Comscore Tracker

6 Pesepak Bola Kroasia yang Merumput di Bundesliga musim 2021/2022

Negara terbaik dalam urusan sepak bola dari tanah Yugoslavia

Di antara negara pecahan Yugoslavia lain, pesepak bola asal Kroasia memang lebih unggul secara kualitas. Dianugerahi sebagai debutan Piala Dunia terbaik sepanjang masa karena keberhasilannya menjadi juara 3 di Piala Dunia 1998 dan menjadi finalis di 2018, merupakan beberapa bukti nyata.

Sehingga tak heran jika pemain asal Kroasia cukup diminati oleh tim-tim yang berlaga di liga top Eropa, termasuk Bundesliga Jerman. Pada musim 2021/2022, setidaknya terdapat 6 pemain berkebangsaan Kroasia yang merumput di Bundesliga. Siapa sajakah mereka? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Andrej Kramaric

6 Pesepak Bola Kroasia yang Merumput di Bundesliga musim 2021/2022Andrej Kramaric (bundesliga.com)

Pesepak bola asal Kroasia tertua dan paling senior di Bundesliga musim ini ialah Andrej Kramaric. Striker berumur 30 tahun ini pertama kali datang ke Bundesliga untuk membela Hoffenheim pada bulan Januari 2016 dengan status pinjaman dari Leicester City.

Berkat penampilannya yang memuaskan, Kramaric akhirnya dipermanenkan 6 bulan kemudian. Sejak menjalani musim penuhnya di 2016/2017, Kramaric selalu berhasil mencetak lebih dari 10 gol setiap musimnya. Hingga kini, total 84 gol dan 40 assists berhasil ia sumbangkan untuk Hoffenheim di Bundesliga.

2. Borna Sosa

6 Pesepak Bola Kroasia yang Merumput di Bundesliga musim 2021/2022Borna Sosa (bundesliga.com)

Nama Borna Sosa mulai dikenal publik pada musim lalu, ketika ia berhasil tampil cemerlang bersama VfB Stuttgart dan banyak menyumbang assist. Hal tersebut cukup istimewa, mengingat Sosa yang berposisi sebagai bek kiri.

Borna Sosa sendiri datang ke Stuttgart pada bulan Juli 2018, setelah dibeli dari tim juara Kroasia saat itu, Dinamo Zagreb. Borna Sosa juga punya peran penting saat membawa Stuttgart kembali ke kasta tertinggi Bundesliga untuk musim 2020/2021. Saat ini ia masih menjadi andalan dari Stuttgart dan belum pernah tergantikan hingga spieltag ke-12 Bundesliga.

Baca Juga: 6 Pemain Berkebangsaan Kroasia yang Pernah Membela Inter Milan

3. Marin Pongracic

6 Pesepak Bola Kroasia yang Merumput di Bundesliga musim 2021/2022Marin Pongracic (bundesliga.com)

Musim ini merupakan musim ke-3 bagi Marin Pongracic untuk merumput di Bundesliga. Sebetulnya, Pongarcic lahir di Jerman dan menimba ilmu di beberapa akademi sepak bola Jerman seperti Bayern Munich, FC Ingolstadt, dan 1860 Munich.

Tetapi debutnya di Bundesliga baru terlaksana saat ia bermain untuk VfL Wolfsburg pada paruh kedua musim 2019/2020. Setelah 1,5 musim membela Wolfsburg, kini Pongracic dipinjamkan ke Borussia Dortmund hingga akhir musim. Banyaknya bek berkualitas di skuad Dortmund, membuat Pongracic jarang bermain 90 menit full.

4. Josip Stanisic

6 Pesepak Bola Kroasia yang Merumput di Bundesliga musim 2021/2022Josip Stanisic (bundesliga.com)

Josip Stanisic merupakan bek kanan milik Bayern Munchen yang lahir dan besar di Bavaria, Jerman. Stanisic juga sempat mencatatkan penampilan bersama timnas U-21 Jerman. Namun sejak Oktober 2021, ia memutuskan untuk membela tanah kelahiran kedua orang tuanya, yakni Kroasia.

Stanisic sendiri baru merasakan debutnya di Bundesliga pada musim lalu, tepatnya pada 10 April 2021 ketika Bayern Munchen ditahan imbang oleh Union Berlin. Pada musim ini, Stanisic telah sering tampil reguler bersama tim Bayern Munchen, walaupun lebih banyak datang dari bangku cadangan.

5. Josko Gvardiol

6 Pesepak Bola Kroasia yang Merumput di Bundesliga musim 2021/2022Josko Gvardiol (bundesliga.com)

Jika Andrej Kramaric merupakan yang tertua, maka Josko Gvardiol menjadi yang termuda. Bek berusia 19 tahun ini berhasil tampil luar biasa di gelaran Piala Eropa lalu. Hal tersebutlah yang membuat RB Leipzig berani menebusnya dengan banderol sebesar 18,8 juta euro dari Dinamo Zagreb.

Hingga pekan ke-12 Bundesliga, penampilan Gvardiol memang cukup solid di lini pertahanan RB Leipzig. Kemampuannya untuk bermain di banyak posisi menjadikan ia lebih sering dimainkan. Selain itu, cederanya beberapa pemain inti Leipzig, turut mendorong Gvardiol untuk mendapatkan lebih banyak menit bermain.

6. Kristijan Jakic

6 Pesepak Bola Kroasia yang Merumput di Bundesliga musim 2021/2022Kristijan Jakic (en.eintracht.de)

Sama seperti Josko Gvardiol, Kristijan Jakic juga baru menjalani debutnya di Bundesliga pada musim ini. Ia juga didatangkan dari Dinamo Zagreb. Tetapi, Jakic datang dengan status pinjaman untuk membela Eintracht Frankfurt.

Performa Jakic selama membela Dinamo Zagreb memang cukup memukau. Namun untuk mendapatkan menit bermain lebih, Jakic sepertinya harus berusaha lebih keras lagi untuk Frankfurt. Pasalnya hingga kini ia baru mencatatkan 8 laga saja dengan rincian 595 menit.

 

Itulah 6 pemain berkebangsaan Krioasia yang musim ini membela klub Bundesliga. Dilihat dari kondisi timnas Kroasia sekarang, mereka sedang melakukan regenerasi skuad setelah beberapa pemain inti mereka di Piala Dunia 2018 memutuskan untuk pensiun dan berumur tak lagi muda.

Dengan regenerasi yang baik, bukan tidak mungkin jika Kroasia akan terus menjadi raksasa di sepak bola, layaknya Yugoslavia di masa lalu. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Pemain Kroasia yang Pernah Berkarier Bersama Real Madrid

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang skripsinya udah di-acc. Horeee!!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya