pensiun di klub yang membesarkan nama mereka. Tak heran PSV disebut sebagai rumahnya pemain bintang.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain yang Menjadi Pelatih PSV Eindhoven, Nistelrooy Terbaru

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya