5 Pemain Top di Kubu Gremio dalam Lima Musim Terakhir

Luis Suarez jadi nama terbaru!

Gremio Porto Alegrense atau yang biasa dikenal dengan nama Gremio merupakan salah satu klub raksasa di sepak bola Brasil. Dalam sejarahnya, Gremio yang berdiri pada 1903 telah tiga kali menjadi juara Copa Libertadores dan dua kali juara Liga Brasil.

Selain memiliki prestasi mentereng, Gremio juga cukup sering dibela oleh pemain besar. Setidaknya, dalam lima musim terakhir beberapa pemain top memilih untuk berseragam Gremio. Siapa saja mereka?

1. Rafinha

5 Pemain Top di Kubu Gremio dalam Lima Musim TerakhirRafinha (gremio.net)

Nama yang pertama ialah Rafinha, bek kanan berkebangsaan Brasil yang saat ini berseragam Sao Paulo. Jauh sebelum itu, Rafinha punya karier yang luar biasa di Eropa, terutama kala membela Schalke 04 (2005—2010) dan Bayern Munich (2011—2019).

Ia sukses meraih sederet gelar juara sebelum akhirnya berlabuh ke Gremio pada Maret 2021. Rafinha bertahan hingga Januari 2022 bersama Gremio dengan mencatatkan 8 assist dari 45 pertandingan.

2. Douglas Costa

5 Pemain Top di Kubu Gremio dalam Lima Musim TerakhirDouglas Costa (mlssoccer.com)

Sama seperti Rafinha, nama Douglas Costa juga dikenal luas oleh publik ketika berseragam Bayern Munich. Setelah membela Die Bayern selama tiga musim (2015—2018), Costa pun pindah ke Juventus pada 2018.

Kala berseragam Juventus, Douglas Costa sempat dipinjamkan ke Gremio dari Maret 2021—Februari 2022. Dalam kurun waktu tersebut, penampilan Douglas Costa tak terlalu istimewa. Sebab, ia hanya mampu mencetak 3 gol dan 2 assist dari 28 laga untuk Gremio.

Baca Juga: Arthur Melo Siap Kerja Keras demi Dapat Tempat di Liverpool

3. Arthur Melo

5 Pemain Top di Kubu Gremio dalam Lima Musim TerakhirArthur Melo (gremio.net)

Gremio merupakan tim muda yang pernah dibela oleh Arthur Melo sebelum mulai berkarier di Eropa. Promosi pada awal tahun 2017, Arthur Melo telah berhasil menarik perhatian Barcelona dengan permainannya di tim utama Gremio selama 1,5 musim.

Oleh karena itu, Arthur bisa berkarier di Eropa dari 2018 bersama Barcelona sebelum berlanjut membela Juventus dan Liverpool. Ketika membela Gremio, Melo tampil menjanjikan dengan torehan 2 gol dan 3 assist dari 50 laga.

4. Lucas Leiva

5 Pemain Top di Kubu Gremio dalam Lima Musim TerakhirLucas Leiva (twitter.com/LucasLeiva87)

Sama seperti Arthur Melo, Gremio juga menjadi tim masa kecil bagi Lucas Leiva. Gelandang bertahan asal Brasil ini mulai hengkang dari Gremio ke Eropa pada 2008 untuk bergabung dengan Liverpool. Setelah itu, Leiva pun bergabung dengan Lazio pada 2017.

Barulah pada Juli 2022, Lucas Leiva kembali pulang ke Gremio setelah 14 tahun berkarier di Eropa. Sejauh ini, ia telah mencetak 5 gol dari 39 penampilannya di seluruh ajang bersama Gremio.

5. Luis Suarez

Pemain berlabel bintang terbaru yang baru-baru ini resmi bergabung dengan Gremio adalah Luis Suarez. Mantan penyerang Liverpool dan Barcelona ini memutuskan untuk mengambil tawaran dari Gremio pada awal Januari 2023.

Sebelumnya, Suarez sempat kembali membela klub masa kecilnya, Nacional. Bergabungnya Suarez ke Gremio jelas menambah banyak deretan pemain bintang yang saat ini berlaga di Liga Brasil.

Hadirnya sosok Luis Suarez ini sebetulnya agak mengejutkan. Sebab, Gremio yang ia bela saat ini merupakan tim yang berada di kasta kedua Liga Brasil meski memiliki deretan pemain besar di dalamnya. Mampukah Suarez mengangkat Gremio kembali ke kasta teratas?

Baca Juga: Perjalanan Karier Luis Suarez di Eropa, Kembali ke Klub Masa Kecil

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya