10 Potret Yann Sommer, Kiper yang Selalu Jadi Pahlawan Timnas Swiss

Kiper underrated!

Tak banyak kiper yang memiliki nama besar layaknya pemain yang berposisi sebagai penyerang. Sehingga tak mengherankan jika kiper-kiper underrated muncul sebagai nama yang kadang diperbincangkan dalam sebuah situasi. Salah satunya ialah Yann Sommer.

Kiper timnas Swiss ini jarang sekali terdengar kiprahnya saat bermain di level klub. Namun ketika bermain bersama timnas Swiss, nama Sommer kerap kali muncul sebagai seorang pahlawan.

Dalam beberapa kesempatan, Sommer selalu menjadi penyelamat bagi negaranya. Untuk mengenalnya lebih jauh, mari simak potret dan ulasannya berikut ini!

1. Yann Sommer lahir di kota Morges, Swiss, pada 17 Desember 1988. Saat ini ia telah berusia 33 tahun. Penuh pengalaman!

10 Potret Yann Sommer, Kiper yang Selalu Jadi Pahlawan Timnas SwissPotret Yann Sommer (instagram.com/ysommer1)

2. Sebelum menjadi pesepak bola profesional, Sommer sempat menimba ilmu di akademi FC Concordia, FC Herrliberg dan FC Basel 

10 Potret Yann Sommer, Kiper yang Selalu Jadi Pahlawan Timnas SwissYann Sommer sebagai brand ambassador Puma (instagram.com/ysommer1)

3. Setelah berada tiga tahun di tim akademi FC Basel, Yann Sommer akhirnya dipromosikan pada tahun 2006 

10 Potret Yann Sommer, Kiper yang Selalu Jadi Pahlawan Timnas SwissYann Sommer menyapa fans timnas Swiss (instagram.com/ysommer1)

4. Semusim kemudian, Sommer dipinjamkan ke FC Vaduz. Ia juga sempat dipinjamkan ke Grasshoopers pada musim 2009/2010 

10 Potret Yann Sommer, Kiper yang Selalu Jadi Pahlawan Timnas Swisspotret Yann Sommer (instagram.com/ysommer1)

5. Terhitung sejak musim 2011/2012, Yan Sommer baru sering bermain sebagai secara reguler sebagai kiper utama FC Basel 

10 Potret Yann Sommer, Kiper yang Selalu Jadi Pahlawan Timnas SwissYann Sommer dan Lars Stindl (instagram.com/ysommer1)

Baca Juga: 5 Kiper Bundesliga yang Menggagalkan Penalti Terbanyak Sepanjang Masa

6. Berkat penampilan hebatnya, Yann Sommer akhirnya direkrut oleh Borussia Monchengladbach pada 2014 

10 Potret Yann Sommer, Kiper yang Selalu Jadi Pahlawan Timnas SwissYann Sommer dalam sesi latihan Borussia Monchengladbach (instagram.com/ysommer1)

7. Borussia Monchengladbach yang masih ia bela saat ini menjadi satu-satunya tim luar Swiss yang dibela oleh Yann Sommer 

10 Potret Yann Sommer, Kiper yang Selalu Jadi Pahlawan Timnas SwissSelebrasi Yann Sommer saat berseragam Borussia Monchengladbach (instagram.com/ysommer1)

8. Meski berposisi sebagai kiper, Yann Sommer pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik Swiss pada tahun 2016 dan 2018 

10 Potret Yann Sommer, Kiper yang Selalu Jadi Pahlawan Timnas SwissYann Sommer dengan trofi pemain terbaik Swiss (instagram.com/ysommer1)

9. Yann Sommer sering kali menjadi brand ambassador produk. Puma dan Nivea Men adalah beberapa contohnya

10 Potret Yann Sommer, Kiper yang Selalu Jadi Pahlawan Timnas SwissYann Sommer sebagai bintang iklan NiveaMen (instagram.com/ysommer1)

10. Sommer merupakan sosok pria yang cerdas. Ia mampu berbicara dalam 4 bahasa berbeda, yakni bahas Italia, Prancis, Jerman dan Romansh 

10 Potret Yann Sommer, Kiper yang Selalu Jadi Pahlawan Timnas SwissYann Sommer saat berseragam timnas Swiss (instagram.com/ysommer1)

Penyelamatan Yann Sommer terhadap tendangan penalti Jorginho di kualifikasi Piala Dunia menjadi penentu lolosnya Swiss ke Piala Dunia 2022. Momen tersebut hanya satu dari sekian banyak momen kepahlawanan dari seorang Yann Sommer untuk timnas Swiss.

Baca Juga: 5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Ligue 1 Prancis 2021/2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya