Comscore Tracker

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama Porto

Ada Iker Casillas dan Vitor Baia

FC Porto merupakan tim yang paling berkuasa dan memiliki banyak trofi di Portugal. Bermain di Porto merupakan mimpi besar banyak pesepak bola Portugal. Apalagi jika pemain tersebut bisa pensiun dan melegenda bersama klub.

Terdapat banyak pemain yang pernah pensiun di klub ini. Berikut lima pemain terakhir yang pensiun bersama FC Porto.

1. Iker Casillas

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama PortoIker Casillas (twitter.com/championsleague)

Iker Casillas merupakan sosok legenda di Spanyol, khususnya Real Madrid. Namun, ia terkesan dicampakkan oleh manajemen Real Madrid. Hal tersebut membuat Casillas hengkang ke FC Porto pada awal musim 2015/2016.

Empat musim berselang, Casillas memutuskan pensiun dari dunia sepak bola, tepatnya pada akhir musim 2019/2020. Ia pensiun bersama Porto setelah mencatatkan 156 pertandingan.

2. Nuno Espirito Santo

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama PortoNuno Espirito Santo (wolves.co.uk)

Sebelum namanya melambung sebagai pelatih, Nuno Espirito Santo pernah menjalani karier sebagai pesepak bola. Ia pensiun bersama FC Porto pada akhir musim 2009/2010.

Semasa masih bermain sebagai kiper profesional, Nuno pernah membela banyak tim. Porto sendiri ia bela dalam dua fase.

Nuno menjalani fase pertama pada 2002 hingga pindah ke Dinamo Moscow pada 2005. Sedangkan, fase kedua ia jalani dari 2007 hingga pensiun pada 2010. Nuno hanya mencatat 54 laga dengan torehan 29 nirbobol selama membela Porto.

Baca Juga: 5 Pemain Top Ini Dipuji Setinggi Langit oleh Iker Casillas, Ada Messi!

3. Pedro Emanuel

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama PortoPedro Emanuel (twitter.com/theafccl)

Nama selanjutnya ialah Pedro Emanuel, bek berkebangsaan Portugal yang lahir di Angola. Pedro bergabung bersama FC Porto pada awal musim 2002/2003 dari Boavista.

Saat membela Porto, ia bermain cukup apik. Pedro sempat menjadi bek utama dan membawa klub tersebut menjadi juara UEFA Champions League (UCL) 2004.

Setelah 7 musim membela Porto, Pedro Emanuel akhirnya pensiun pada akhir musim 2008/2009. Ia mencatat 169 laga dengan sumbangan 1 gol dan 5 assist.

4. Vitor Baia

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama PortoVitor Baia (twitter.com/fcporto)

Vitor Baia merupakan sosok legendaris yang sangat setia bersama FC Porto. Selama berkarier sebagai seorang kiper, Baia hanya 2,5 musim (1996—1999) meninggalkan Porto untuk bermain bersama Barcelona.

Vitor Baia menjelma sebagai kiper hebat. Ia sangat disegani di Porto maupun di Timnas Portugal. Baia akhirnya memutuskan pensiun pada akhir musim 2006/2007 setelah mencatatkan 249 laga dengan torehan 120 nirbobol.

5. Paulinho Santos

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama PortoPaulinho Santos (twitter.com/fcporto)

Nama terakhir ialah Paulinho Santos, gelandang bertahan berkebangsaan Portugal yang memutuskan untuk pensiun pada usia 32 tahun. Ia hanya bermain untuk dua klub selama jadi pesepak bola, yakni Rio Ave dan FC Porto.

Paulinho pensiun pada akhir musim 2002/2003 setelah 11 tahun membela Porto. Dalam kurun waktu tersebut, ia mencatatkan 96 pertandingan dengan sumbangan 1 gol.

Mayoritas dalam daftar ini merupakan pemain berkebangsaan Portugal yang cukup lama membela FC Porto. Tak mengherankan memang mengingat Porto adalah klub impian banyak pesepak bola Portugal.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi FC Porto Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya