Comscore Tracker

5 Peraih Gelar Pemain Terbaik di 5 Edisi Terakhir Copa America 

Terbaik dari yang terbaik!

Copa America 2021 telah mencapai babak final. Brazil dan Argentina dipastikan akan bertemu di partai puncak setelah mereka berhasil menghempaskan lawan-lawannya di babak semi final.

Berbeda dengan Piala Eropa 2020 yang memiliki banyak kejutan, Copa America justru tampil lebih stabil dengan hasil yang lebih mudah untuk diprediksi. Selain juara, Copa America juga memiliki beberapa penghargaan individu yang diberikan kepada pemain terbaik, top skorer dan juga kiper terbaik.

Lantas siapa sajakah pemenang penghargaan pemain terbaik Copa America dalam 5 edisi terakhir? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!  

1. Robinho (Copa America 2007)

5 Peraih Gelar Pemain Terbaik di 5 Edisi Terakhir Copa America Robinho (yscpl.net)

Copa America tahun 2007 menjadi milik timnas Brazil. Kala itu, Selecao yang diisi mayoritas pemain muda berhasil mengalahkan Argentina dengan skor 3-0 di babak final. Salah satu yang menjadi bintang timnas Brazil di turnamen tersebut ialah Robson de Souza atau yang biasa dikenal dengan nama Robinho.

Di turnamen ini, Robinho berhasil mengemas 6 gol dan 1 assist yang membawanya menjadi peraih gelar top skorer. Selain berhasil membawa Brazil menjadi juara dan meraih gelar topskorer, berkat penampilan hebatnya tersebut, Robinho juga dinobatkan sebagai peraih penghargaan pemain terbaik di Copa America 2007.

2. Luis Suarez (Copa America 2011)

5 Peraih Gelar Pemain Terbaik di 5 Edisi Terakhir Copa America Luis Suarez (en.as.com)

Perlu diakui jika Luis Suarez merupakan dalang dari keberhasilan Uruguay meraih gelar juara Copa America di tahun 2011. Suarez yang kala itu masih berstatus sebagai pemain Liverpool berhasil mencatatkan 4 gol dan 2 assists dari seluruh pertandingan yang dimainkan Uruguay.

Di Copa America 2011, kombinasinya bersama Edinson Cavani dan Diego Forlan di lini serang Uruguay memang sangatlah menakutkan. Catatan 2 kali man of the match kala Uruguay menghadapi Peru di semi final dan menghadapi Paraguay di final adalah faktor terkuat Ia dijadikan sebagai pemain terbaik.

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Bersinar di Babak Semifinal Copa America 2021

3. Lionel Messi (Copa America 2015)

5 Peraih Gelar Pemain Terbaik di 5 Edisi Terakhir Copa America Lionel Messi (eurosport.com)

Walaupun gagal membawa Argentina menjadi juara, namun gelar pemain terbaik Copa America 2015 berhasil menjadi milik Lionel Messi. Argentina yang kala itu menjadi runner-up memang sangat bergantung kepada permainan sang mega bintang.

Namun kemenangan Messi kala itu dianggap tak pantas. Pasalnya beberapa pihak menganggap jika Eduardo Vargas dari Chile lebih pantas untuk menerima penghargaan tersebut.

Karena Eduardo Vargas berhasil membawa Chile menjadi juara dan juga berhasil menjadi top skor di turnamen tersebut dengan torehan 4 gol. Walaupun begitu, gelar pemain terbaik Copa America 2015 tetap dinobatkan kepada Lionel Messi dengan segala macam pertimbangan.

4. Alexis Sanchez (Copa America 2016)

5 Peraih Gelar Pemain Terbaik di 5 Edisi Terakhir Copa America Alexis Sanchez (mirror.co.uk)

Setahun setelah menjuarai Copa America 2015, Chile lagi-lagi berhasil merengkuh gelar keduanya di ajang Copa America 2016. Dan kali ini, Alexis Sanchez berhasil dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen. Tidak heran memang karena Alexis saat itu merupakan pemain kunci dari timnas Chile.

Alexis bermain di seluruh laga yang Chile mainkan di Copa America 2016 dan berhasil berkontribusi dalam  3 gol serta 3 assists. Sepanjang turnamen, Alexis Sanchez 2 kali dinobatkan sebagai man of the match. Hal inilah yang menjadi alasan Alexis Sanchez pantas untuk dinobatkam sebagai pemain terbaik di akhir turnamen.

5. Dani Alves (Copa America 2019)

5 Peraih Gelar Pemain Terbaik di 5 Edisi Terakhir Copa America Dani Alves (dhakatribune.com)

Di umurnya yang telah menginjak 36 tahun, Dani Alves berhasil mempersembahkan gelar juara Copa America 2019 untuk Brazil, sekaligus menjadikannya sebagai pemain terbaik turnamen. Dani Alves menjadi satu-satunya bek yang berhasil memenangkan gelar pemain terbaik Copa America dalam 5 edisi terakhir.

Sepanjang turnamen Ia berhasil membuat pertahanan yang kokoh bagi timnas Brazil. Karena faktanya, Brazil hanya kebobolan 1 gol saja selama Copa America 2019. Kontribusinya dalam bertahan dan juga transisi menyerang membuat Alves terlihat sangat bersinar di turnamen ini

Itulah 5 pemain yang menjadi peraih penghargaan pemain terbaik Copa America dalam 5 edisi terakhir. Dengan jadwal yang terkadang tak menentu membuat Copa America terlihat lebih sering diadakan ketimbang Piala Eropa. Tetapi apakah keseruan Copa America sudah setara dengan Piala Eropa?

Baca Juga: Messi, Pemain Tanpa Klub yang Guncangkan Copa America 2021

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya