5 Pemain Top yang Tak Masuk Skuad Timnas Italia di Piala Eropa 2020

Persaingan ketat dan kualitas yang merata di skuad Italia

Pembukaan Piala Eropa 2020 rencananya akan dilaksanakan besok pada pukul 02.00 WIB. Di laga pembuka, Turki akan ditantang Italia yang berisi mayoritas pemain muda di bawah asuhan pelatih berpengalaman, Roberto Mancini.

Laga diprediksi akan berjalan seru karena pemain muda Italia yang masih minim pengalaman akan bertemu Turki yang banyak diprediksi akan menjadi tim kuda hitam. Roberto Mancini selaku pelatih Italia memanggil banyak pemain muda guna regenerasi skuad dan kepentingan sepak bola Italia di masa yang akan datang.

Namun dari 26 nama yang masuk skuad Italia di Piala Eropa tahun ini, terdapat banyak pemain top lain yang akhirnya tidak dibawa karena berbagai macam alasan. Berikut kami sajikan 5 di antaranya, check this out!

1. Moise Kean

5 Pemain Top yang Tak Masuk Skuad Timnas Italia di Piala Eropa 2020Moise Kean (sempreinter.com)

Tahun ini merupakan musim yang luar biasa bagi seorang Moise Kean. Setelah sekian lama meredup, Moise Kean kembali lagi ke performa terbaiknya bersama Paris Saint-Germain. Ia berhasil mencatatkan 41 pertandingan dengan torehan 19 gol dan 1 assist bagi tim asal ibu kota Prancis ini.

Namun sayang penampilan gemilangnya tersebut, tidak bisa menarik minat Roberto Mancini untuk membawanya ke skuad Italia untuk EPiala Eropa 2020. Ketatnya persaingan di posisi striker Italia menjadi alasan terkuat, Moise Kean akhirnya tak dibawa.

2. Nicolo Zaniolo

5 Pemain Top yang Tak Masuk Skuad Timnas Italia di Piala Eropa 2020Nicolo Zaniolo (planetfootball.com)

Cedera menjadi alasan Nicolo Zaniolo tak dibawa timnas Italia untuk Piala Eropa 2020. Sama seperti Virgil van Dijk, Nicolo Zaniolo juga hampir semusim absen karena cedera. Hal itulah yang jelas membuatnya tak dipanggil oleh Roberto Mancini.

Padahal,  Nicolo Zaniolo merupakan wonderkid terbaik yang saat ini dimiliki negara Italia. Di umurnya yang baru menginjak 21 tahun, Zaniolo telah berhasil mencuri perhatian melalui permainan ciamiknya bersama Inter Milan dan juga AS Roma yang menjadi klubnya saat ini.

Baca Juga: Catenaccio Modern Ala Timnas Italia Era Mancini

3. Gianluigi Buffon

5 Pemain Top yang Tak Masuk Skuad Timnas Italia di Piala Eropa 2020Gianluigi Buffon (skysports.com)

Gianluigi Buffon merupakan satu-satunya alumni skuad Italia Piala Dunia 2006 yang masih aktif bermain. Walaupun posisi kiper di timnas Italia bisa disebut sebagai regenerasi yang sukses, namun Buffon sebenarnya masih memiliki hasrat untuk tampil di Piala Eropa 2020 nanti.

Buffon pernah mengatakan bahwa Ia sangat berharap untuk dipanggil ke skuad Italia di Euro tahun ini. Karena Buffon ingin menjadikan Piala Eropa 2020 sebagai major turnamen terakhirnya di kancah internasional sebelum Ia memutuskan untuk pensiun dari sepak bola.

Di Juventus, pemain berusia 43 tahun ini memang bukanlah pemain inti. Namun jika dilihat dari menit bermain, Ia telah berhasil menampilkan 14 laga bagi La Vechia Signora di musim ini. Namun sayangnya, Roberto Mancini lebih memilih untuk memanggil Gianluigi Donnarumma, Alex Meret dan Salvatore Sirigu untuk bersaing mendapatkan tempat utama di posisi kiper Italia.

4. Alessio Romagnoli

5 Pemain Top yang Tak Masuk Skuad Timnas Italia di Piala Eropa 2020Alessio Romagnoli (goal.com)

Alessio Romagnoli merupakan salah satu pemain yang sangat berjasa mengangkat performa AC Milan musim ini. Berkatnya, AC Milan memiliki pertahanan yang kokoh dan berhasil finish di posisi kedua klasemen akhir Serie A.

Walaupun penampilannya bersama AC Milan cukup baik, namun hal tersebut tidak berhasil membawanya masuk skuad Italia untuk Piala Eropa 2020 nanti. Roberto Mancini sepertinya masih mempercayai duet bek Juventus, Leandro Bonucci dan Giorgio Chiellini untuk mengawal pertahanan Italia.

Belum lagi penampilan Fransesco Acerbi dari Lazio, Rafael Toloi dari Atalanta dan bek muda Inter Milan, Alessandro Bastoni yang dinilai memiliki permainan lebih baik ketimbang Romagnoli yang membuatnya harus tersingkir.

5. Lorenzo Pellegrini

5 Pemain Top yang Tak Masuk Skuad Timnas Italia di Piala Eropa 2020Lorenzo Pellegrini (sempreinter.com)

Nasib malang harus menimpa Lorenzo Pellegrini yang mengalami cedera menjelang dimulainya turnamen Piala Eropa 2020. Padahal, Pellegrini menjadi salah satu pemain yang awalnya dipanggil dan dimasukkan ke skuad Italia.

Kapten AS Roma ini mengalami cedera di sesi latihan bersama timnas Italia jelang laga kontra Turki pada tanggal 12 Juni dini hari. Kini nama Pellegrini telah dicoret dari daftar skuad dan digantikan oleh gelandang Fiorentina, Gaetano Castrovilli.

 

Selain nama-nama tersebut, pemain top seperti, Sandro Tonali, Pierluigi Gollini, Matteo Politano, Mattia Perrin, Stefano Sensi dan Gianluca Mancini juga tak dibawa oleh Roberto Mancini ke skuad Italia. Dengan skuad yang ada, sejauh manakah langkah Italia di Euro nanti?

Baca Juga: 6 Pemain Termuda yang Bakal Memperkuat Timnas Italia di Euro 2020

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya