Comscore Tracker

6 Pemain Berkebangsaan Turki yang Pernah Didatangkan oleh Inter Milan

Hakan Calhanoglu menjadi yang terbaru!

Turki memang bukanlah negara yang memiliki tradisi sepak bola yang kuat, layaknya Brazil, Inggris ataupun Italia. Namun jika kita berbicara tentang fanatisme fans sepak bolanya, nama Turki bisa menjadi yang terdepan. Terutama jika kita memperhatikan 3 klub terbesar dari kota Istanbul yakni, Fenerbahce, Galatasaray dan Besiktas yang dikenal memiliki fans yang hebat dan militan.

Prestasi tertinggi timnas Turki di sepak bola juga cukup membanggakan. Mereka pernah menjadi juara 3 di Piala Dunia 2002 dan juara 3 di Piala Eropa 2008. Untuk urusan bakat, mereka juga memiliki beberapa yang terhebat di setiap generasinya.

Salah satu klub non Turki yang paling sering menggunakan jasa pemain asal negara ini ialah Inter Milan. Hingga saat ini, tercatat ada 6 pemain yang pernah didatangkan oleh I Nerazzurri. Lantas siapa sajakah mereka?

1. Hakan Sukur

6 Pemain Berkebangsaan Turki yang Pernah Didatangkan oleh Inter Milanilfattoquotidiano.it (Hakan Sukur)

Hakan Sukur tercatat sebagai pemain Turki pertama yang didatangkan oleh Inter Milan. Penampilan hebatnya bersama Galatasaray membuat Inter Milan memutuskan untuk memboyongnya pada jendela transfer musim panas tahun 2000.

Di musim pertamanya Ia hanya mampu mencetak 6 gol dan 1 assist dari 35 pertandingannya. Penampilan buruknya tersebut membuat manajemen Inter ragu kepada masa depannya.

Alhasil di musim keduanya, ia tidak pernah sama sekali dimainkan di Inter Milan. Hal tersebut juga didukung dengan keadaan lini serang Inter yang diisi banyak pemain hebat seperti, Alvaro Recoba, Adriano, Christian Vieri, dan Ronaldo Nazario. Ia pun akhirnya hengkang ke Parma pada bulan Januari 2002 dengan status free transfer.

2. Emre Belozoglu

6 Pemain Berkebangsaan Turki yang Pernah Didatangkan oleh Inter MilanEmre Belozoglu (goal.com)

Hingga saat ini, Emre Belozoglu masih dinilai sebagai pemain Turki tersukses yang pernah membela Inter Milan. Emre yang didatangkan dari Galatasaray dikenal sebagai gelandang yang kuat dan bertenaga serta menjadi pemain pelapis yang hebat kala berseragam Inter Milan.

Walaupun berstatus sebagai pemain pelapis, dengan torehan 5 gol dan 6 assists dari 115 pertandingan Emre masih tercatat sebagai pemain Turki dengan torehan laga terbanyak dan masa bakti terlama di Inter Milan. Setelah 4 musim membela I Nerazzurri, Emre akhirnya diboyong oleh Newcastle United pada bulan Juli 2005.

Baca Juga: 8 Pemain Turki yang Pernah Jadi Juara di Liga Top Eropa

3. Okan Buruk 

6 Pemain Berkebangsaan Turki yang Pernah Didatangkan oleh Inter MilanOkan Buruk (fcinter1908.it)

Kedatangan Emre Belozoglu dari Galatasaray pada tahun 2001 ternyata tidak sendirian. 5 hari setelah Inter Milan merampungkan transfer Emre, Inter Milan kembali memboyong pemain Turki lain dari Galatasaray, yakni Okan Buruk yang berposisi sebagai winger kanan.

Ketatnya persaing di skuad Inter Milan lagi-lagi menjadi alasan pesepak bola Turki kurang bersinar bersama klub ini. Namun jika dibanding dengan kebanyakan pemain Turki yang pernah membela Inter Milan, penampilan Okan Buruk bisa dibilang lebih baik.

Ia mampu mencatatkan 42 penampilan dengan torehan 2 gol dan 2 assists dari 3 musimnya bersama klub asal Lombardia ini. Pada tahun 2004, Okan memutuskan untuk kembali ke Liga Turki dengan bergabung bersama Besiktas.

4. Umit Davala

6 Pemain Berkebangsaan Turki yang Pernah Didatangkan oleh Inter MilanUmit Davala (transfermarkt.de)

Masa kepelatihan Hector Cuper di Inter Milan di antara tahun 2001 hingga 2003 merupakan fase di mana banyak pemain Turki didatangkan. Selain Emre Belozoglu dan Okan Buruk, Inter Milan juga mendatangkan seorang Umit Davala dari AC Milan pada tahun 2002.

Namun sial bagi Umit Davala, Inter Milan bukanlah klub yang cocok bagi dirinya. Selama berstatus sebagai pemain Inter Milan, Umit Davala lebih sering dipinjamkan dan tidak pernah sekalipun mencatatkan penampilan untuk I Nerazzurri. Pada tahun 2004, Umit Davala akhirnya hengkang ke Werder Bremen untuk memperbaiki dan mengakhiri kariernya di sepak bola.

5. Caner Erkin

6 Pemain Berkebangsaan Turki yang Pernah Didatangkan oleh Inter MilanCaner Erkin (nerazzurriale.id)

Penampilan hebatnya bersama Turki di Euro 2016, berhasil menarik minat Inter Milan untuk memboyong Caner Erkin pasca turnamen selesai. Namun belum 2 bulan Caner Erkin berseragam Inter Milan, Ia sudah langsung dipinjamkan ke Besiktas selama semusim.

Sama seperti nasib Umit Davala kala berseragam Inter Milan, Caner Erkin juga tidak pernah sama sekali mencatatkan penampilannya di laga resmi bersama La Beneamata. Karena setalah masa peminjamannya berakhir di tahun 2017, Caner Erkin langsung dipermanenkan oleh Besiktas dengan banderol sebesar 750 ribu euro atau Rp12 miliar saja.

6. Hakan Calhanoglu

6 Pemain Berkebangsaan Turki yang Pernah Didatangkan oleh Inter MilanHakan Calhanoglu (theguardian.com)

Hakan Calhanoglu menjadi pemain berkebangsaan Turki terbaru yang bergabung bersama Inter Milan. Sama seperti Umit Davala, Ia juga memutuskan untuk 'membelot' dari AC Milan untuk bergabung dengan Inter Milan yang menjadi klubnya saat ini.

Keputusan ini memang sangatlah mengejutkan karena sudah lama sekali tidak ada pemain AC Milan yang menyebrang ke klub rival sekota, sejak terakhir kali Antonio Cassano melakukannya di tahun 2012. Kedatangan Hakan Calhanoglu memang sangatlah diharapkan untuk menjadi pengganti dari Christian Eriksen yang diprediksi akan pensiun karena masalah kesehatan.

 

Itulah 6 pemain Turki yang pernah didatangkan oleh Inter Milan. Dengan kedatangannya ini, akankah Hakan Calhanoglu berperan besar dalam perjalanan Inter Milan di musim depan? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 5 Pemain Turki yang Kini Membela Klub Serie A, Ada Hakan Calhanoglu!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya