Mengulas Prediksi Performa Franck Kessie di Lini Tengah Barcelona

Mampukah ia sukses jadi gelandang andalan Blaugrana?

Meski dikabarkan sedang mengalami kesulitan finansial, tapi Barcelona tetap jadi salah satu klub yang paling aktif di bursa transfer musim panas 2022. Hingga Minggu (31/7/2022), Barcelona telah mendatangkan lima pemain berkelas.

Salah satunya ialah Franck Kessie, pemain asal Pantai Gading yang dipercaya akan memperkuat lini tengah Barcelona. Namun, hal tersebut masih menjadi pertanyaan jika memperhatikan faktor-faktor lainnya.

Kendati demikian, Franck Kessie akan tetap memberikan dampak tertentu bagi Barcelona. Lalu seperti apa prediksi performanya di lini tengah Barcelona nanti? Untuk mengetahui hal tersebut, mari simak ulasan berikut.

1. Kedatangan setelah penantian panjang

Mengulas Prediksi Performa Franck Kessie di Lini Tengah BarcelonaFranck Kessie kontra Inter Miami (instagram.com/franckkessie)

Kedatangan Franck Kessie ke Barcelona merupakan sebuah penantian panjang yang ditunggu skuad asuhan Xavi Hernandez ini. Pasalnya, Kessie telah menjadi buruan Barcelona sejak lama.

Namun, ia baru memutuskan masa depannya pada musim panas ini. Tanpa biaya yang harus dikeluarkan Barcelona kepada AC Milan selaku tim lama Kessie, pemain asal Pantai Gading ini akhirnya bergabung dengan Blaugrana pada 4 Juli 2022.

2. Central Midfielder sebagai posisi asli Kessie

Mengulas Prediksi Performa Franck Kessie di Lini Tengah BarcelonaPengenalan Franck Kessie di Barcelona (instagram.com/franckkessie)

Sejak berkarier sebagai pesepak bola profesional pada awal musim 2014/2015, Franck Kessie lebih sering memainkan perannya sebagai seorang central midfielder. Dikutip dari transfermarkt.com (29/7/2022), dari total 280 laga yang telah Kessie mainkan di level klub, ia berperan sebagai central midfield sebanyak 163 laga.

Kendati demikian, Kessie juga cukup sering memainkan peran sebagai gelandang bertahan, yakni dalam 116 laga. Selain itu, Kessie juga pernah terlibat sebagai gelandang serang dan juga seorang bek. Hal tersebut cukup senada dengan perannya bersama Timnas Pantai Gading.

Baca Juga: 5 Pemain Pernah Bela Barcelona dan AC Milan Sebelum Franck Kessie

3. Gaya main yang lugas nan menghibur

Mengulas Prediksi Performa Franck Kessie di Lini Tengah BarcelonaFranck Kessie (acmilan.com)

Barcelona memang sangat beruntung bisa mendapatkan Franck Kessie secara gratis. Pasalnya, Kessie bisa dikategorikan sebagai pemain versatile yang bisa bermain di banyak posisi.

Jika dilihat dari gaya mainnya, Kessie merupakan tipe pemain yang kuat dan lugas. Kessie memiliki kemampuan hebat dalam hal duel bola udara, tackling, intersep serta blok. Di samping itu, Kessie juga punya stamina yang cukup impresif.

Meski nampak sangat cocok sebagai gelandang bertahan, permainan Kessie sangat mampu untuk bermain secara kolektif melalui passing pendek dan dribbling yang menawan nan menghibur.

4. Statistik Kessie pada musim terakhir

Mengulas Prediksi Performa Franck Kessie di Lini Tengah BarcelonaFranck Kessie (acmilan.com)

Jika bicara tentang statistik, kemampuan Franck Kessie dalam bertahan justru lebih unggul ketimbang kemampuannya dalam menyerang. Pada musim terakhirnya di AC Milan, Kessie hanya mencatat 7 gol dan 1 assist dari 39 laga.

Gol-gol tersebut, kebanyakan ia ciptakan melalui titik penalti. Sehingga tak usah heran jika Franck Kessie akan mendapatkan peran sebagai algojo utama penalti Barcelona ke depannya.

Dilihat dari statistik bertahan yang ia miliki, Kessie sukses melakukan 46 clearances, 13 interceptions dengan keberhasilan 82 persen dalam hal tekel. Catatan tak jauh berbeda juga nampak ketika Kessie bermain di Pantai Gading yang menunjukan hasil jika statistik bertahannya lebih unggul ketimbang statistik menyerang.

5. Perubahan posisi yang memungkinkan

Mengulas Prediksi Performa Franck Kessie di Lini Tengah BarcelonaSergio Busquets (fcbarcelona.com)

Barcelona bisa berharap banyak kepada Franck Kessie musim depan untuk memperkuat posisi central midfield yang kemungkinan akan ditinggalkan oleh Frenkie de Jong. Kendati demikian, statistik menunjukan jika posisi defensive midfield sebenarnya akan lebih cocok untuk Kessie .

Selain karena faktor statistik, saat ini Barcelona hanya memiliki Sergio Busquets sebagai seorang gelandang bertahan. Mengingat usia Busquets yang tak lagi muda, Franck Kessie kemungkinan besar akan mengisi posisi tersebut dan jadi regenerasi dari sosok Sergio Busquets sebagai gelandang bertahan.

 

Entah apa rencana Xavi Hernandez sebagai pelatih Barcelona untuk memaksimalkan potensi dari Franck Kessie nantinya. Yang jelas, Kessie akan memberikan dampak besar bagi lini tengah Barcelona yang saat ini memang didominasi oleh pemain muda.

Baca Juga: 5 Gelandang Afrika yang Membela Barcelona Sebelum Franck Kessie

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya