5 Penjualan Termahal Klub Serie A pada Transfer Musim Panas 2022  

Didominasi nama-nama pemain bertahan

Transfer musim panas 2022 berjalan seru di berbagai liga top Eropa. Hal tersebut juga berlaku di Serie A Italia yang terhitung melakukan 280 pembelian pemain baru dan peminjaman pemain, baik sesama tim Serie A maupun non-Italia.

Namun, jika dibandingkan dengan penjualan pemain atau meminjamkan pemain, proses pelespasan yang dilakukan oleh tim-tim Serie A ini dua kali lipat lebih banyak dari proses perekrutan. Total ada 493 pemain yang terjual maupun dipinjamkan oleh tim-tim Serie A.

Berikut penulis telah merangkum kelima penjualan termahal yang berhasil dilakukan oleh tim Serie A pada bursa transfer musim panas 2022.

1. Matthijs de Ligt 

5 Penjualan Termahal Klub Serie A pada Transfer Musim Panas 2022  Matthijs de Ligt (mobile.twitter.com/mdeligt_04)

Penjualan termahal klub Serie A pada bursa transfer musim panas 2022 dipegang oleh Juventus. Tepatnya pada, Selasa (19/7/2022), Juventus menjual Matthijs de Ligt ke Bayern Munich dengan banderol sebesar 67 juta euro (Rp1,02 miliar).

Penjualan De Ligt ke Bayern Munich bisa disebut sebagai kerugian besar bagi Juventus. Pasalnya, De Ligt merupakan sosok bek tangguh yang memiliki prospek jangka panjang. Selain itu, penurunan harga beli ke harga jual yang terjadi pada transfer De Ligt juga menjadi salah satu faktor kerugian Juventus.

2. Cristian Romero

5 Penjualan Termahal Klub Serie A pada Transfer Musim Panas 2022  Cristian Romero (premierleague.com)

Setelah dipinjamkan selama semusim pada 2021/2022, Cristian Romero akhirnya resmi dijual ke Tottenham Hotspur pada pekan terakhir bursa transfer musim panas 2022. Bek asal Argentina ini ditebus dengan banderol 50 juta euro (Rp745 miliar).

Kepergian Romero merupakan kehilangan besar bagi Atalanta Bergamo. Namun, tim berjuluk La Dea ini telah mempersiapkannya sejak musim lalu. Dipermanenkannya Merih Demiral dari Juventus serta perekrutan Caleb Okoli dari Cremonese jadi bukti jika mereka telah siap kehilangan Romero.

Baca Juga: 5 Transfer Pemain Juventus dan Torino Sebelum Gleison Bremer

3. Gleison Bremer

5 Penjualan Termahal Klub Serie A pada Transfer Musim Panas 2022  Gleison Bremer (juventus.com)

Kehilangan sosok beberapa bek tengah, termasuk Matthijs de Ligt, Giorgio Chiellini, dan Merih Demiral membuat Juventus bergerak cepat mencari pengganti. Gleison Bremer akhirnya didatangkan dari Torino dengan harga 41 juta euro (Rp626 miliar) pada, Rabu (20/7/2022).

Bagi Torino, kepergian Bremer memberikan pengaruh postif dan negatif. Kehilangan Bremer membuat keseimbangan tim Torino agak sedikit terganggu karena peran besarnya di dalam tim.

Sedangkan sisi positifnya, uang penjualan Bremer jadi modal besar bagi Torino mendatangkan pemain-pemain baru. Per Schuurs, Samule Ricci, Nikola Vlasic, dan Aleksey Miranchuk sukses didatangkan dari uang hasil penjualan Bremer.

4. Federico Chiesa

5 Penjualan Termahal Klub Serie A pada Transfer Musim Panas 2022  Federico Chiesa (juventus.com)

Sama seperti Cristian Romero, bursa transfer musim panas 2022 menjadi waktu bagi Federico Chiesa akhirnya dipermanenkan oleh Juventus. Klub berjuluk Si Nyonya Tua ini menebus Chiesa dari Fiorentina dengan biaya sebesar 40 juta euro (Rp621 miliar).

Penampilan apik yang Chiesa tunjukan selama dua musim menjadi pemain pinjaman di Juventus menjadi alasan statusnya dipermanenkan. Dengan masa peminjaman yang telah berjalan sejak dua musim lalu, Fiorentina jelas sudah bersiap untuk kehilangan sosok putra dari legenda Italia, Enrico Chiesa, tersebut.

5. Kalidou Koulibaly

5 Penjualan Termahal Klub Serie A pada Transfer Musim Panas 2022  Kalidou Koulibaly (chelseafc.com)

Napoli melakukan perubahan besar-besaran di skuad mereka pada bursa transfer musim panas 2022. Pemain-pemain senior seperti, Lorenzo Insigne dan Dries Mertens hengkang dari tim.

Termasuk juga Kalidou Koulibaly yang dijual ke Chelsea dengan banderol sebesar 38 juta euro (Rp566 miliar). Kepergian Koulibaly jelas merupakan kehilangan besar bagi Napoli. Namun, mereka telah mendapatkan sosok Kim Min Jae untuk mengganti posisi yang lowong.

Serie A cukup banyak menjual pemainnya ke luar liga pada bursa transfer musim panas 2022. Hebatnya, nama-nama seperti Gianluca Scamacca, Fabian Ruiz, dan Nahuel Molina juga sukses dilepas dengan banderol harga sangat mahal.

Baca Juga: 11 Fakta Kim Min Jae, Suksesor Kalidou Koulibaly di Napoli

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya