5 Pemain Ternama yang Pensiun pada Bulan Maret 2023, Fenomena Langka!

Dari Mesut Ozil, Emmanuel Adebayor, hingga Bojan Krkic!

Fenomena cukup langka terjadi pada bulan Maret 2023. Pasalnya, terdapat beberapa pesepak bola ternama yang secara mengejutkan memilih untuk pensiun sebagai pesepak bola profesional.

Hal ini cukup aneh mengingat kebanyakan pesepak bola memilih untuk pensiun pada akhir musim atau tepatnya pada bulan Juni, Juli, dan Agustus. Namun, pada Maret 2023, terdapat lima pemain yang memutuskan untuk gantung sepatu. Siapa saja?

1. Lucas Leiva

5 Pemain Ternama yang Pensiun pada Bulan Maret 2023, Fenomena Langka!Lucas Leiva (twitter.com/LucasLeiva87)

Lucas Leiva menjadi pemain top pertama yang memutuskan untuk pensiun pada bulan Maret 2023. Leiva gantung sepatu pada 17 Maret 2023 kala ia berseragam Gremio, klub pertama dan terakhir dalam karier profesionalnya.

Gelandang bertahan asal Brasil ini memutuskan gantung sepatu pada usia 36 tahun karena didiagnosis memilik masalah pada jantungnya. Saat masih aktif bermain, Leiva cukup gemilang kala berseragam Liverpool dan Lazio.

2. Emmanuel Adebayor

5 Pemain Ternama yang Pensiun pada Bulan Maret 2023, Fenomena Langka!Emmanuel Adebayor (mancity.com)

Salah satu pesepak bola terbaik dalam sejarah Togo, Emmanuel Adebayor, memutuskan untuk pensiun bersama AC Semassi FC pada 20 Maret 2023. Penurunan performa dan usia menjadi alasan utama Adebayor pensiun.

Semasa masih aktif bermain, Adebayor berhasil tampil cukup tajam kala membela Arsenal, AS Monaco, dan Manchester City. Adebayor juga pernah membela Tottenham Hotspur, Crystal Palace, dan Real Madrid selama kariernya.

Baca Juga: Rumah Tangga Adem Ayem, 9 Potret Mesra Mesut Ozil dan Amine Gulse

3. Mesut Ozil

5 Pemain Ternama yang Pensiun pada Bulan Maret 2023, Fenomena Langka!Mesut Ozil (premierleague.com)

Dua hari setelah Emmanuel Adebayor pensiun, seorang mantan pemain Arsenal lain memutuskan untuk pensiun. Sosok tersebut adalah Mesut Ozil, mantan gelandang andalan Timnas Jerman, yang pensiun bersama Istanbul Basaksehir.

Masalah eksternal Ozil diyakini menjadi alasan permainannya menurun dan akhirnya memutuskan untuk pensiun. Selama berkarier, Ozil berhasil tampil cemerlang kala berseragam Werder Bremen, Real Madrid, Arsenal, dan Timnas Jerman.

4. Sime Vrsaljko

5 Pemain Ternama yang Pensiun pada Bulan Maret 2023, Fenomena Langka!Sime Vrsaljko (inter.it)

Sime Vrsaljko terakhir kali bermain untuk Olympiacos Pireus dengan kontrak yang berakhir pada 1 Januari 2023. Tak kunjung mendapatkan klub, Vrsaljko akhirnya pensiun pada 23 Maret 2023.

Bek kanan yang membawa Kroasia menjadi finalis pada Piala Dunia 2018 ini pensiun pada usia 31 tahun. Selama berkarier, Sime Vrsaljko pernah membela Inter Milan, Sassuolo, Genoa, dan Atletico Madrid.

5. Bojan Krkic

5 Pemain Ternama yang Pensiun pada Bulan Maret 2023, Fenomena Langka!Bojan Krkic (twitter.com/BoKrkic)

Pada hari yang sama dengan Sime Vrsaljko, Bojan Krkic juga pensiun bersama Vissel Kobe. Penurunan performa akibat rentetan cedera yang ia derita menjadi alasan Bojan Krkic gantung sepatu pada usia 32 tahun.

Padahal, saat masih muda, Bojan pernah digadang-gadang sebagai penerus Lionel Messi. Namun sayang, kariernya di Barcelona, AC Milan, AS Roma, Ajax Amsterdam, dan Stoke City tak membuat Bojan bisa menandingi Lionel Messi.

 

Berbagai hal menjadi alasan pesepak bola top dunia untuk memutuskan pensiun secara mendadak. Alasan cedera, masalah jantung, ataupun penyakit lain biasanya menjadi alasan paling umum pesepak bola yang pensiun secara mendadak atau pada usia muda.

Baca Juga: Bojan Krkic, Legenda La Masia yang Meredup pada Usia Dewasa

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya