5 Pesepak Bola Top Asal Spanyol yang Pensiun di Liga Asia

Sebuah pilihan untuk penutup perjalanan panjang

Melanjutkan dan mengakhiri karier sepak bola di Asia adalah salah satu pilihan yang diambil para pesepak bola top di Eropa. Pesepak bola top Eropa yang memutuskan untuk gantung sepatu di Liga Asia di antaranya ialah, Fabio Cannavaro, Wesley Sneijder, Sandro Wagner dan David Trezeguet.

Berikut ini kami sajikan daftar lima pesepak bola top asal negeri Matador yang memutuskan pensiun di Liga Asia, check this out!  

1. Luis Garcia

5 Pesepak Bola Top Asal Spanyol yang Pensiun di Liga Asiafourfourtwo.com

Nama yang pertama ialah Luis Garcia yang pernah menjadi bagian dari skuad juara Liverpool di Liga Champions 2005. Garcia pertama kali datang untuk bermain di liga Asia pada tahun 2014 untuk bergabung dengan Atletico Kolkata di India Super League.

Setahun berselang Garcia sempat gantung sepatu bersama Atletico Kolkata pada bulan Juli 2015. Namun Luis Garcia memutuskan untuk kembali bermain sebagai pesepak bola profesional pada Januari 2016, dengan bergabung bersama Central Coast Mariners di Australia.

Tidak berselang lama Luis Garcia akhirnya resmi gantung sepatu pada pertengahan musim 2016 bersama Central Coast Mariners. Selama bermain di Asia Luis Garcia tidak pernah sekalipun meraih gelar juara, karena Ia hanya bermain dalam waktu singkat di kedua klub tersebut.  

2. Carlos Marchena

5 Pesepak Bola Top Asal Spanyol yang Pensiun di Liga Asiasportstar.thehindu.com

Menjadi bagian dari skuad inti Spanyol di Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010, menjadikan seorang Carlos Marchena sangat mentereng sebagai salah satu bek andalan timnas Spanyol. Setelah berpisah dengan Deportivo La Coruna di tahun 2014, akhirnya Carlos Marchena memutuskan untuk mendarat di Kerala Blasters pada tahun 2015.

Sama seperti Atletico Kolkata, Kerala Blasters juga merupakan tim yang berasal dari India Super League. Namun sayang sekali karier Marchena bersama Kerala Blasters hanya bertahan kurang dari 6 bulan dengan 1 kali jumlah penampilan, sebelum akhirnya Ia memutuskan pensiun di klub tersebut.

Baca Juga: Gantung Sepatu, 10 Mantan Pesepak Bola Ini Tekuni Olahraga Lain

3. Xavi Hernandez

5 Pesepak Bola Top Asal Spanyol yang Pensiun di Liga Asiamarca.com

Setelah menghabiskan 18 tahun berkarier di Barcelona, Xavi Hernandez akhirnya memutuskan untuk pindah ke Al Sadd di Liga Qatar pada tahun 2015. Legenda timnas Spanyol dan Barcelona ini berhasil menjadi salah satu pemain kunci bagi Al Sadd di Liga Qatar dan Liga Champions Asia.

Selama 4 tahun bersama Al Sadd, total 24 gol dan 28 assist berhasil Xavi berikan dari 90 kali penampilannya. Dengan penampilan ciamiknya tersebut, Xavi juga berhasil menghadirkan gelar juara Liga Qatar bagi Al Sadd di musim 2018/2019, sebelum akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu di tahun 2019 dan diangkat sebagai pelatih untuk tim tersebut di tahun yang sama.

4. Fernando Torres

5 Pesepak Bola Top Asal Spanyol yang Pensiun di Liga Asiabeinsports.com

Salah satu sosok penting dari generasi emas tim nasional Spanyol dalam meraih 3 major trophy secara berturut-turut ialah Fernando Torres yang juga pensiun di Liga Asia. Torres pertama kali datang pada bulan Juli 2018 dari Atletico Madrid untuk bergabung bersama Sagan Tosu di Liga Jepang.

Kepindahan Torres ke Sagan Tosu menjadi sebuah kejutan kala itu. Pasalnya Torres masih dianggap bisa bersaing di tim-tim Eropa ataupun di tim papan atas Major League Soccer di Amerika Serikat. Namun Torres lebih memilih untuk bermain bersama Sagan Tosu di Liga Jepang.

Total 7 gol dari 40 laga berhasil Torres berikan untuk Sagan Tosu, selama 2 musimnya berkarier di Jepang. Sebelum akhirnya Fernando Torres memutuskan untuk pensiun pada Agustus 2019 di umur 35 tahun.

5. David Villa

5 Pesepak Bola Top Asal Spanyol yang Pensiun di Liga Asiaplanetfootball.com

Tandem Fernando Torres di tim nasional Spanyol, David Villa menjadi nama terakhir dalam daftar ini. Pada bulan Januari 2019, Villa datang ke Vissel Kobe dari New York City dengan status free transfer.

Di Vissel Kobe, Villa bertemu kembali dengan mantan rekan setimnya dulu kala di Barcelona, yakni Andres Iniesta, Thomas Vermaelen dan Sergi Samper. Bersama ketiganya Villa berhasil menghadirkan gelar juara Japanese Cup 2019, sekaligus menjadi gelar terakhirnya sebelum akhirnya Ia memutuskan pensiun pada bulan Februari 2019 di Vissel Kobe.

Walaupun bukan menjadi pilihan utama, tetapi menutup karier di Liga Asia menjadi opsi terbaik bagi para bintang ini untuk mengakhiri perjalanan panjang mereka di sepak bola. Apakah keputusan mereka tepat? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar!

Baca Juga: 10 Potret Menawan Ricardo Kaka, Makin Keren Setelah Gantung Sepatu

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya