Comscore Tracker

6 Pemain yang Dilepas Aston Villa ke Man City sebelum Jack Grealish

Mampukah Grealish memberi pengaruh besar untuk The Cityzens?

Setelah dirumorkan cukup lama, Manchester City akhirnya merampungkan kedatangan Jack Grealish dari Aston Villa, Kamis (5/8/21). Menurut laporan dari Sky Sports, Manchester City harus menguluarkan dana sebesar 100 juta euro atau setara dengan Rp1,7 triliun agar bisa mendatangkan gelandang berkebangsaan Inggris ini.

Kerja sama antara Aston Villa dan Manchester City dalam jual beli pemain bukanlah yang pertama. Terdapat 6 nama pemain yang pernah dilepas oleh Aston Villa ke Manchester City, sebelum transfer Jack Grealish. Siapa sajakah nama-nama tersebut? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Peter Schmeichel

6 Pemain yang Dilepas Aston Villa ke Man City sebelum Jack GrealishPeter Schmeichel (goal.com)

Karier Peter Schmeichel memang terkenal saat menjadi pahlawan dan pemain andalan Manchester United. Namun, pada awal musim 2002/2003, secara mengejutkan, Peter Schmeichel memutuskan untuk pindah ke klub rival sekota Manchester United, yakni Manchester City.

Di musim tersebut, Schmeichel dilepas secara gratis oleh Aston Vlla yang sempat ia bela selama semusim. Kala berseragam The Cityzens, Schmeichel memainkan 31 laga selama semusim dan memutuskan untuk pensiun di akhir musim tersebut.

2. Darius Vassell

6 Pemain yang Dilepas Aston Villa ke Man City sebelum Jack GrealishDarius Vassell (mirror.co.uk)

Nama selanjutnya ialah Darius Vassell yang menjadi salah satu penyerang andalan Manchester City sebelum era Sheikh Mansour. Pada bulan Juli 2005, Vassell didatangkan dari Aston Villa yang merupakan klub masa kecilnya dengan banderol sebesar 3,6 juta euro atau setara dengan Rp61 miliar.

Total 4 musim Vassell berseragam The Cityzens tanpa sekali pun memberikan gelar juara. Dalam kurun waktu tersebut, Darius Vassell berhasil mencatatkan 124 pertandingan dengan kontribusi 22 gol dan 5 assist.

3. Stuart Taylor

6 Pemain yang Dilepas Aston Villa ke Man City sebelum Jack GrealishStuart Taylor (statcity.co.uk)

Selain Peter Schmeichel, Manchester City juga pernah mendatangkan pemain lain yang berposisi sebagai kiper dari Aston Villa dalam diri seorang Stuart Taylor. Sama seperti, Peter Schmeichel, Stuart Taylor juga datang dengan status free transfer pada awal musim 2009/2010.

Kedatangan Stuart taylor kala itu memang diproyeksikan untuk menjadi kiper ketiga bagi The Cityzens. Pada saat itu, Manchester City masih mengandalkan Shay Given dan Joe Hart sebagai kiper utama mereka. Alhasil selama 3 musimnya di Manchester City, Taylor hanya mencatatkan 1 penampilan saja.

Baca Juga: 5 Pemain Aston Villa yang Sukses Setelah Pindah ke Klub Besar

4. Gareth Barry

6 Pemain yang Dilepas Aston Villa ke Man City sebelum Jack GrealishGareth Barry (express.co.uk)

Di waktu yang hampir bersamaan dengan kedatangan Stuart Taylor, Manchester City juga berhasil membajak seorang Gareth Barry dari Aston Villa. Barry didatangakan dengan banderol sebesar 13,9 juta euro atau sekitar Rp235 miliar dan meneken kontrak selama 5 musim.

Penampilan hebatnya bersama Aston Villa dalam 3 musim terakhir memang menjadi alasan Gareth Barry sangat layak untuk pindah ke Manchester City yang saat itu mulai berkembang. Saat membela Manchester City, Barry berhasil tampil hebat dan menjadi andalan skuad.

Dari 5 musim kontraknya, Barry bermain selama 4 musim bagi Manchester City dengan torehan 175 penampilan dengan kontribusi 8 gol dan 18 assist sebagai seorang gelandang bertahan. Di musim kelimanya ia dipinjamkan ke Everton dan akhirnya pindah ke klub tersebut secara gratis.

5. James Milner

6 Pemain yang Dilepas Aston Villa ke Man City sebelum Jack GrealishJames Milner (thisisanfield.com)

Sama seperti Gareth Barry, pembelian James Milner pada tahun 2010 juga didasarkan dengan performa hebatnya bersama Aston Villa. Milner bisa dibilang lebih tajam ketimbang Gareth Barry di Aston Villa sehingga harganya jualnya pun jauh lebih mahal.

Milner dibeli seharga 22 juta euro atau sekitar Rp373 miliar. Uang besar tersebut juga tidak menjadi hal yang sia-sia bagi Manchester City. Pasalnya selama 5 musim berseragam The Sky Blues, Milner dikategorikan sebagai pemain penting bagi tim.

Ia mencatatkan 203 penampilan dengan total 19 gol dan 45 assist untuk Manchester City. Setelah kontraknya selama 5 tahun habis, James Milner akhirnya pindah ke Liverpool dengan status free transfer.

6. Fabian Delph

6 Pemain yang Dilepas Aston Villa ke Man City sebelum Jack GrealishFabian Delph (90min.com)

Fabian Delph diboyong oleh Manchester City dari Aston Villa pada jendela transfer musim panas dengan banderol sebesar 11,5 juta euro atau setara dengan Rp195 miliar. Namun, penampilannya bersama Manchester City tidak sebagus dua nama gelandang sebelumnya.

Walaupun mendapatkan banyak gelar, Fabian Delph lebih sering bermain sebagai pemain cadangan. Ketatnya persaingan di lini tengah jelas menjadi alasan Fabian Delph tersingkir. Akhirnya pada tahun 2019 Fabian Delph dijual ke Everton.

 

Itulah 6 pemain yang dilepas oleh Aston Villa ke Manchester City sebelum Jack Grealish. Pertanyannya, mampukah Jack Grealish tampil bersinar dan bersaing di tengah sesaknya pemain bintang The Cityzens.

Baca Juga: Sultan Bebas, Manchester City Masih Butuh Pemain Mahal

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya