5 Pemain Top Belgia yang Tak Dipanggil Timnas ke Piala Eropa 2020

Ketatnya kualitas pemain Belgia menjadi alasan terkuat

Sama seperti 23 peserta lain, timnas Belgia juga telah merilis 26 nama yang akan dibawa ke ajang Piala Eropa 2020. Belgia menjadi salah satu tim yang dijagokan bisa meraih gelar juara di ajang tahun ini. Sehingga, tak heran jika tim kepelatihan Belgia yang dipimpin Roberto Martinez akhirnya menyeleksi 26 nama terbaik yang tersebar di banyak tim liga Eropa.

Namun dari ke-26 nama tersebut, terdapat beberapa pemain top yang secara mengejutkan tidak dibawa ke ajang Piala Eropa 2020. Berikut kami sajikan 5 pemain top Belgia yang tak dipanggil ke ajang Piala Eropa 2020, check this out!

1. Divock Origi

5 Pemain Top Belgia yang Tak Dipanggil Timnas ke Piala Eropa 2020Divock Origi (express.co.uk)

Sulitnya menembus skuad utama Liverpool dalam beberapa musim terakhir menjadi alasan terkuat Divock Origi tak dibawa ke ajang Piala Eropa 2020. Di musim ini, Origi lebih sering berada di bangku cadangan, karena posisi penyerang Liverpool tentu saja menjadi milik Mohamed Salah, Sadio Mane dan Roberto Firmino.

Dan jika pun dipanggil ke skuad Belgia, Divock Origi diprediksi akan sangat sulit untuk menembus posisi utama. Hal ini dikarenakan ketatnya lini serang timnas Belgia yang telah diisi banyak striker top seperti, Romelu Lukaku, Dries Mertens, Michy Batshuayi dan Christian Benteke.

2. Koen Casteels

5 Pemain Top Belgia yang Tak Dipanggil Timnas ke Piala Eropa 2020Koen Casteels (footiespot.com)

Secara mengejutkan, Roberto Martinez tidak memanggil Koen Casteels yang tampil luar biasa selama musim ini. Bersama Wolfsburg, Casteels berhasil menjadi pemain andalan dan menjadi kiper dengan jumlah clean sheet terbanyak kedua di Bundesliga musim ini.

Dilihat dari performanya musim ini, Koen Casteels seharusnya bisa menjadi pesaing kuat bagi Thibaut Courtois di posisi penjaga gawang Die Roten Teufel. Namun sangat disayangkan, Roberto Martinez lebih memilih untuk memanggil Matz Sels dari RC Strasbourg, yang sebenarnya jarang mendapat menit bermain di musim ini.  

Baca Juga: Tak Hanya Lukaku, Ini 6 Pemain Belgia yang Kini Membela Klub Serie A

3. Alexis Saelemaekers

5 Pemain Top Belgia yang Tak Dipanggil Timnas ke Piala Eropa 2020Alexis Saelemaekers (acmilaninfo.com)

Winger kanan AC Milan, Alexis Saelemaekers juga menjadi salah satu pemain yang tak dibawa ke skuad Belgia. Padahal jika dilihat dari statistik, Saelemaekers berhasil tampil cukup baik selama musim ini dengan torehan 2 gol dan 5 assists dari 32 pertandingan di Serie A bersama AC Milan.

Namun jika dilihat dari komposisi pemain yang dibawa Roberto Martinez, Belgia hanya memiliki Jeremy Doku yang berposisi sebagai winger kanan murni. Sedangkan untuk posisi winger kiri, Belgia telah diisi 4 pemain yang secara kualitas dan pengalaman jauh lebih besar ketimbang yang dimiliki Saelemaekers.

Hal tersebutlah yang mungkin menjadi alasan Roberto Martinez tidak memanggil Alexis Saelemaekers ke skuad Die Roten Tuefel untuk gelaran Piala Eropa 2020 tahun ini.

4. Adnan Januzaj

5 Pemain Top Belgia yang Tak Dipanggil Timnas ke Piala Eropa 2020Adnan Januzaj (planetfootball.com)

Sama seperti Alexis Saelemaekers, ketatnya posisi winger menjadi alasan Adnan Januzaj tidak dibawa ke ajang Piala Eropa 2020 tahun ini. Padahal dalam beberapa musim terakhir, Adnan Januzaj mengalami peningkatan performa yang cukup baik. Selain itu, ia juga menjadi salah satu pemain langganan yang dipanggil ke skuad Belgia di laga kualifikasi ataupun friendly match.

Dilihat dari performanya musim ini, Januzaj berhasil menyumbang 4 gol dan 4 assists dari 27 pertandingan serta membawa Real Sociedad finish di posisi ke-5 klasemen akhir La Liga. Dengan performanya tersebut, Januzaj seharusnya layak untuk mengisi satu slot di skuad Belgia tahun ini.

5. Jordan Lukaku

5 Pemain Top Belgia yang Tak Dipanggil Timnas ke Piala Eropa 2020Jordan Lukaku (gianlucadimarzio.com)

Adik dari Romelu Lukaku, yakni Jordan Lukaku menjadi nama terakhir dalam daftar ini. Menurunnya performa Jordan Lukaku menjadi alasan terkuat dirinya tak dibawa Roberto Martinez ke ajang Piala Eropa 2020 tahun ini. Padahal di gelaran Euro 2016, Ia menjadi salah satu pemain andalan di posisi bek kiri timnas Belgia.

Selain itu, faktor taktik dan formasi juga menjadi alasan mengapa Jordan Lukaku akhirnya tidak dibawa. Pasalnya Roberto Martinez lebih sering menggunakan formasi 3-4-3 atau 3-5-2 yang jarang menggunakan pemain berposisi bek sayap yang bersifat bertahan seperti Jordan Lukaku.

 

Itulah 5 pemain top yang tidak dipanggil ke skuad Belgia di bawah asuhan Roberto Martinez untuk Piala Eropa 2020. Selain nama-nama tersebut, Belgia sebenarnya memiliki beberapa nama beken seperti Moussa Dembele, Kevin Mirallas, Marouane Fellaini dan Radja Nainggolan yang juga tidak dipanggil ke skuad. Namun keempat nama tersebut telah memutuskan untuk pensiun dari timnas sebelum mendapat panggilan oleh Roberto Martinez.

Baca Juga: 7 Pemain Belgia dengan Gol Terbanyak di Premier League, Ada Hazard!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya