5 Pemain yang Pernah Diboyong Real Madrid dari Liverpool

Siapakah yang akan jadi juara Liga Champions tahun ini? 

Laga panas akan tersaji pada laga final Liga Champions Eropa 2021/2022 antara Liverpool dan Real Madrid. Laga ini mempertemukan 2 tim terhebat dari 2 liga top berbeda.

Liverpool akan membawa misi balas dendam dari kekalahan final 2018. Sedangkan, Real Madrid akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengokohkan diri sebagai tim terbaik di Eropa.

Dua tim ini sering kali melakukan jual beli pemain, terutama dari pihak Real Madrid, yang tercatat pernah mendatangkan lima pemain dari Liverpool. Siapa sajakah pemain tersebut dan seperti apa performanya di Real Madrid?

1. Steve McManaman

5 Pemain yang Pernah Diboyong Real Madrid dari LiverpoolSteve McManaman (theanfieldwrap.com)

Pemain sepak bola yang pertama kali pindah dari Liverpool ke Real Madrid adalah Steve McManaman. Pemain yang berposisi asli sebagai winger ini pindah ke Real Madrid setelah bermain selama 9 musim bersama Liverpool.

Saat membela Los Blancos, Manaman punya performa yang cukup baik. Ia sukses mencatatkan 158 pertandingan dengan torehan 14 gol dan 20 assist dalam 5 musim. Ia juga berperan membawa Real Madrid menjadi juara Liga Champions pada 2000 dan 2002.

2. Michael Owen

5 Pemain yang Pernah Diboyong Real Madrid dari LiverpoolMichael Owen (skysports.com)

Sama seperti Steve McManaman, Michael Owen juga merupakan jebolan akademi Liverpool. Saat bermain di tim senior, Owen tampil sangat hebat dan dianggap sebagai pemain bintang sejak muda. Penghargaan Ballon d’Or 2001 jadi bukti kehebatannya.

Menginjak usia 25 tahun, Owen akhirnya hengkang dari Liverpool untuk bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 2004. Sayang, penampilan Owen jadi sangat buruk saat di Spanyol. Ia tak bisa beradaptasi dan memilih untuk pulang ke Inggris setahun kemudian.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Bernama Depan 'Michael', Owen Hingga Ballack

3. Jerzy Dudek

5 Pemain yang Pernah Diboyong Real Madrid dari LiverpoolJerzy Dudek (skysports.com)

Jerzy Dudek merupakan pahlawan Liverpool saat menjadi juara Liga Champions 2005. Kiper asal Polandia tersebut bermain sangat apik selama berseragam Liverpool. Seiring waktu, posisinya tergantikan Pepe Reina, hingga akhirnya pindah ke Real Madrid pada 2007.

Sama seperti tahun-tahun terakhirnya di Liverpool, Dudek juga hanya jadi pemain cadangan saat berseragam Real Madrid. Dudek bermain selama 4 musim di Real Madrid dengan catatan 12 penampilan saja. Ia pensiun di Real Madrid pada akhir musim 2010/2011.

4. Alvaro Arbeloa

5 Pemain yang Pernah Diboyong Real Madrid dari LiverpoolAlvaro Arbeloa (skysports.com)

Sejatinya, Alvaro Arbeloa merupakan pemain jebolan akademi Real Madrid. Namun, ia gagal tampil maksimal saat dipromosikan pada 2006. Arbeloa sempat membela Deportivo La Coruna selama 1 musim dan Liverpool selama 2 musim.

Pada 2009, Real Madrid memutuskan untuk memulangkan Arbeloa dari Liverpool. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini tampil cukup baik di kesempatan keduanya berseragam Real Madrid. Arbeloa sukses mencatatkan 238 penampilan dengan kontribusi 6 gol dan 15 assist dalam 7 musim.

5. Xabi Alonso

5 Pemain yang Pernah Diboyong Real Madrid dari LiverpoolXabi Alonso (skysports.com)

Tepat 9 hari setelah mendatangkan Alvaro Arbeloa, Real Madrid kembali membajak seorang pemain berkualitas dari Liverpool. Ia adalah Xabi Alonso, gelandang bertahan legendaris yang sangat bersinar di tiap tim yang ia bela.

Alonso menghabiskan 6 musim untuk membela Real Madrid, sebelum bergabung dengan Bayern Munich pada 2014. Gelandang asal Spanyol ini sukses mencatatkan 236 pertandingan dengan kontribusi 6 gol dan 31 assist dalam kurun waktu tersebut.

Pemain-pemain di atas merupakan deretan pemain berkualitas. Hal tersebut bisa jadi salah satu indikator kualitas para pemain yang akan bertempur di final Liga Champions yang dilaksanakan pada Minggu (29/5/2022) pukul 02.00 WIB.

Baca Juga: 5 Pemain yang Digaet Liverpool bareng Xabi Alonso, Bagaimana Nasibnya?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya