5 Pemain yang Mesti Hengkang dari Southampton pada Musim Panas 2023

Southampton kemungkinan kehilangan banyak pemain

Southampton menjadi tim pertama yang resmi terdegradasi dari English Premier League (EPL) 2022/2023. Kepastian tersebut terjadi setelah Southampton ditaklukan Fulham di kandangnya sendiri dengan skor 0-2. Hal ini merupakan pukulan yang cukup berat bagi pemain dan para penggemar The Saints.

Padahal, jika dilihat dari skuadnya, Southampton memiliki materi pemain yang cukup baik. Banyak dari mereka termasuk pemain berlabel pemain tim nasional. Para pemain ini dinilai layak bermain di klub besar. Namun, konsistensi dan pergantian pelatih yang cukup lama membuat Southampton sulit mengejar ketertinggalan.

Dengan degradasinya Southampton, beberapa pemain dinilai layak untuk pindah dan mendapatkan klub baru. Sebab, masa depan mereka dinilai akan lebih baik jika masih bermain di kasta tertinggi. Untuk mengetahui siapa saja pemain yang layak pindah dari Southampton pada musim panas 2023 nanti, berikut inilah daftar dan ulasannya.

1. Armel Bella-Kotchap

5 Pemain yang Mesti Hengkang dari Southampton pada Musim Panas 2023Armel Bella Kotchap (premierleague.com)

Armel Bella-Kotchap berpotensi menjadi bek hebat layaknya Antonio Ruediger, Mats Hummels, atau Jerome Boateng. Hal itu bisa terlihat dari cara bermainnya di Southampton dan kepercayaan Hansi Flick kepadanya di Timnas Jerman. Ia pun layak menemukan klub baru untuk terus berkembang dan tak kehilangan momentum. Eintracht Frankfurt dan Liverpool dikabarkan ingin menggaetnya.

2. Tino Livramento

5 Pemain yang Mesti Hengkang dari Southampton pada Musim Panas 2023Tino Livramento (premierleague.com)

Cedera memaksa Tino Livramento absen membela Southampton sepanjang musim 2022/2023. Meski begitu, Arsenal dan Chelsea sedang mencoba mendekatinya agar bisa dilepas oleh Southampton. Selain kemampuan yang apik sebagai bek sayap, usianya yang masih muda mendorong Livramento untuk mendapatkan klub baru pada bursa transfer musim panas mendatang.

Baca Juga: 5 Pemain Afrika yang Membela Southampton pada 2022/2023  

3. James Ward-Prowse

5 Pemain yang Mesti Hengkang dari Southampton pada Musim Panas 2023James Ward Prowse (premierleague.com)

James Ward-Prowse menjadi pemain Southampton dengan peminat terbanyak. Hal ini cukup wajar karena Ward-Prowse merupakan tulang punggung Southampton di lini tengah dalam beberapa musim terakhir. Terlebih, ia memiliki tendangan bebas ciamik yang sering menarik perhatian.

Tottenham Hotspur, West Ham United, Liverpool, Manchester United, dan Newcastle United dikabarkan siap memburu tanda tangan kapten The Saints ini. Namun, kendala bisa terjadi jika James Ward-Prowse memilih untuk setia. Sebab, ia sangat setia dengan Southampton dan tak pernah pindah sejak usianya masih 7 tahun.

4. Carlos Alcaraz

5 Pemain yang Mesti Hengkang dari Southampton pada Musim Panas 2023Carlos Alcaraz (twitter.com/SouthamptonFC)

Carlos Alcaraz baru bergabung dengan Southampton dari Racing Club pada pertengahan musim 2022/2023. Meski masih baru, Alcaraz telah menunjukkan kemajuan dan performa yang signifikan bagi The Saints. Jika dilihat secara statistik, maka Alcaraz telah bertengger di urutan ketiga sebagai top scorer Southampton walau baru bermain dalam 16 laga.

Hal tersebut membuat Alcaraz layak mendapatkan klub baru demi perkembangan kariernya. Sebab, ia masih berusia 20 tahun dan memiliki potensi besar untuk terus berkembang. Namun, belum ada kabar yang menyebutkan jika Alcaraz akan hengkang dari St Mary Stadium.

5. Che Adams

5 Pemain yang Mesti Hengkang dari Southampton pada Musim Panas 2023Che Adams (premierleague.com)

Walaupun memiliki empat penyerang, Southampton sangat mengandalkan Che Adams. Memiliki insting sebagai penyerang dan masih berada di usia emas membuat Adams bisa mencetak banyak gol. Dengan terdegradasinya Southampton, ia layak untuk mendapatkan klub baru. Tim-tim seperti Leeds United dan Everton dikabarkan tertarik kepadanya.

Jika melihat ke belakang, maka Southampton sendiri baru kembali ke English Premier League pada musim 2011/2012. Itu artinya, mereka akan kembali lagi ke EFL Championship setelah 11 tahun berpisah. Mungkinkah Southampton cepat kembali ke kasta tertinggi dan menciptakan banyak pemain hebat lainnya?

Baca Juga: 5 Pemain yang Direkrut Southampton dari Tim Akademi Manchester City

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya