5 Pemain Tertua yang Membela Klub Bundesliga Musim 2020/2021

Tidak ada satu pun pemain berkebangsaan Jerman

Bundesliga dikenal sebagai salah satu liga terbaik di Eropa. Selain Ligue 1, Bundesliga selalu menjadi liga dengan rataan umur termuda di Eropa. Sistem akademi dan regenerasi yang baik adalah kunci dari liga ini.

Jarang sekali memang kita melihat pemain Bundesliga yang telah berumur lebih dari 35 tahun. Namun, dari sekian banyak pemain muda yang berlaga di Bundesliga, ada juga pemain-pemain yang digolongkan sebagai pemain senior dengan umur yang tidak lagi muda.

Lantas, siapa sajakah pemain tertua yang membela klub Bundesliga di musim 2020/2021? Berikut kami sajikan daftarnya, check this out!

1. Klass-Jan Huntelaar 

5 Pemain Tertua yang Membela Klub Bundesliga Musim 2020/2021bundesliga.com

Striker veteran berkebangsaan Belanda, Klass-Jan Huntelaar, menjadi pemain tertua yang membela klub Bundesliga musim ini. Huntelaar yang musim ini bermain bersama Schalke 04, lahir pada 12 Agustus 1983 dan usianya akan menginjak 38 tahun.

Pada tahun 2010, Huntelaar sebenarnya pernah bergabung dengan Schalke 04 di usianya yang waktu itu masih menginjak 27 tahun. Namun, pada tahun 2017, Huntelaar memutuskan untuk kembali ke Ajax Amsterdam. Pada bulan Januari tahun ini, Huntelaar memutuskan untuk bermain kembali bersama Schalke 04 dengan tujuan menyelamatkan Schalke dari jurang degradasi.

Namun, sayang usahanya tersebut gagal karena Schalke 04 sudah dipastikan akan terdegradasi ke Bundesliga 2 di musim depan. Musim ini menjadi musim terakhir dari perjalanan karier seorang Huntelaar di sepak bola sebab Huntelaar telah membulatkan tekadnya untuk pensiun di akhir musim nanti bersama Schalke 04.

Baca Juga: 10 Top Skor Schalke Sepanjang Masa, dari Fischer hingga Huntelaar!

2. Makoto Hasebe

5 Pemain Tertua yang Membela Klub Bundesliga Musim 2020/2021scroll.in

Nama berikutnya ialah Makoto Hasebe yang telah lama malang melintang di Bundesliga. Makoto Hasebe yang kini berusia 37 tahun merupakan lambang dari kehebatan para pemain Asia di liga top Eropa. Hal ini cukup beralasan karena Makoto Hasebe memanglah panutan dari para pesepak bola Asia, terutama Jepang yang mampu terus tampil stabil hingga usianya yang tidak lagi muda.

Musim ini menjadi musim ke-13-nya bermain di Bundesliga. Vfl Wolfsburg, FC Nuremberg, dan Eintracht Frankfurt yang ia bela musim ini merupakan tim yang pernah merasakan kehebatannya. Selain menjadi pemain andalan tim, Makoto Hasebe juga kini dipercaya sebagai kapten dari timnya, Eintracht Frankfut.

3. Lukasz Piszczek

5 Pemain Tertua yang Membela Klub Bundesliga Musim 2020/2021bundesliga.com

Borussia Dortmund juga ternyata memiliki pemain yang menjadi pesepak bola tertua di Bundesliga. Hal tersebut berada di diri Lukasz Piszczek yang pada bulan Juni nanti akan menginjak 36 tahun. Piszczek memang sudah lama bermain di Bundesliga, yakni sejak tahun 2004.

Sebelum bergabung bersama Borussia Dortmund tahun 2010, pemain berkebangsaan Polandia ini merupakan bagian dari skuad Hertha Berlin. Selama berseragam Die Borussen, 2 gelar juara Bundesliga dan 2 gelar juara DFB Pokal telah berhasil Ia hadirkan selama 11 musim membela Dortmund.

Di musim ini Piszczek hanya berperan sebagai pemain pelapis di posisi bek kanan Dortmund mengingat hadirnya Thomas Meunier yang lebih memiliki kecepatan dan stamina yang lebih bugar.

4. Rune Jarstein

5 Pemain Tertua yang Membela Klub Bundesliga Musim 2020/2021herthabsc.com

Nama berikutnya ialah kiper berkebangsaan Norwegia yang musim ini membela Hertha Berlin, Rune Jarstein. Selama beberapa musim, kiper kelahiran 29 September 1984 ini telah menjadi kiper utama dari Hertha Berlin.

Namun, kedatangan Alexander Schwolow dari Freiburg di musim ini membuatnya harus puas menjadi kiper kedua di skuad Hertha Berlin. Selama musim ini, ia baru tampil sebanyak 8 kali secara penuh dengan catatan 13 kebobolan dan 1 clean sheet.

5. Michael Langer

5 Pemain Tertua yang Membela Klub Bundesliga Musim 2020/2021onefootball.com

Selain Klass-Jan Huntelaar, Schalke 04 juga memiliki pemain senior lain yang berposisi sebagai kiper. Ia adalah Michael Langer yang musim ini telah menginjak 36 tahun.

Sejak kedatangannya di tahun 2017, Langer memang diplot sebagai kiper pelapis di skuad Schalke 04. musim ini, kiper berkebangsaan Austria ini berperan menjadi kiper pelapis dari Ralf Fahrmann dan Frederik Ronnow. Sejauh ini Ia baru memainkan 3 laga dari 26 spieltag di Bundesliga.

 

Itulah 5 pemain tertua yang membela klub Bundesliga di musim ini. Dari daftar yang dihadirkan, tidak ada satu pun pemain berkebangsaan Jerman di dalamnya. Apakah faktor kebiasaan para pesepak bola Jerman yang memutuskan pensiun di usia muda sangat berpengaruh dalam hal ini? Bagaimana pendapatmu?

Baca Juga: Haaland Hingga Bailey, 10 Penyerang Bundesliga dengan Harga Tertinggi

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya