5 Pemain Tertua yang Berlaga di Piala Afrika 2022

Pengalaman menjadi pembeda

Di tengah ingar bingarnya kompetisi klub sepak bola Eropa, turnamen akbar antarnegara di Afrika kini digelar. Piala Afrika 2021 dimulai pada 9 Januari 2022 dan direncanakan akan berakhir pada 6 Februari mendatang. 

Para kontestan tentu saja mengumpulkan bakat terbaik dari negara mereka. Pemain sepak bola berlabel bintang seperti Mohamed Salah, Sadio Mane, Achraf Hakimi, hingga Pierre-Emerick Aubameyang dipanggil untuk membela negaranya dalam turnamen. Selain memanggil para pemain bintang, mereka juga memanggil para pemain senior yang pengalamannya dibutuhkan.

1. Marco Paulo Soares

5 Pemain Tertua yang Berlaga di Piala Afrika 2022Marco Paulo Soares (marcosoares.me)

Pemain tertua yang didaftarkan oleh kontestan Piala Afrika 2022 ialah Marco Paulo Soares dari tim nasional Cape Verde. Kapten timnas Cape Verde ini lahir pada 16 Juni 1984 dan telah berusia 37 tahun.

Soares sebetulnya lahir di Portugal. Namun, terhitung sejak 5 Mei 2006, ia memutuskan untuk membela Cape Verde. Saat ini, ia telah mencatatkan 52 caps, termasuk 5 caps di ajang Piala Afrika 2013.

2. Kei Kamara

5 Pemain Tertua yang Berlaga di Piala Afrika 2022Kei Kamara (mlssoccer.com)

Hanya berselisih 3 bulan dari Marco Soares, Kei Kamara kini menjadi yang tertua di kubu Sierra Leone. Nama Kei Kamara cukup terkenal di ajang Major League Soccer, Amerika Serikat. Pasalnya, striker berusia 37 tahun ini merupakan salah satu top scorer sepanjang masa MLS.

Kei Kamara memulai debutnya pada 1 Juni 2008, ketika Sierra Leone menghadapi Guinea Ekuatorial di ajang Kualifikasi Piala Dunia Zona Afrika. Kendati menjadi salah satu yang tertua, tahun ini merupakan debut Kei Kamara untuk berlaga di Piala Afrika.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Berlaga di Turnamen Copa America 2021  

3. Abdallah Said

5 Pemain Tertua yang Berlaga di Piala Afrika 2022Abdellah Said (egypttoday.com)

Mohamed Salah memang lebih sering memegang ban kapten timnas Mesir. Namun, faktanya, Abdallah Mahmoud Said merupakan kapten utamanya. Gelandang yang bermain untuk Pyramids FC ini lahir pada 13 Juli 1985 dan saat ini berusia 36 tahun.

Kariernya bersama timnas Mesir dimulai pada 14 Juni 2008. Ia telah mencatatkan 53 caps sebagai seorang gelandang serang. Ia tercatat pernah mengikuti dua kali gelaran Piala Afrika pada 2017 dan 2019.

4. Rais M'Bolhi

5 Pemain Tertua yang Berlaga di Piala Afrika 2022Rais M'Bolhi (mlssoccer.com)

Lahir pada 25 April 1985, kini Rais M'Bolhi menjadi salah satu yang tertua di Piala Afrika. Nama Rais M'Bolhi dikenal publik karena permainan hebatnya bersama timnas Aljazair di Piala Dunia 2014, ketika menghadapi timnas Jerman.

Pemain yang berposisi sebagai kiper ini lahir di Prancis dan baru mencatatkan debut di timnas Aljazair pada 27 Mei 2010. Sejauh ini, M'Bolhi telah catatkan 84 caps, termasuk penampilannya di empat ajang Piala Afrika sebelumnya. Rais M'Bolhi juga jadi satu-satunya pemain yang berhasil membawa negaranya juara Piala Afrika dalam daftar ini.

5. Daniel Akpeyi

5 Pemain Tertua yang Berlaga di Piala Afrika 2022Daniel Akpeyi (guardian.ng)

Nama yang terakhir ialah Daniel Akpeyi, yang juga berposisi sebagai kiper. Akpeyi mulai aktif dipanggil timnas Nigeria sejak 2014. Namun, karena kokohnya posisi Victor Enyeama di bawah mistar Nigeria, Akpeyi baru berhasil mencatatkan debut pada 29 Maret 2015.

Akpeyi lahir pada 3 Agustus 1986 dan telah mencatatkan 19 caps untuk timnas Nigeria. Pada Piala Afrika edisi 2019, Akpeyi tercatat menjadi kiper utama timnas Nigeria. Sayang, ia gagal membawa timnas Nigeria juara dan harus puas berada di posisi ketiga.

Walaupun kebanyakan dari mereka tidak akan menjadi pilihan utama dalam turnamen ini, kehadiran mereka akan dibutuhkan. Pengalaman serta arahan dari para senior ini akan jadi ilmu bagi para pemain muda untuk bisa bersinar dan jadi yang terbaik di Piala Afrika.

Jadi tim manakah yang akan melangkah jauh? Siapa favoritmu?

Baca Juga: 6 Pemain Tertua di Skuad Muda Arsenal 2021/2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya