8 Pesepak Bola Aktif yang Terpilih Menjadi Duta UNICEF

Pesepak bola dengan jiwa sosial tinggi

United Nations Children Emergency Fund atau yang biasa dikenal dengan nama UNICEF merupakan lembaga besar di bawah naungan PBB yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak-anak di seluruh dunia. Dalam kegiatannya, UNICEF berfokus untuk menyejahterakan anak-anak dengan berbagai program yang dijalankan.

Cara yang dilakukan UNICEF untuk mempromosikan programnya ialah dengan mengajak publik figur sebagai ambassador. Selain artis, aktivis dan pesohor-pesohor dunia, UNICEF juga sering menunjuk atlet-atlet olahraga sebagai ambassador mereka.

Termasuk atlet di sepak bola yang dikenal sebagai olahraga dengan peminat terbanyak di dunia. Saat ini setidaknya terdapat delapan pesepak bola aktif dunia yang telah terpilih sebagai duta UNICEF. Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Lionel Messi

8 Pesepak Bola Aktif yang Terpilih Menjadi Duta UNICEFLionel Messi (eurosport.com)

Memiliki reputasi sebagai pesepak bola terbaik dunia saat ini menjadi alasan Lionel Messi ditunjuk sebagai salah satu duta UNICEF. Sejak Maret 2010 Messi ditugaskan untuk menjadi duta UNICEF di negaranya, Argentina.

Seiring waktu berjalan, pada tahun 2012 Messi akhirnya ditunjuk sebagai international ambassador and advocates. Tingkatan ini, belum tentu dimiliki oleh duta UNICEF lainnya.

Tercatat hanya Lionel Messi, Serena Williams, Novak Djokovic dan David Beckham sajalah, atlet yang memiliki peran sebagai international ambassador and advocates dari UNICEF. 

2. Edin Dzeko

8 Pesepak Bola Aktif yang Terpilih Menjadi Duta UNICEFEdin Dzeko (thesefootballtimes.co)

Kepopuleran Edin Dzeko di Bosnia Herzegovina menjadikan UNICEF akhirnya menunjuk penyerang AS Roma ini sebagai ambassadornya. Dzeko yang ditunjuk sejak November 2009, merupakan satu-satunya duta UNICEF di negara Bosnia Herzegovina.

Dari perannya sebagai seorang duta UNICEF, Edin Dzeko sangat berharap agar anak-anak dunia tidak memiliki nasib yang sama seperti dirinya semasa masih kecil. Pasalnya Edin Dzeko dibesarkan di masa perang Bosnia berkecamuk.

Edin Dzeko juga berharap kehadirannya sebagai duta UNICEF bisa mendorong masyarakat dunia agar bisa membantu anak-anak hidup sejahtera dan bahagia.

3. Mats Hummels

8 Pesepak Bola Aktif yang Terpilih Menjadi Duta UNICEFMats Hummels (goal.com)

Sepak bola merupakan salah satu olahraga dengan peminat terbanyak di negara Jerman. Hal inilah yang menjadi alasan, akhirnya UNICEF memilih seorang Mats Hummels sebagai duta mereka pada Februari 2017.

Mats Hummels dianggap sebagai salah satu sosok yang ideal untuk menjadi representasi UNICEF di Jerman. Pasalnya Mats Hummels merupakan pesepak bola yang memiliki reputasi baik dan jarang terlibat dalam konflik serta isu negatif yang bisa memperburuk citra brand yang menjadi kliennya.

4. Makoto Hasebe

8 Pesepak Bola Aktif yang Terpilih Menjadi Duta UNICEFMakoto Hasebe (scroll.in)

Makoto Hasebe merupakan pesepak bola yang sangat layak diikuti profilnya. Makoto Hasebe dikenal sebagai seorang pemimpin yang pekerja keras, rendah hati dan bijaksana. Hal inilah yang menjadi alasan Hasebe banyak disukai publik sepak bola Jerman dan juga negaranya, Jepang.

Pada tahun 2016, Makoto Hasebe ditunjuk sebagai satu-satunya duta UNICEF yang bertanggung jawab di wilayah Jepang. Selain karena profilnya yang menjadikan Ia pantas disebut sebagai panutan, Hasebe juga dikenal sebagai pribadi yang dekat dan peduli pada anak-anak.

Bahkan pemain yang saat ini berstatus sebagai kapten Eintracht Frankfurt ini telah memiliki sebuah yayasan yang berfokus dalam pengembangan bakat pesepak bola di usia muda.

Baca Juga: 10 Potret Makoto Hasebe, Pesepak Bola Jepang yang Menjadi Panutan

5. Sergio Ramos

8 Pesepak Bola Aktif yang Terpilih Menjadi Duta UNICEFSergio Ramos (marca.com)

Walaupun tampak garang di lapangan, namun faktanya Sergio Ramos merupakan pesepak bola yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Popularitasnya sebagai pemain Real Madrid dan Spanyol, membuat UNICEF akhirnya menunjuk Ramos sebagai salah satu dutanya pada Juni 2014.

Dalam sebuah program, Sergio Ramos pernah diberitakan berkolaborasi dengan UNICEF dalam menyumbangkan sejumlah alat kesehatan guna mencegah pandemik corona di Spanyol. Selain aktif di negaranya, Sergio Ramos juga pernah diberitakan melakukan aksi amalnya di Kuba, Peru, Senegal dan Brasil.

6. Robert Lewandowski

8 Pesepak Bola Aktif yang Terpilih Menjadi Duta UNICEFRobert Lewandowski (skysports.com)

Robert Lewandowski telah dikenal lama sebagai seorang penyerang yang tajam dan haus gol. Selain hebat di sepak bola, faktanya Lewandowski merupakan seorang yang dermawan. Lewandowski sering diberitakan menyumbangkan uangnya bagi beberapa lembaga amal yang diperuntukkan untuk anak-anak, terutama di Polandia.

Lewandowski yang ditunjuk sebagai duta UNICEF sejak tahun 2014 ini memang rutin melakukan galang dana setiap tahunnya. Bahkan di awal pandemi, Lewandowski sempat diberitakan menyumbang 1 juta euro untuk keperluan penanganan corona.

7. Javier 'Chicarito' Hernandez 

8 Pesepak Bola Aktif yang Terpilih Menjadi Duta UNICEFJavier Hernandez (goal.com)

Javier Hernandez atau yang biasa dikenal dengan nama Chicarito merupakan satu-satunya atlet yang ditunjuk sebagai duta UNICEF di Mexico. Saat masih berseragam Manchester United di tahun 2012, Chicarito secara resmi ditunjuk sebagai ambassador dan beberapa kali ikut dalam acara amal yang diadakan UNICEF.

Popularitas Chicarito sebagai pemain muda berbakat saat itu diakui sebagai salah satu faktor Ia ditunjuk oleh UNICEF. Selain dari itu, Chicarito memang memiliki harapan besar untuk bisa memajukan negaranya melalui pendidikan anak-anak.

8. Henrikh Mkhitaryan

8 Pesepak Bola Aktif yang Terpilih Menjadi Duta UNICEFHenrikh Mkhitaryan (football.london)

Nama yang terakhir ialah gelandang AS Roma asal Armenia, Henrikh Mkhitaryan. Di dunia sepak bola Armenia, Henrikh Mkhitaryan dikenal sebagai pemain hebat yang berhasil menembus tim besar Eropa.

Kebesaran dan kepopuleran namanya, menjadi alasan Henrikh Mkhitaryan ditunjuk sebagai satu-satunya duta UNICEF untuk negara Armenia sejak November 2016. Di tengah-tengah konflik perang di negaranya, peran Mkhitaryan sebagai penggerak UNICEF memang sangat krusial.

Pasalnya dengan kehadiran dan promosi yang dilakukan Mkhitaryan, publik Armenia bisa juga memikirkan dampak lain dari perang bagi kesejahteraan anak-anak.

Kepopuleran sepak bola sebagai olahraga menjadi pendorong berbagai instansi dan perusahaan, termasuk UNICEF untuk menunjuk pesepak bola sebagai brand ambassador mereka.

Selain nama-nama tersebut, mantan pesepak bola dunia seperti David Beckham, Ivan Zamorano, Slaven Bilic, Bernard Lama, Antonio Valencia, dan Fransesco Totti juga masih menjabat sebagai duta dari UNICEF.

Baca Juga: Ditukar dengan Alexis Sanchez, Inilah 7 Fakta Unik Henrikh Mkhitaryan

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya