5 Region Spanyol dengan Lebih dari 1 Tim di LaLiga 2022/2023

Andalusia paling banyak

Spanyol merupakan sebuah negara dengan bentuk kerajaan yang memiliki 50 provinsi yang terbagi dalam 17 region. Tiap region memiliki banyak klub sepak bola, bahkan ada yang mencapai lebih dari 100 klub dalam 1 region.

Terdapat lima region Spanyol dengan lebih dari satu tim di LaLiga 2022/2023. Region mana sajakah itu? Klub mana sajakah yang menjadi bagian dari region tersebut?

1. Valencia

5 Region Spanyol dengan Lebih dari 1 Tim di LaLiga 2022/2023Valencia (valenciacf.com)

Region pertama yang ada dalam daftar ini adalah Valencia. Region ini berada di sebelah timur Spanyol dan beribu kota di Valencia.

Pada 2022/2023, terdapat tiga tim asal Valencia di LaLiga. Mereka adalah Valencia CF, Elche CF, dan Villarreal.

Dari ketiga klub tersebut, Valencia menjadi tim yang paling mentereng secara prestasi. Region Valencia sendiri sebetulnya bisa memiliki empat tim jika saja Levante tak terdegradasi musim lalu.

2. Catalunya

5 Region Spanyol dengan Lebih dari 1 Tim di LaLiga 2022/2023FC Barcelona (fcbarcelona.com)

Barcelona sangat populer sebagai tim yang berasal dari Catalunya. Perjuangan mereka menjadi cerminan perjuangan rakyat yang menginginkan kemerdekaan dengan melepaskan diri dari Spanyol.

Selain Barcelona, Catalunya juga memiliki Girona dan Espanyol sebagai perwakilan di LaLiga 2022/2023. Barcelona jelas menjadi yang paling mentereng. Selain karena prestasinya, mereka juga merupakan ibu kota dari Catalunya.

Baca Juga: 9 Tuntutan Messi ke Barcelona Sebelum Cabut ke PSG

3. Basque

5 Region Spanyol dengan Lebih dari 1 Tim di LaLiga 2022/2023Athletic Bilbao (athletic-club.eus)

Selain Catalunya, Basque juga dikenal sebagai region yang memiliki budaya yang sedikit berbeda dengan Spanyol. Basque tak jauh berbeda dengan Barcelona. Mereka menginginkan kemerdekaan dan berdiri sendiri sebagai sebuah negara.

Dari region ini, terdapat dua klub yang berlaga di LaLiga 2022/2023. Pertama adalah Athletic Bilbao, klub tradisional Basque yang tak pernah mengalami degradasi dari LaLiga. Kedua adalah Real Sociedad, klub bersejarah yang kerap dianggap sebagai kuda hitam. Selain kedua klub tersebut, Basque juga memiliki Deportivo Alavez dan Eibar.

4. Madrid

5 Region Spanyol dengan Lebih dari 1 Tim di LaLiga 2022/2023Real Madrid (realmadrid.com)

Madrid merupakan ibu kota Spanyol. Dari region ini, terdapat empat klub yang saat ini berlaga di LaLiga 2022/2023. Mereka adalah Real Madrid, Atletico Madrid, Rayo Vallecano, dan Getafe.

Selain keempat klub tersebut, Madrid juga memiliki Leganes yang saat ini berlaga di Segunda Division. Dari keempat klub tersebut, Real Madrid jelas menjadi yang paling bersinar secara prestasi.

5. Andalusia

5 Region Spanyol dengan Lebih dari 1 Tim di LaLiga 2022/2023Sevilla FC (sevillafc.es)

Andalusia merupakan salah satu region terbesar yang ada di Spanyol. Andalusia memiliki banyak pemain berkualitas dan memiliki lebih dari seratus tim profesional. Mereka beribu kota di Sevilla.

Pada LaLiga 2022/2023, Andalusia memiliki empat perwakilan, yakni Sevilla, Cadiz, Almeria, dan Real Betis. Selain keempat klub tersebut, Andalusia juga merupakan rumah bagi Malaga, Granada, dan Recreativo Huelva.

Dari 20 tim yang berlaga di LaLiga 2022/2023, hanya terdapat 4 tim yang berasal dari luar region di atas. Mereka adalah Osasuna dari Navarra, Mallorca dari Kepulauan Ballearic, Celta Vigo dari Galisia, dan Real Valladolid dari Castilla y Leon.

Baca Juga: 5 Kapten Real Madrid yang Tidak Pensiun di Real Madrid

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya