5 Pemain Ukraina yang Datang ke EPL sebelum Mykhaylo Mudryk

Mudryk seharusnya bisa membuat perbedaan

Sempat dikabarkan akan pindah ke Arsenal, Mykhaylo Mudryk membelot ke Chelsea. Pemain berkebangsaan Ukraina ini dibeli dari Shakhtar Donetsk dengan biaya mencapai 100 juta euro (Rp1,641 triliun).

Kedatangan Mudryk membuatnya menjadi pesepak bola Ukraina ke-9 yang datang ke English Premier League (EPL). Jika berkaca kepada para pendahulunya, sebetulnya tak ada pesepak bola Ukraina yang benar-benar bersinar di EPL.

Untuk mengetahui seperti apa kiprah para pendahulu Mykhaylo Mudryk, berikut ulasan kiprah mereka.

1. Andriy Shevchenko

5 Pemain Ukraina yang Datang ke EPL sebelum Mykhaylo MudrykAndriy Shevchenko (chelseafc.com)

Layak mendapatkan gelar sebagai pemain terbaik Ukraina sepanjang masa, Andriy Shevchenko tampak tak terlalu bersinar di Premier League. Pria yang kerap disapa Sheva ini bergabung dengan Chelsea dari AC Milan pada musim panas 2006.

Chelsea menggelontorkan dana besar untuk Sheva kala itu. Sayang, ia tampil di luar ekspektasi. Dalam 2 musim (2006—2008), Shevchenko hanya mampu mencetak 22 gol dan 10 assist dari 77 laga.

2. Andriy Voronin

5 Pemain Ukraina yang Datang ke EPL sebelum Mykhaylo MudrykAndriy Voronin (premierleague.com)

Semusim setelah kedatangan Andriy Shevchenko, salah satu penyerang muda terbaik Ukraina datang ke Premier League. Sosok tersebut adalah Andriy Voronin, pemain yang didatangkan Liverpool dari Bayer Leverkusen secara gratis.

Kalah saing dari Dirk Kuyt dan Fernando Torres menjadi alasan Voronin tak tampil bersinar bersama The Reds. Selama 2 musim (2007/2008 dan 2009/2010), ia hanya mencetak 6 gol dan 5 assist dari 40 laga Liverpool.

Baca Juga: Chelsea Resmi Gaet Mykhailo Mudryk, Rekrutan Mahal Musim Dingin

3. Oleksandr Zinchenko

5 Pemain Ukraina yang Datang ke EPL sebelum Mykhaylo MudrykOleksandr Zinchenko (arsenal.com)

Di antara delapan pemain asal Ukraina yang pernah berlaga di Premier League, Oleksandr Zinchenko layak disebut sebagai yang terbaik. Zinchenko sukses meraih beragam gelar juara, terutama kala berseragam Manchester City.

Meski begitu, Zinchenko kala itu lebih sering jadi cadangan. Saat ini, ia sendiri telah pergi. Ia bergabung dengan Arsenal pada musim panas 2022. Selama berkarier di EPL, Zinchenko telah mencatat 87 laga dengan sumbangan 8 assist.

4. Andriy Yarmolenko

5 Pemain Ukraina yang Datang ke EPL sebelum Mykhaylo MudrykAndriy Yarmolenko (premierleague.com)

Memiliki popularitas sebagai penyerang tajam kala berseragam Dynamo Kyiv tak membuat Andriy Yarmolenko sukses di Premier League. Winger berusia 33 tahun ini lebih sering menjadi pemain cadangan ketika 4 musim (2018—2022) berseragam West Ham United.

Dalam kurun waktu tersebut, Yarmolenko hanya mampu mencetak 13 gol dan 7 assist dari 86 laga. Kontrak Yarmolenko tak diperpanjang, ia pun hengkang ke Al-Ain FC di Uni Emirat Arab.

5. Vitaliy Mykolenko

5 Pemain Ukraina yang Datang ke EPL sebelum Mykhaylo MudrykVitaliy Mykolenko (premierleague.com)

Selain Oleksandr Zinchenko, Vitaliy Mykolenko menjadi pemain Ukraina lain yang saat ini berlaga di Premier League. Bek kiri berusia 23 tahun ini baru bergabung dengan Everton dari Dynamo Kyiv pada awal 2022.

Jika bicara soal performanya, Vitaliy Mykolenko tampil tergolong hebat dan diandalkan timnya. Sejauh ini, ia telah mencatat 1 gol dari 32 pertandingan bersama The Toffees di EPL.

Mykhaylo Mudryk kini jadi penerus pendahulunya. Dengan biaya besar yang dibayarkan Chelsea untuk dirinya, Mudryk seharusnya bisa tampil cemerlang. Namun, Chelsea merupakan tim besar dengan deretan pemain bintang yang tampaknya akan membuat sulit Mudryk untuk mendapat tempat utama.

Baca Juga: Daftar Pemain Termahal yang Datang ke Klub Premier League, Ada Mudryk

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya