Comscore Tracker

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama Manchester City

Ada Patrick Vieira

Perlu diakui jika Manchester City merupakan klub raksasa baru di kancah sepak bola Eropa. Kehadiran investor asal Uni Emirat Arab membuat Manchester City bangkit secara finansial dan prestasi. Sebelumnya itu, tak banyak pemain yang bercita-cita untuk bermain bersama Manchester City.

Manchester City kini telah jadi salah satu klub idola penggemar sepak bola dan para pemain bintang. Dalam sejarahnya, hanya ada 26 pemain yang pernah pensiun bersama Manchester City.

Berikut ini lima pemain terakhir yang memutuskan pensiun bersama Manchester City.

1. Richard Wright

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama Manchester CityRichard Wright (mancity.com)

Semasa berkarier sebagai pesepak bola profesional, Richard Wright pernah membela beberapa tim English Premier League (EPL). Ipswich Town, Arsenal, Everton dan Southampton merupakan beberapa di antaranya.

Pada awal musim 2012/2013, Wright bergabung dengan Manchester City untuk jadi kiper pelapis. Sayangnya, ia tak mencatatkan satu pun pertandingan di laga resmi Manchester City hingga akhirnya pensiun pada akhir musim 2015/2016. Saat ini, ia menjabat sebagai pelatih kiper Manchester City.

2. Michael Johnson

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama Manchester CityMichael Johnson (mancity.com)

Michael Johnson merupakan pesepak bola yang berasal dari tim akademi Manchester City. Karier Johnson sebagai pesepak bola profesional terhitung cukup singkat. Ia hanya bertahan selama 6 tahun (2006--2012) sebagai seorang atlet sepak bola.

Faktanya, 5 dari 6 musim kariernya dihabiskan bersama Manchester City. Sempat bermain untuk Leicester City pada 2011/2012, Johnson kembali ke Manchester City pada awal musim 2012/2013. Enam bulan kemudian, ia pun pensiun bersama klub masa kecilnya tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Spanyol Terakhir yang Digaet oleh Manchester City, Ada Gomez

3. Owen Hargreaves

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama Manchester CityOwen Hargreaves (mancity.com)

Owen Hargreaves juga pensiun di Manchester City pada musim yang sama dengan Michael Johnson. Bedanya, gelandang yang pernah bermain untuk Manchester United dan Bayer Munich ini pensiun pada akhir musim 2012/2013.

Secara keseluruhan, Hargreaves hanya mencatat 4 laga dengan sumbangan 1 gol selama setahun bersama Manchester City. Cedera kambuhan yang sulit disembuhkan menjadi alasan Hargreaves pensiun pada usia 31 tahun bersama Manchester City.

4. Patrick Vieira

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama Manchester CityPatrick Vieira (mlssoccer.com)

Patrick Vieira dikenal sebagai gelandang tangguh saat berkarier sebagai pesepak bola. Ia pernah membela beberapa klub besar, seperti AC Milan, Arsenal, Inter Milan, dan Juventus. Pada pertengahan musim 2009/2010, Vieira memutuskan untuk pindah ke Manchester City.

Kala itu, ia jadi salah satu pemain bintang dalam situasi Manchester City sedang membangun tim. Selama 1,5 musim, Vieira sukses mencatatkan 6 gol dan 5 assist dari 46 laga sebelum pensiun pada akhir musim 2010/2011. Kini, ia telah menjadi pelatih dari Crystal Palace.

5. Sylvinho

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama Manchester CitySylvinho (mancity.com)

Semusim sebelum Patrick Vieira gantung sepatu di Manchester City, mantan pemain Arsenal lain terlebih dahulu melakukannya. Dia adalah Sylvinho, bek sayap asal Brasil yang bermain selama semusim untuk Manchester City pada 2009/2010.

Sylvinho yang bergabung dari Barcelona ini hanya mencatat 1 gol dari 15 laga selama semusim berseragam Manchester City. Sama seperti Vieira, kini Sylvinho telah melanjutkan karier sebagai pelatih, tepatnya di Corinthians.

Meski hanya ada 26 nama pemain yang pernah pensiun di Manchester City, beberapa di antaranya merupakan pemain besar. Selain Patrick Vieira, nama besar lain seperti Peter Schmeichel, David Seaman, dan Eike Immel juga pensiun di sini.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Direkrut Manchester City jika Bernardo Silva Pindah

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya