5 Pesepak Bola Top Aktif Prancis yang Memiliki Keturunan RD Kongo

Kimpembe, Nkunku, hingga Mukiele

Latar belakang sejarah menjadi salah satu faktor banyaknya imigran asal Afrika yang pindah ke negara Prancis. Pada masa kolonialisme, Prancis jadi salah satu negara yang banyak menjajah negara di Afrika.

Seiring waktu, para imigran ini memilih untuk menetap dan hidup di Prancis. Salah satunya ialah imigran dari Zaire atau yang saat ini dikenal dengan nama Republik Demokratik Kongo.

Banyak pesepak bola keturunan Republik Demokratik Kongo yang jadi pemain bintang di Prancis. Beberapa di antaranya bahkan memilih untuk membela Timnas Prancis. Berikut ini kami rangkum lima pemain top aktif Prancis yang memiliki keturunan Republik Demokratik Kongo.

1. Presnel Kimpembe

5 Pesepak Bola Top Aktif Prancis yang Memiliki Keturunan RD KongoPresnel Kimpembe (skysports.com)

Nama yang pertama adalah bek andalan Paris Saint-Germain yang jadi bagian dari Timnas Prancis saat jadi juara Piala Dunia 2018, Presnel Kimpembe. Pria berusia 25 tahun ini lahir dan besar di kota Beaumount-ser-Olse.

Seluruh kariernya ia habiskan bersama Paris Saint-Germain hingga saat ini. Keluarga Kimpembe merupakan imigran dari dua negara berbeda. Ayahnya diketahui berasal dari Republik Demokratik Kongo, sedangkan sang ibu berasal dari Haiti.

2. Christoper Nkunku

5 Pesepak Bola Top Aktif Prancis yang Memiliki Keturunan RD KongoChristoper Nkunku (bundesliga.com)

Pesepak bola Prancis yang saat ini sedang banyak dibicarakan, Christopher Nkunku, juga punya darah Kongo dalam dirinya. Garis keturunan tersebut ia miliki dari kedua orang tuanya yang berasal dari negara yang dulunya bernama Zaire ini

Pemain yang kini bermain untuk RB Leipzig ini pernah ditawari untuk membela Timnas RD Kongo. Namun, dirinya menolak karena ia lebih memilih untuk membela Timnas Prancis sebagai tanah kelahirannya.

Baca Juga: 5 Klub Berpotensi Jadi Tujuan Christopher Nkunku untuk 2022/2023

3. Tanguy Ndombele

5 Pesepak Bola Top Aktif Prancis yang Memiliki Keturunan RD KongoTanguy Ndombele (skysports.com)

Nama selanjutnya ialah Tanguy Ndombele, gelandang yang pada musim ini dipinjamkan ke Olympique Lyon dari Tottenham Hotspur. Kedua orang tua Ndombele lahir dan besar di RD Kongo sebelum pindah ke Prancis.

Ndombele lahir setelah kedua orang tuanya pindah ke Prancis, tepatnya di kota Longjumeau. Hingga pertengahan Juni 2022, Ndombele telah mencatatkan 7 caps untuk Timnas Prancis. Hal tersebut menutup kemungkinan Ndombele untuk membela tanah kelahiran leluhurnya.

4. Steve Mandanda

5 Pesepak Bola Top Aktif Prancis yang Memiliki Keturunan RD KongoSteve Mandanda (skysports.com)

Tak hanya memiliki darah RD Kongo, Steve Mandanda juga lahir di negara tersebut. Kiper veteran yang jadi kapten Marseille ini lahir di kota Kinshasa pada saat RD Kongo masih bernama Zaire.

Namun, ia beserta keluarganya akhirnya pindah ke Prancis saat usia Mandanda menginjak 2 tahun. Seiring dengan karier sepak bolanya yang terbangun di Prancis, Mandanda pun akhirnya memilih untuk membela Tim berlogo ayam jantan tersebut.

5. Nordi Mukiele

5 Pesepak Bola Top Aktif Prancis yang Memiliki Keturunan RD KongoNordi Mukiele (skysports.com)

Rekan setim Christopher Nkunku di RB Leipzig, Nordi Mukiele, juga memiliki darah RD Kongo. Sama seperti Christophern Nkunku, kedua orang tua Mukiele juga berasal dari RD Kongo yang kemudian pindah ke Prancis.

Mukiele lahir di kota Montreuil, Prancis pada tahun 1997. Saat ini, Mukiele telah mencatatkan 1 caps untuk Timnas Prancis senior. Ia masih berpeluang untuk membela RD Kongo jika tak dapat penampilan lagi di Timnas Prancis.

 

Selain kelima nama tersebut masih ada beberapa nama pemain Prancis populer lain yang juga punya garis keturunan RD Kongo. Pierre Kalulu, Jonathan Ikone, dan Benoit Badiashile adalah beberapa nama lainnya.

Baca Juga: 10 Potret Nordi Mukiele, Bek Prancis Incaran Manchester United

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya