5 Pemain Termahal yang Dijual Tim LaLiga pada Musim Dingin 2023

Peminjaman pemain juga menghasilkan pendapatan klub

Klub-klub LaLiga tak begitu bergeliat selama bursa transfer musim dingin 2023. Keadaan tim yang stabil dan cukup puas dengan kinerja tim yang ada mungkin jadi alasan utama mereka tak belanja banyak.

Di sisi lain, penjualan tim LaLiga pada musim dingin 2023 cukup aktif. Total ada 57 pemain yang terjual oleh klub LaLiga, baik ke luar Spanyol maupun sesama klub Spanyol. Lalu, siapa sajakah penjualan termahal tim LaLiga musim 2022/2023? Inilah daftarnya.

1. Alex Moreno

5 Pemain Termahal yang Dijual Tim LaLiga pada Musim Dingin 2023Alex Moreno (avfc.co.uk)

Bukan nama yang terlalu besar. Pemain termahal yang dijual klub LaLiga pada bursa transfer musim panas 2022 adalah Alex Moreno. Bek kiri berkebangsaan Spanyol ini dijual oleh Real Betis ke Aston Villa dengan biaya sebesar 13,5 juta euro (Rpp221 miliar).

Resminya, Alex Moreno yang datang ada 11 Januari 2023 ini ditujukan untuk menambah daya saing bek kiri Aston Villa. Padahal, jika dilihat secara saksama, Aston Villa telah memiliki tiga pemain untuk posisi tersebut sebelum datangnya Moreno.

2. Joao Felix

5 Pemain Termahal yang Dijual Tim LaLiga pada Musim Dingin 2023Joao Felix (en.atleticodemadrid.com)

Pada tanggal yang sama dengan kedatangan Alex Moreno ke Aston Villa, Chelsea juga mendatangkan seorang pemain dari klub LaLiga. Dia adalah Joao Felix yang didatangkan dari Atletico Madrid.

Sebetulnya, biaya 11 juta euro (Rp180 miliar) yang didapat Atletico Madrid adalah biaya pinjam dari Joao Felix bukan dari hasil jual permanen. Kendati demikian, Felix layak masuk dalam daftar karena masuk dalam angka termahal di musim dingin 2023.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Atletico Madrid yang Pernah Membela Rival di LaLiga

3. Geronimo Rulli

5 Pemain Termahal yang Dijual Tim LaLiga pada Musim Dingin 2023Geronimo Rulli (ajax.nl)

Geronimo Rulli akhirnya menentukan masa depan kariernya pada 6 Januari 2023. Pada bursa transfer kali ini, Rulli memilih Ajax Amsterdam setelah klub asal Belanda tersebut mengeluarkan 8 juta euro (Rp133 miliar) untuk menebusnya dari Villarreal.

Kedatangan Rulli merupakan angin segar bagi posisi kiper Ajax Amsterdam dalam beberapa tahun ke depan. Pasalnya, sebelum kedatanga Rulli, Ajax hanya memiliki kiper-kiper veteran yang penampilannya tak sebaik kiper asal Argentina ini.

4. Arnaut Danjuma

5 Pemain Termahal yang Dijual Tim LaLiga pada Musim Dingin 2023Arnaut Danjuma (twitter.com/euro2024)

Sama seperti Joao Felix, angka 3 juta euro (Rp48 miliar) adalah biaya peminjaman dari seorang Arnaut Danjuma. Pemain asal Belanda ini resmi dilepas Villarreal ke Tottenham Hotspur pada 25 Januari 2023 dengan status pinjaman.

Namun, tak seperti Joao Felix yang tak memiliki opsi beli di akhir musim, peminjaman Danjuma ini memiliki opsi pembelian pada akhir musim. Kedatangan Danjuma setidaknya akan membantu Spurs lebih produktif di lini serang.

5. Memphis Depay

5 Pemain Termahal yang Dijual Tim LaLiga pada Musim Dingin 2023Memphis Depay (fcbarcelona.com)

Tak betah karena selalu berada di bawah bayang-bayang Robert Lewandowski, Memphis Depay pun hengkang dari Barcelona. Namun, secara mengejutkan, Depay justru menyeberang ke Atletico Madrid yang notabene merupakan rival Blaugrana di Spanyol.

Penyerang asal Belanda ini dihargai 2 juta euro (Rp32 miliar) pada bursa transfer kali ini. Bergabungnya Depay ke Atletico Madrid bertujuan untuk mengisi posisi kosong yang ditinggalkan Joao Felix dan Matheus Cunha yang dipinjamkan ke EPL.

 

Pada bursa transfer kali ini, hanya ada 38 pemain yang didatangkan tim LaLiga, baik dari luar Spanyol maupun sesama tim Spanyol. Dalam kasus ini, Carlos Montes yang bergabung dengan Espanyol menjadi pemain termahal dengan biaya 8 juta euro (Rp130 miliar).

Baca Juga: 5 Penyerang Terakhir yang Direkrut Atletico Madrid, Ada Memphis

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya