5 Pemain Timnas Belanda Piala Dunia 2006 yang Kini Menjadi Pelatih

Semuanya pemain inti Timnas Belanda pada 2006

Piala Dunia 2006 seperti ajang perang bintang. Banyak pemain legenda bermain dan bertempur pada kompetisi tersebut. Begitu pula Belanda yang saat itu memiliki banyak pemain berkualitas yang saat ini telah dikenang sebagai legenda.

Namun sayang, mereka terhenti di babak 16 besar oleh Portugal melalui laga bertajuk “Battle of Nurnberg”. Kebanyakan dari skuad Belanda di Piala Dunia 2006 telah memutuskan untuk pensiun. Lima di antaranya melanjutkan karier sebagai pelatih yang saat ini masih aktif. Siapa saja mereka?

1. Dirk Kuyt

5 Pemain Timnas Belanda Piala Dunia 2006 yang Kini Menjadi PelatihDirk Kuyt sebagai pelatih ADO Den Haag (adodenhaag.nl)

Nama pertama dalam daftar ini ialah Dirk Kuyt, pemain yang menjadi andalan Timnas Belanda di posisi sayap. Kala itu Dirk Kuyt masih memperkuat Feyenoord Rotterdam pada usia 25 tahun.

Pada musim 2022/2023, Dirk Kuyt memulai kariernya sebagai pelatih untuk tim profesional. Ia ditunjuk sebagai pelatih dari ADO Den Haag yang saat ini berada di kasta kedua Eredivisie. Sejauh ini, ADO Den Haag di bawah arahan Dirk Kuyt masih jauh dari kata konsisten.

2. Ruud van Nistelrooy

5 Pemain Timnas Belanda Piala Dunia 2006 yang Kini Menjadi PelatihRuud van Nistelrooy sebagai pelatih PSV Eindhoven. (psv.nl)

Sama seperti Dirk Kuyt, Ruud van Nistelrooy juga baru merasakan posisi sebagai pelatih kepala pada musim 2022/2023. Setelah sempat menjadi pelatih di tim muda PSV Eindhoven, kini Van Nistelrooy telah mendapatkan kepercayaan untuk melatih tim senior.

Di bawah asuhannya, PSV Eindhoven sukses bermain sangat apik. Ia sukses mengorbitkan beberapa nama baru yang kini mulai dilirik tim-tim besar Eropa. Pada Piala Dunia 2006, Ruud van Nistelrooy menjadi penyerang utama Timnas Belanda.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain yang Menjadi Pelatih PSV Eindhoven, Nistelrooy Terbaru

3. Giovanni van Bronckhorst

5 Pemain Timnas Belanda Piala Dunia 2006 yang Kini Menjadi PelatihGiovanni van Bronckhorst sebagai pelatih Glasgow Rangers. (rangers.co.uk)

Dalam beberapa edisi Piala Dunia, Giovanni van Bronckhorst selalu menjadi andalan Timnas Belanda di posisi bek kiri. Hal tersebut juga terjadi pada Piala Dunia 2006. Bahkan, pada Piala Dunia 2010, ia ditunjuk sebagai kapten Belanda.

Selepas pensiun sebagai pesepak bola pada 2010, Van Bronckhorst langsung melanjutkan karier sebagai pelatih. Sejak 2021, ia telah ditunjuk sebagai pelatih Rangers. Hebatnya lagi, ia sukses membawa tim asal Skotlandia tersebut ke final Europa League 2022 meski akhirnya tak jadi juara.

4. Mark van Bommel

5 Pemain Timnas Belanda Piala Dunia 2006 yang Kini Menjadi PelatihMark van Bommel (twitter.com/vflwolfsburg_en)

Tak jauh berbeda dengan Giovanni van Bronckhorst, Mark van Bommel juga memiliki karier kepelatihan yang sudah cukup mempuni. Sejak 2014, Van Bommel telah melanjutkan kariernya sebagai asisten pelatih. Kala itu, ia menjadi asisten pelatih Belanda U-17.

Barulah pada 2018, Mark van Bommel merasakan posisi sebagai pelatih kepala untuk PSV Eindhoven. Gelandang andalan Timnas Belanda di Piala Dunia 2006 ini sekarang berposisi sebagai pelatih di klub asal Belgia, Royal Antwerp.

5. Phillip Cocu

5 Pemain Timnas Belanda Piala Dunia 2006 yang Kini Menjadi PelatihPhillip Cocu sebagai pelatih Vitesse Arnhem. (vitesse.nl)

Timnas Belanda sering memasang dua gelandang bertahan pada Piala Dunia 2006. Selain Mark van Bommel, Belanda juga kerap memasang Phillip Cocu yang saat itu berstatus sebagai wakil kapten dari Edwin van der Sar.

Cocu terhitung cukup senior di dunia kepelatihan. Ia pernah melatih PSV Eindhoven, Fenerbahce, Derby County, dan Vitesse Arnhem yang saat ini dilatihnya. Dari keempat klub tersebut, Cocu baru telah mendapatkan gelar juara ketika melatih PSV.

 

Beberapa anggota skuad Timnas Belanda 2006 juga melanjutkan kariernya sebagai pelatih. Namun, sejauh jalannya musim 2022/2023, hanya lima nama ini saja yang telah mendapatkan tanggung jawab sebagai pelatih kepala untuk tim senior.

Baca Juga: Sambutlah Cody Gakpo, Andalan Anyar Timnas Belanda

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya