5 Pesepak Bola Top Asal Italia yang Pensiun di Liga Asia

Didominasi skuad Piala Dunia 2006

Sudah tak diragukan lagi Italia merupakan salah satu kekuatan besar di dunia sepak bola. Negara yang sering dijuluki sebagai Negeri Pizza ini punya ribuan bakat hebat di sepak bola yang hadir di banyak generasi.

Tak hanya berkarier di Italia atau Liga Eropa, pemain asal Italia juga kerap berkelana ke luar benua dan salah satu tujuannya ialah Benua Asia. Beberapa dari mereka bahkan memutuskan untuk pensiun di liga-liga yang ada di benua Asia. Berikut kami rangkum daftar lima pemain top Italia yang memutuskan untuk pensiun di Liga Asia.

1. Roberto Donadoni

5 Pesepak Bola Top Asal Italia yang Pensiun di Liga AsiaRoberto Donadoni (skysports.com)

Legenda Italia pertama yang pensiun di Liga Asia ialah Roberto Donadoni. Semasa masih berkarier di Eropa, Donadoni menghabiskan belasan tahun untuk jadi pemain andalan AC Milan. Ia sukses membawa I Rossoneri jadi juara Champions League sebanyak tiga kali.

Pada tahun 1999, Donadoni memutuskan untuk pergi ke Asia dengan bergabung bersama klub Arab Saudi, Al-Ittihad. Donadoni hanya mencatatkan 11 penampilan bersama Al-Ittihad sebelum pensiun pada akhir musim 1999/2000.

2. Alessandro Del Piero

5 Pesepak Bola Top Asal Italia yang Pensiun di Liga AsiaAlessandro Del Piero (skysports.com)

Alessandro Del Piero punya nama yang sangat besar di Juventus. Penyerang yang sukses membawa Italia jadi juara Piala Dunia 2006 ini bermain selama 19 tahun untuk Si Nyonya Tua.

Kepergiannya pada tahun 2012 juga jadi perpisahan yang sulit diterima oleh Juventini. Setelah sempat bermain bersama Sydney FC di A League, Del Piero memutuskan untuk merapat ke Delhi Dynamos di India Super League.

Sayangnya, Del Piero hanya bertahan selama setengah musim di tim asal India tersebut. Dalam kurun waktu tersebut, Del Piero mencatatkan 10 penampilan dengan torehan 1 gol. Ia pun pensiun bersama Delhi Dynamos pada akhir musim 2013/2014.

Baca Juga: Hebat! Lucas Moura Samai Torehan Ronaldo & Del Piero di Liga Champions

3. Fabio Cannavaro

5 Pesepak Bola Top Asal Italia yang Pensiun di Liga Asiaemirates247.com

Kapten Timnas Italia pada Piala Dunia 2006, Fabio Cannavaro juga pensiun di India Super League. Cannavaro pernah membela dua tim berbeda di Asia, yakni Al-Ahli di Uni Emirat Arab dan Bengal Tuskers di India yang jadi tim profesional terakhirnya di sepak bola.

Ia pensiun setelah bermain satu bulan untuk Bengal Tuskers, terhitung dari Februari 2012 hingga Maret 2012. Selama masih aktif bermain, Cannavaro terkenal sebagai bek tangguh. Ia jadi salah satu bek yanhg sukses meraih gelar Ballon d’Or, tepatnya pada tahun 2006.

4. Alessandro Nesta

5 Pesepak Bola Top Asal Italia yang Pensiun di Liga AsiaAlessandro Nesta (skysports.com)

Pemain yang jadi tandem Fabio Cannavaro di Piala Dunia 2006, Alessandro Nesta, juga pensiun di India Super League. Nesta pensiun bersama klub Chennaiyin FC setelah bermain di klub tersebut selama dua bulan hingga Januari 2015.

Nesta terkenal sebagai bek tangguh saat masih dalam masa emasnya kala berseragam Lazio dan AC Milan. Selama berkarier di Eropa, Nesta pernah 2 kali jadi juara Champions League dan 3 kali jadi jaura Serie A Italia.

5. Marco Materazzi

5 Pesepak Bola Top Asal Italia yang Pensiun di Liga Asiagualdonews.it

Sama seperti tiga nama sebelumnya, Marco Materazzi juga pensiun di India Super League. Ia pensiun di klub yang sama dengan Nesta, yakni Chennaiyin FC pada Januari 2016. Materazzi sempat bermain di klub tersebut selama empat bulan.

Sebelum pindah ke Asia, Materazzi lama bermain utnuk Inter Milan. Di klub tersebutlah ia mencapai masa terbaiknya. Gelar juara Champions League 2010, 5 kali gelar juara Serie A, dan 4 Copa Italia jadi catatannya selama di Italia. Materazzi juga jadi sosok penting kala Italia juara Piala Dunia 2006.

 

Pensiun di liga Asia menjadi pilihan bagi beberapa pemain top yang menua. Faktor mendapatkan menit bermain lebih banyak dan gaji yang lebih tinggi terkadang jadi daya tarik bagi para pemain ini.

Baca Juga: 5 Pemain Top Lulusan Akademi SS Lazio, Materazzi Hingga Nesta

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya