5 Pemain Top yang Pernah Membela Brescia dalam Sedekade Terakhir

Klubnya para legenda!

Selain AC Milan, Inter Milan, dan Atalanta Bergamo, Brescia yang saat ini berlaga di Serie B merupakan tim terbesar yang bermarkas di wilayah Lombardia, Italia. Brescia memang belum pernah menjadi juara Serie A.

Akan tetapi, tim ini sering kali dibela oleh nama-nama besar, khususnya para pemain legenda. Sebut saja, Andrea Pirlo, Roberto Baggio, Luca Toni hingga Pep Guardiola pernah membela klub berjuluk Biancoazzurri ini.

Dalam sedekade atau 10 tahun terakhir, Brescia juga pernah dibela oleh beberapa pemain top. Berikut ini kami sajikan ulasan 5 di antaranya!

1. Cristiano Zanetti

5 Pemain Top yang Pernah Membela Brescia dalam Sedekade TerakhirCristiano Zanetti (skysports.com)

Cristiano Zanetti merupakan salah satu gelandang bertahan top Italia pada era 2000-an. Selama kariernya sebagai pesepak bola, Zanetti pernah membela beberapa tim besar, seperti Inter Milan, AS Roma, Juventus dan Fiorentina,

Menjelang akhir kariernya, Zanetti yang masa kontraknya di Fiorentina telah habis memutuskan untuk bergabung dengan Brescia pada awal tahun 2011. Saat itu, Brescia berstatus sebagai tim promosi di musim 2010/2011.

Akan tetapi, permainan mereka justru tidak sebaik yang diharapkan. Kedatangan Zanetti dimaksudkan untuk membantu skuad Brescia agar tak kembali degradasi ke Serie B.

Akan tetapi, hal itu urung terwujud karena Brescia akhirnya degradasi pada akhir musim. Zanetti pun memutuskan untuk pensiun 6 bulan kemudian.

2. Alessandro Diamanti

5 Pemain Top yang Pernah Membela Brescia dalam Sedekade TerakhirAlessandro Diamanti (skysports.com)

Alessandro Diamanti berada satu masa dengan Cristiano Zanetti ketika membela Brescia. Saat itu, gelandang yang berhasil membawa timnas Italia ke final Euro 2012 ini diboyong setelah mencoba peruntungan bersama West Ham United pada musim 2009/2010.

Jika dibandingkan dengan Zanetti, Diamanti yang berumur lebih muda justru memiliki peran yang lebih besar di Brescia pada musim 2011/2012. Ia berhasil mencetak 6 gol dan 6 assists dari 32 pertandingan yang ia mainkan di Serie A. Namun, torehan tersebut tak berhasil menahan Brescia untuk berada di Serie A.

Baca Juga: 5 Pemain Venezia yang Pernah Membela Klub Besar Eropa

3. Eder

5 Pemain Top yang Pernah Membela Brescia dalam Sedekade TerakhirEder (skysports.com)

Mantan striker Inter Milan yang saat ini membela Sao Paulo, Eder Citadin Martins, juga berada di skuad Brescia saat mereka degradasi pada musim 2010/2011. Eder yang kala itu didatangkan pada awal musim dari Empoli memang tidak bisa berbuat banyak.

Ia hanya mampu mencetak 6 gol dan 2 assists dari 35 pertandingan di Serie A. Padahal saat ia membela Empoli di musim sebelumnya, Eder justru mampu mencetak banyak gol dan menjadi topskorer Serie B. Eder pun menjadi salah satu pemain yang hengkang saat Brescia kembali degradasi.

4. Sandro Tonali

5 Pemain Top yang Pernah Membela Brescia dalam Sedekade TerakhirSandro Tonali (skysports.com)

Sandro Tonali merupakan produk asli akademi Brescia. Gelandang bertahan yang disebut-sebut memiliki gaya bermain campuran antara Gennaro Gattuso dan Andrea Pirlo memiliki penampilan yang sangat baik ketika promosi ke tim utama pada musim 2017/2018.

Ia juga menjadi aktor utama yang membawa Brescia juara Serie B musim 2018/2019. Akan tetapi semusim selanjutnya, Tonali tak mampu mempertahankan posisi Brescia di Serie A. Untuk meningkatkan kariernya, Tonali pun akhirnya hengkang ke AC Milan pada musim 2020/2021 dan masih bertahan hingga kini.

5. Mario Balotelli

5 Pemain Top yang Pernah Membela Brescia dalam Sedekade TerakhirMario Balotelli (skysports.com)

Siapa yang tak kenal Mario Balotelli. Striker yang dulunya dikenal sebagai pemain potensial,  namun harus tertutup karena kontroversi yang ia ciptakan. Balotelli telah membela banyak tim besar Eropa, seperti Inter Milan, AC Milan, Liverpool, Manchester City hingga Marseille.

Setelah dilepas Marseille pada akhir musim 2018/2019, Balotelli kemudian memutuskan untuk pindah ke Brescia yang kala itu masih berada di Serie A. Dari 19 pertandingan yang ia lakukan bersama Brescia, Balotelli hanya mampu mencetak 5 gol saja.

 

Dengan nama besar sebagai salah satu penghasil pemain hebat, Brescia seharusnya layak menjadi salah satu tim yang promosi ke Serie A musim depan.

Hingga pekan ke-34 Serie B, Brescia masih bertengger di posisi kelima dan hanya berjarak 7 poin saja dari pemuncak. Mampukah mereka kembali ke Serie A untuk musim depan?

Baca Juga: 5 Pemain Italia yang Membela Sassuolo pada 2021/2022, Siapa Saja?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya