5 Rekrutan Pertama Carlo Ancelotti sebagai Pelatih AC Milan

Salah satu sosok terbesar dalam sejarah AC Milan 

Tak banyak sosok yang sukses sebagai pemain dan pelatih di dunia sepak bola. Namun, hal tersebut sepertinya menjadi pengecualian bagi seorang Carlo Ancelotti. Baik sebagai pelatih maupun pemain, Ancelotti sangatlah melegenda di AC Milan.

Carlo Ancelotti, misalnya, sukses membawa kejayaan selama lebih dari 7 musim sebagai pelatih AC Milan. Pria asal Italia ini mulai melatih AC Milan pada November 2001. Namun, rekrutan pertamanya baru terjadi pada musim panas 2002.

Lalu, siapa sajakah lima rekrutan pertama Carlo Ancelotti sebagai pelatih AC Milan? Inilah daftar dan ulasannya!

1. Clarence Seedorf

5 Rekrutan Pertama Carlo Ancelotti sebagai Pelatih AC MilanClerence Seedorf (twitter.com/championsleague)

Pada pembukaan bursa transfer musim panas 2002 atau tepatnya pada 1 Juli, AC Milan resmi mendatangkan tiga pemain baru. Salah satunya ialah Clarence Seedorf, legenda Belanda yang bermain untuk AC Milan selama 10 musim.

Seedorf sendiri didatangkan secara langsung dari sang rival, Inter Milan. Jika bicara soal performa, maka Seedorf merupakan salah satu pemain terpenting AC Milan pada era Ancelotti. Secara keseluruhan, ia sukses mencetak 62 gol dan 71 assist dari 432 laga.

2. Dario Simic

5 Rekrutan Pertama Carlo Ancelotti sebagai Pelatih AC MilanDario Simic (twitter.com/acmilan)

Sama seperti Clarence Seedorf, Dario Simic juga didatangkan secara langsung dari Inter Milan pada 1 Juli 2002. Meski sering menjadi pelapis Cafu, bek kanan asal Kroasia ini punya peran cukup penting bersama AC Milan.

Simic sukses mencatatkan 129 penampilan dengan sumbangan 1 gol dan 2 assist selama 5 musim berseragam AC Milan. Setelah AC Milan memiliki Massimo Oddo, ia pun pindah ke AS Monaco pada 2008/2009.

Baca Juga: 5 Pemain Pertama yang Dibeli Carlo Ancelotti saat Melatih Real Madrid

3. Jon Dahl Tomasson

5 Rekrutan Pertama Carlo Ancelotti sebagai Pelatih AC MilanJon Dahl Tomasson (twitter.com/championsleague)

Bergelar sebagai pemain berbakat Timnas Denmark pada masanya, Jon Dahl Tomasson juga didatangkan AC Milan pada 1 Juli 2002. Ia bergabung secara gratis dari Feyenoord Rotterdam.

Saat berseragam AC Milan, Tomasson lebih berperan sebagai pelapis Andriy Shevchenko dan Filippo Inzaghi. Meski begitu, ia mampu tampil tajam dengan torehan 35 gol dan 6 assist dari 114 pertandingan.

4. Samuele Dalla Bona

5 Rekrutan Pertama Carlo Ancelotti sebagai Pelatih AC MilanSamuele Dalla Bona (skysports.com)

Setelah 3 musim berkarier bersama Chelsea di Britania Raya, Samuele Dalla Bona memilih untuk pulang ke Italia. AC Milan menjadi tim Italia pertama yang ia singgahi, tepatnya pada 8 Juli 2002.

Sebagai seorang gelandang, kiprah Dalla Bona tak begitu mentereng di AC Milan. Ia lebih sering dipinjamkan ketimbang berlaga bersama AC Milan. Selama 5 musim menjadi bagian dari AC Milan, Dalla Bona hanya aktif membela AC Milan pada musim pertamanya.

5. Rivaldo

5 Rekrutan Pertama Carlo Ancelotti sebagai Pelatih AC MilanRivaldo (twitter.com/championsleague)

Carlo Ancelotti juga mendatangkan pemain senior dari Barcelona secara gratis pada 27 Juli 2002. Ia adalah Rivaldo, gelandang serang asal Brasil yang memiliki torehan apik bersama negaranya di Piala Dunia.

Sayang, label tersebut tak berlaku ketika Rivaldo berseragam AC Milan. Ia tampil biasa saja selama 1,5 musim berseragam AC Milan. Catatan 8 gol dan 6 assist jadi torehannya selama berseragam Rossoneri.

Sebagai sosok pelatih legendaris, Carlo Ancelotti sudah sangat terbukti dengan deretan tim yang pernah ia latih. Ia sukses membawa kejayaan meski tak semuanya berakhir dengan mendapatkan gelar juara.

Baca Juga: 9 Fakta Stadion San Siro, Stadion Markas AC Milan dan Inter Milan

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya