5 Pesepak Bola Top yang Pernah Membela 1860 Munich Sedekade Terakhir

Munich yang terlupakan!

Jika menyebut nama kota Munich, salah satu kata yang terlintas di benak penggemar sepak bola pasti Bayern Munich. Maklum saja karena Bayern Munich merupakan klub tersukses di Bundesliga Jerman dan telah dianggap sebagai representasi negara Jerman.

Mungkin banyak penggemar sepak bola yang lupa bahwa Bayern Munich pernah memiliki rival sekota bernama TSV 1860 Munich. Jika dibandingkan dengan Bayern Munich, klub Die Lowen ini justru lebih tua.

Akan tetapi, sudah lama sekali mereka meninggalkan kasta tertinggi Bundesliga. Hal inilah yang membuat banyak penggemar sepak bola akhirnya lupa akan keberadaan klub ini. Padahal, beberapa pemain hebat tercatat pernah membela TSV 1860 Munich, setidaknya dalam kurun waktu sedekade terakhir. Berikut kami sajikan ulasan 5 di antaranya!

1. Kevin Volland

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Membela 1860 Munich Sedekade TerakhirKevin Volland (skysports.com)

Nama yang pertama ialah Kevin Volland, striker berkebangsaan Jerman yang saat ini membela AS Monaco. Karier Kevin Volland cukup tersohor ketika ia berhasil tampil gemilang bersama Hoffenheim dan Bayer Leverkusen karena banyaknya gol yang ia cetak.

Jauh sebelumnya, Volland pernah menjadi mesin gol dari TSV 1860 Munich. Volland merupakan produk akademi TSV 1860 Munich dari 2007 hingga akhirnya promosi pada 2010. Akan tetapi, ia hanya bertahan selama dua musim di tim senior.

Hoffenheim yang saat itu berada di kasta tertinggi telah meminatinya. Dari dua musimnya di TSV 1860 Munich, Kevin Volland mampu mencatat 20 gol dan 16 assists dari 60 pertandingan selama musim 2010/2011 dan 2011/2012.

2. Yuya Osako

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Membela 1860 Munich Sedekade TerakhirYuya Osako (skysports.com)

Yuya Osako merupakan salah satu striker berkebangsaan Jepang yang cukup lama malang melintang di Bundesliga. TSV 1860 Munich merupakan tim pertama sekaligus tim yang berjasa membawa bakat Osako ke tanah Jerman.

Saat itu Osako dibeli dari Kashima Antler pada jendela transfer musim dingin 2014. Performanya yang cukup menjanjikan di Munich membuat Osako langsung diminati oleh FC Koln yang berada di kasta tertinggi 6 bulan kemudian. Ia tercatat bermain 15 kali dengan koleksi 6 gol dan 3 assists untuk Die Lowen.

Baca Juga: 8 Pemain Jepang yang Merumput di Bundesliga pada 2021/2022

3. Julian Weigl

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Membela 1860 Munich Sedekade TerakhirJulian Weigl (skysports.com)

Julian Weigl pernah disebut-sebut sebagai gelandang masa depan Timnas Jerman karena permainan hebatnya selama membela Borussia Dortmund. Ia diminati banyak tim besar Eropa. Akan tetapi, ia lebih memilih untuk melanjutkan karier di Portugal bersama Benfica.

Kendati demikian, performa Weigl masih sama bagusnya seperti ketika ia membela Borussia Dortmund. Mungkin banyak yang mengira bahwa Weigl merupakan produk akademi Dortmund. Ia merupakan produk akademi TSV 1860 Munich dari 2010 hingga promosi pada 2014. Weigl berada di tim utama selama 1,5 musim dan tampil cemerlang dengan mencatatkan 40 penampilan dan 1 assist.

4. Florian Neuhaus

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Membela 1860 Munich Sedekade TerakhirFlorian Neuhaus (bundesliga.com)

Sama seperti Kevin Volland dan Julian Weigl, gelandang serang andalan Borussia Monchengladbach, Florian Neuhaus, juga pernah berada di tim akademi TSV 1860 Munich. Neuhaus tercatat berada 4 tahun di tim akademi sebelum promosi ke tim utama pada 2016.

Florian Neuhaus sudah sangat potensial di usianya yang masih muda. Kendati hanya bermain dalam 15 laga, bakat Neuhaus telah tercium pemandu bakat Gladbach. Oleh karena itu, ia akhirnya diboyong oleh Borussia Monchengladbach pada 2017.

5. Ivica Olic

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Membela 1860 Munich Sedekade TerakhirIvica Olic (skysports.com)

Ivica Olic merupakan salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Timnas Kroasia. Selama kariernya sebagai pesepak bola profesional, Olic pernah membela banyak tim besar Bundesliga, seperti Bayern Munich, Hamburg SV, VfL Wolfsburg, dan Hertha Berlin.

Menjelang akhir kariernya sebagai pesepak bola, Olic memutuskan untuk bergabung dengan TSV 1860 Munich yang saat itu berada di kasta kedua. Masa tersebut terjadi pada musim 2016/2017. Olic hanya mampu mencetak 5 gol serta 4 assists dari 30 pertandingan dan tak mampu menghindarkan Die Lowen dari zona degradasi. Setelalh musim tersebut berakhir, Olic akhirnya pensiun sebagai pesepak bola profesional.

 

Saat ini TSV 1860 Munich masih berada di kasta ketiga Liga Jerman. Mereka juga sempat terdegradasi ke kasta keempat pada musim 2017/2018. Semoga saja mereka dapat kembali ke kasta tertinggi seperti terakhir kali mereka merasakannya pada musim 2003/2004.

Baca Juga: 5 Catatan Saat Villarreal Singkirkan Bayern Munich di Liga Champions

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya