5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama West Ham United

Mark Noble jadi sosok yang paling loyal

Meski tak pernah menjadi juara kasta tertinggi sepak bola Inggris sejak pertama didirikan pada tahun 1895, West Ham United layak disebut salah satu tim konsisten Premier League yang layak diperhitungkan. West Ham United kerap menjadi penjegal bagi para raksasa yang sedang bersaing.

Dalam sejarah keberlangsungan klub, terdapat 37 pemain yang pernah memutuskan gantung sepatu bersama klub berjuluk The Hammers ini. Berikut ini penulis sajikan kelima nama terakhir yang pensiun di West Ham United.

1. Mark Noble

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama West Ham UnitedMark Noble (whufc.com)

Pemain terakhir yang memutuskan pensiun bersama West Ham United adalah Mark Noble. Gelandang berkebangsaan Inggris ini baru gantung sepat pada akhir musim 2021/2022 setelah 17 tahun membela West Ham United.

Mark Noble sangat setia dan ikonik di klub berjuluk The Hammers ini. Hal tersebut membuat Noble dijuluki sebagai Mr. West Ham. Pemain yang sekarang menjabat sebagai direktur olahraga West Ham ini berhasil mencatatkan 550 laga dengan catatan 62 gol dan 60 assist selama berseragam West Ham United.

2. Pablo Zabaleta

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama West Ham UnitedPablo Zabaleta (mancity.com)

Nama selanjutnya adalah Pablo Zabaleta. Bek asal Argentina ini cukup lama mengarungi sepak bola Inggris kala membela Manchester City. Namun, ia justru pindah ke West Ham pada awal musim 2017 sebelum mengakhiri karier profesionalnya..

Setelah bermain selama 2,5 musim, Pablo Zabaleta memutuskan pensiun pada tengah musim, tepatnya pada 19 Oktober 2020. Ia sukses mencatat 80 laga dengan sumbangan 1 gol dan 2 assist untuk The Hammers.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terbaik West Ham United pada Musim panas 2022/2023

3. Sam Westley

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama West Ham UnitedSam Westley (whufc.com)

Sam Westley merupakan pemain jebolan akademi West Ham United yang promosi pada 2015. Dua tahun kemudian, pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini justru memutuskan untuk pensiun dini.

Tak banyak cerita mengenai penampilan Sam Westley di tim utama West Ham United. Sebab, ia menjalani satu musimnya di masa peminjaman di VVV Venlo. Westley sendiri hanya mencatatkan satu laga bersama tim utama West Ham United pada laga resmi.

4. Alvaro Arbeloa

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama West Ham UnitedAlvaro Arbeloa (realmadrid.com)

Setelah 7 musim (2009—2016) membela Real Madrid, Alvaro Arbeloa justru kembali menjalani karier di English Premier League. Mantan pemain Liverpool ini memutuskan untuk bergabung dengan West Ham United pada awal musim 2016/2017.

Hanya mencatatkan 4 laga bersama The Hammers, Alvaro Arbeloa akhirnya memutuskan pensiun di akhir musim tersebut. Saat ini, ia melanjutkan kariernya sebagai pelatih di tim U-19 Real Madrid.

5. George McCartney

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama West Ham UnitedGeorge McCartney (twitter.com/westham)

George McCartney merupakan pemain asal Irlandia Utara yang pensiun bersama West Ham United pada akhir musim 2013/2014. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini pernah membela West Ham United pada dua periode berbeda.

Fase pertama terjadi medio 2006—2008. Sedangkan fase kedua terjadi sejak 2011 hingga akhirnya ia pensiun pada akhir musim 2013/2014. Selama membela West Ham United, McCartney sukses mencatatkan 173 laga dengan sumbangan 2 gol.

Dari nama-nama dalam daftar ini, pensiunnya Mark Noble boleh dibilang yang paling membuat fans West Ham United sangat terharu. Sebab, Noble adalah pemain yang sangat setia dan memilih bertahan di West Ham meski tim ini pernah terdegradasi.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Newcastle United

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya