5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama Marseille

Tak ada pemain bintang dalam daftar ini

Olympique Marseille menjadi salah satu klub Prancis paling sukses bersama Paris Saint-Germain dan Saint- Etienne. Akan tetapi, itu baru dihitung dari gelar juara Ligue 1 Prancis.

Jika menghitung perolehan UEFA Champions League (UCL), Marseille masih menjadi satu-satunya klub asal Prancis yang pernah menjadi juara. Tak heran jika Marseille digolongkan sebagai tim raksasa.

Statusnya menarik banyak pemain untuk berkarier di Marseille, bahkan beberapa di antaranya memutuskan untuk gantung sepatu di sana. Siapa sajakah pemain terakhir yang pensiun di Marseille?

1. Yohann Pele

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama MarseilleYohann Pele (twitter.com/fifacom)

Pemain terakhir yang memutuskan pensiun bersama Olympique Marseille adalah Yohann Pele. Kiper berkebangsaan Prancis ini gantung sepatu pada akhir musim 2020/2021 setelah 6 tahun membela Marseille.

Selama membela Marseille, Pele sempat mendapatkan tugas sebagai kiper utama tim pada 2016/2017. Namun, sisanya, ia lebih banyak menghabiskan waktu dari bangku cadangan. Seceara keseluruhan, Pele sukses mencatat 30 nirbobol dari 89 laga.

2. Henri Bedimo

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama MarseilleHenri Bedimo (ol.fr)

Mantan bek kiri andalan Timnas Kamerun, Henri Bedimo, juga memutuskan pensiun di Olympique Marseille. Bedimo didatangkan dari Olympique Lyon pada awal musim 2016/2017 dengan status bebas transfer.

Setelah bermain 23 pertandingan dalam kurun waktu 2 tahun, Henri Bedimo pun memutuskan untuk pensiun di Marseille. Saat ini, ia menjabat sebagai asisten pelatih Montpellier di Ligue 1.

Baca Juga: 5 Penjualan Pemain Termahal Olympique Marseille Sedekade Terakhir

3. Julien Rodriguez

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama MarseilleJulien Rodriguez (asmonaco.com)

Julien Rodriguez merupakan bek berkebangsaan Prancis yang cukup lama membela AS Monaco dalam kariernya. Sempat membela Rangers selama 1,5 musim, Julien Rodriguez memutuskan untuk kembali ke Prancis guna bergabung bersama Marseille pada awal 2007.

Julien Rodriguez bermain cukup apik kala berseragam Marseille, meski tak jarang menjadi pemain cadangan. Setelah mencatat 57 pertandingan dengan sumbangan 4 gol dan 2 assist, Rodriguez pun pensiun pada akhir 2011.

4. Cyriel Rool

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama MarseilleCyril Rool (ogcnice.com)

Sama seperti Julien Rodriguez, Cyril Rool juga tak lama berseragam Marseille. Dalam karier profesionalnya, ia lebih lama membela OGC Nice dan SC Bastia. Namun, faktanya, Rool pernah dua kali berseragam Marseille.

Kesempatan pertama terjadi pada 2001/2002, sedangkan kesempatan kedua terjadi pada 2009/2010 hingga akhirnya pensiun. Rool sendiri hanya mencatat enam penampilan kala berseragam Marseille.

5. Jerome Bonnissel

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama MarseilleJerome Bonnissel (kiri) (rangers.co.u)

Dilepas Fulham dan sempat menganggur selama setengah musim, Jerome Bonnissel pun akhirnya dipinang Marseille pada pertengahan musim 2005/2006. Berposisi sebagai bek kiri, Bonnissel tak banyak mencatatkan laga.

Kala itu, ia kerap kalah saing dari pemain lain dan hanya mampu mencatatkan enam laga. Pada akhir musim 2005/2006, pria yang kini menjadi kepala pencari bakat Stade Rennes ini akhirnya pensiun bersama Marseille.

Secara keseluruhan, terdapat 40 pemain yang tercatat pensiun bersama Olympique Marseille. Nama besar, prestasi, dan basis suporter yang besar membuat banyak pemain tertarik membela klub ini.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Top yang Pernah Berseragam PSG dan Marseille

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya