5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Bayern Munich

Philipp Lahm dan Xabi Alonso pensiun dalam waktu yang sama

Penggemar sepak bola Eropa pasti mengetahui keperkasaan Bayern Munich di tanah Jerman. Klub asal Bavaria ini merupakan klub dengan jumlah trofi terbanyak di antara tim Jerman lain, baik di ajang Bundesliga maupun Champions League.

Sehingga tak heran jika klub ini sangat besar dan melegenda. Ratusan pemain bintang pernah berkarier di sini. Ada yang hanya singgah, ada pula yang menuntaskannya hingga pensiun bersama Bayern Munich.

Berikut ini kami hadirkan ulasan mengenai lima pemain terakhir yang pensiun bersama Bayern Munich.

1. Tom Starke

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Bayern MunichTom Starke (fcbayern.com)

Diboyong dari Hoffenheim pada 2012, Tom Starke didatangkan sebagai pesaing dari Manuel Neuer yang kala itu baru semusim berseragam Bayern Munich. Namun, penampilan Manuel Neuer memang sangat luar biasa.

Hingga akhirnya, Tom Starke harus puas menunggu lama sebagai penghangat bangku cadangan. Selama enam tahun membela Die Bayern, Starke hanya tampi dala 12 laga dengan torehan 8 nirbobol. Ia pensiun di klub tersebut pada akhir musim 2017/2018.

2. Xabi Alonso

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Bayern MunichXabi Alonso (fcbayern.com)

Xabi Alonso merupakan sosok maestro di lapangan tengah sepak bola. Setelah hengkang dari klub masa kecilnya, Real Sociedad pada 2004, Xabi Alonso selalu membela klub besar. Satu dari tiga klub tersebut adalah Bayern Munich, tim yang ia bela selama 3 musim (2014—2017).

Alonso bermain sangat impresif ketika menjadi bagian Bayern Munich, persis seperti kala ia membela Liverpool dan Real Madrid. Selamam membela Die Bayern, Alonso sukses mencetak 9 gol dan 12 assist, sebelum akhirnya pensiun pada akhir musim 2016/2017.

Baca Juga: 5 Pemain Bayern Munich Paling Menonjol Kontra Barcelona di UCL

3. Phillip Lahm

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Bayern MunichPhillip Lahm (fcbayern.com)

Bayern Munich kehilangan sosok besar yang menjadi panutan pada waktu yang bersamaan dengan pensiunnya Xabi Alonso. Sosok tersebut adalah Phillip Lahm, bek kanan yang selama bertahun-tahun dikenal sebagai pemain sportif dan jadi pemimpin bagi tim yang ia bela.

Lahm bermain selama 13 tahun (2002—2003 & 2005—2017) untuk Bayern Munich yang juga jadi tim masa kecilnya. Dalam kurun waktu yang panjang tersebut, Lahm sukses mencatatkan 517 laga dengan sumbangan 16 gol dan 70 assist.

4. Daniel van Buyten

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Bayern MunichDaniel van Buyten (fcbayern.com)

Meski kiprahnya tak sebesar Phillip Lahm ataupun Xabi Alonso, Daniel van Buyten pantas disebut sebagai legenda Bayern Munich. Bek kuat asal Belgia ini bermain selama tujuh musim (2007—2014) bersama Bayern Munich.

Dalam kurun waktu tersebut, Van Buyten sukses mencetak 28 gol dan 12 assist dari 239 pertandingan. Selain jumlah pertandingan yang banyak, Van Buyten juga sukses hadirkan banyak gelar sebelum pensiun pada akhir musim 2013/2014.

5. Hans Jorg Butt

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Bayern MunichHans Jorg Butt (fcbayern.com)

Hans Jorg Butt merupakan salah satu kiper utama Bayern Munich ketika masa peralihan dari Oliver Kahn menuju Manuel Neuer. Butt bergabung dengan Bayern Munich pada 2008 dari Benfica secara gratis.

Kedatangannya Butt bertujuan untuk mengiis posisi kiper utama Bayern Munich yang sempat tak stabil akibat pensiunnya Oliver Kahn.Dari empat tahun kariernya di Bayern Munich, Butt memiliki tanggug jawab sebagai kiper utama Bayern Munich selama dua musim (2009—2011).

Setelah Bayern Munich menemukan sosok Manuel Neuer pada 2012, Butt perlahan menyingkir ke bangku cadangan. Ia pun akhirnya pensiun pada akhir musim 2011/2012 dengan catatan 91 penampilan untuk Bayern Munich.

Tak mengherankan jika banyak pemain Jerman berlomba untuk membela tim ini. Selain karena prestasi, pemain yang bermain di Bayern Munich nampaknya lebih mudah untuk dilirik dan dipanggil oleh Timnas Jerman.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak saat Musim Debut Bersama Bayern Munich

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya