5 Pemain Top Inggris yang Main di Liga Turki Sebelum Dele Alli

Kepindahan Dele Alli cukup mengejutkan

Bursa transfer musim panas 2022 memberikan banyak kejutan. Salah satunya datang dari Dele Alli, yang pada musim ini pindah ke Besiktas sebagai pemain pinjaman dari Everton.

Mantan gelandang Tottenham Hotspur ini bukan satu-satu pemain Inggris yang pernah bermain di Turki. Ada total dua puluh nama, termasuk Dele Alli, yang pernah main di sana.

Ini lima pemain top Inggris yang main di Liga Turki sebelum Dele Alli.

1. Les Ferdinand

5 Pemain Top Inggris yang Main di Liga Turki Sebelum Dele AlliLes Ferdinand (premierleague.com)

Les Ferdinand merupakan pemain Inggris kedua yang berlaga di Liga Super Turki setelah Dave Windridge pada 1987. Ferdinand datang ke Turki untuk bergabung dengan Besiktas sebagai pemain pinjaman dari Queens Park Rangers.

Penyerang berkebangsaan Inggris ini sukses menyarangkan 17 gol dan 10 assist dari 32 pertandingan untuk Beskitas. Namun, Besiktas bukanlah masa terbaik Ferdinand. Pasalnya, ia sangat dominan ketika bermain untuk Newcastle United ketika berduet dengan Alan Shearer.

2. Scott Carson

5 Pemain Top Inggris yang Main di Liga Turki Sebelum Dele AlliScott Carson (mancity.com)

Nama selanjutnya ialah Scott Carson, kiper yang malang melintang di klub-klub Inggris. Kiper yang kini jadi pelapis ketiga Manchester City ini pernah membela Leeds United, Aston Villa, Manchester City, West Bromwich Albion, dan Liverpool.

Hanya ada satu tim di luar Inggris yang pernah dibela Carson. Klub tersebut ialah Bursaspor, tim asal Turki yang ia bela selama 2 musim (2013—2015). Dalam kurun waktu tersebut, Carson sukses mencatatkan 77 laga dengan torehan 27 nirbobol.

Baca Juga: Nasib Nahas Dele Alli, dari Wonderkid Kini Jadi Pesakitan

3. Aaron Lennon

5 Pemain Top Inggris yang Main di Liga Turki Sebelum Dele AlliAaron Lennon (premierleague.com)

Sama seperti Scott Carson, tim asal Turki juga menjadi satu-satunya tim yang dibela Aaron Lennon di luar klub Inggris. Lennon besar bersama Tottenham Hotspur sebagai winger cepat yang kerap kali merepotkan pertahanan lawan.

Selain Spurs, Lennon juga pernah membela Everton, Leeds United, dan Burnley. Pada awal 2020/2021, Lennon mencari tantangan dengan bergabung bersama Kayserispor. Sayangnya, ia hanya bertahan selama semusim dengan catatan 5 assist dari 36 laga.

4. Daniel Sturridge

5 Pemain Top Inggris yang Main di Liga Turki Sebelum Dele AlliDaniel Sturridge (premierleague.com)

Sukses menunjukkan permainan terbaik bersama Liverpool membuat Daniel Sturridge sempat disebut sebagai penyerang tajam Inggris. Sayangnya, cedera kambuhan menjadi musuh besar dalam karier Sturrdige bersama Liverpool.

Ia perlahan tergeser dan jarang dimainkan dalam beberapa musim terakhir bersama The Reds. Setelah dilepas Liverpool pada akhir musim 2018/2019, Sturridge memutuskan untuk bergabung dengan Trabzonspor. Ia hanya bermain selama semusim dengan catatan 14 laga serta sumbangan 7 gol dan 4 assist.

5. Danny Drinkwater

5 Pemain Top Inggris yang Main di Liga Turki Sebelum Dele AlliDanny Drinkwater (premierleague.com)

Dikenal publik begitu menjadi bintang lini tengah Leicester City ketika menjadi juara EPL 2016, Danny Drinkwater akhirnya dilirik Chelsea. Ia hengkang ke Chelsea pada awal musim 2017/2018. Sayang, karier Drinkwater justru hancur bersama The Blues.

Ia jarang dimainkan dan kerap dipinjamkan ke tim lain. Salah satu tim yang pernah jadi destinasi peminjamannya ialah Kasimpasa. Selama setengah musim pada paruh kedua 2020/2021, Drinkwater hanya mampu mencatat sebelas laga.

Selain kelima nama di atas dan Dele Alli, beberapa pemain ternama Inggris seperti Darius Vassell, Anton Ferdinand, dan Kevin Campbell juga pernah berkarier di Liga Super Turki. Menarik untuk ditunggu bagaimana Dele Alli mengeluarkan permainan terbaiknya bersama Besiktas nanti.

Baca Juga: Dele Alli, Si Pangeran Nigeria yang Sukses Jadi Pesepak Bola

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya