5 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Bayern Munich

Sukses besar di Jerman

Pep Guardiola merupakan pelatih hebat. Ia masuk nominasi The Best FIFA Men's Coach hampir tiap musim.

Sebelum gemilang bersama Manchester City, Guardiola juga sukses bersama Bayern Munich. Torehan 3 gelar juara Bundesliga Jerman dan 2 DFB Pokal dalam 3 musim jadi buktinya.

Meski begitu, Guardiola dikenal boros. Ia hobi belanja pemain. Lantas, siapa sajakah rekrutan pertama Pep Guardiola saat melatih Bayern Munich.

1. Mario Gotze

5 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Bayern MunichMario Gotze (fcbayern.com)

Pep Guardiola resmi menjabat sebagai pelatih Bayern Munich pada 1 Juli 2013. Pada tanggal yang sama, pelatih asal Spanyol ini mendatangkan seorang Mario Gotze dari Borussia Dortmund, tim yang notabene rival Bayern Munich.

Banyak pihak menyebut jika performa sang pemain menurun drastis di Munich. Namun, jika dilihat secara statistik, Gotze tampil cukup apik dengan torehan 36 gol dan 24 assist dari 114 laga dalam 3 musim.

2. Jan Kirchhoff

5 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Bayern MunichJan Kirchhoff (premierleague.com)

Sama seperti Mario Gotze, Jan Kirchhoff juga mendarat di Bayern Munich pada 1 Juli 2013. Bek tengah ini didatangkan secara gratis dari Mainz 05 sebagai seorang bek berbakat.

Sayang, Bayern Munich tampaknya bukan tempat yang pas bagi Kirchhoff. Sebab, ia jarang dimainkan. Jan Kirchhoff justru lebih sering dipinjamkan ke tim lain. Alhasil, ia hanya mencatat 12 laga selama 2,5 musim berseragam Die Bavaria.

Baca Juga: 5 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Manchester City

3. Thiago Alcantara

5 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Bayern MunichThiago Alcantara (fcbayern.com)

Sebelum melatih Bayern Munich, Pep Guardiola merupakan pelatih Barcelona. Tak heran jika pelatih asal Spanyol ini membawa pemain Blaugrana ke Bayern Munich.

Pada 14 Juli 2013, Bayern Munich sukses memboyong Thiago Alcantara. Bermain selama 7 musim, ia sukses mencatatkan penampilan luar biasa bersama Die Bavaria. Catatan 31 gol dan 37 assist dari 235 laga dengan banyak gelar juara jadi buktinya.

4. Robert Lewandowski

5 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Bayern MunichRobert Lewandowski (bundesliga.com)

Semusim setelah membajak Mario Gotze, Bayern Munich kembali mengambil pemain bintang dari Borussia Dortmund. Kali itu Robert Lewandowski yang didatangkan secara gratis pada 1 Juli 2014.

Kedatangan Lewandowski merupakan keuntungan besar bagi skuad Die Bavaria. Selain karena didatangkan tanpa biaya, ia juga menjadi bintang utama dan pendulang gol Bayern Munich. Penyerang asal Polandia ini sukses mencetak 344 gol dan 72 assist dari 375 laga.

5. Sebastian Rode

5 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Bayern MunichSebastian Rode (fcbayern.com)

Sebastian Rode juga didatangkan secara gratis oleh Bayern Munich pada 1 Juli 2014. Pemain berposisi gelandang ini diboyong dari Eintracht Frankfurt.

Rode cukup sering tampil bersama Bayern Munich meski perannya lebih sering sebagai pemain pelapis. Mencatat 4 gol dan 7 assist dari 52 laga, ia sempat dicap sebagai salah satu pemain muda potensial.

Secara keseluruhan, Pep Guardiola melatih di Bayern Munich selama 3 musim. Selama itu, ia mendatangkan 17 pemain. Nama-nama beken seperti Arturo Vidal, Xabi Alonso, Mehdi Benatia, hingga Joshua Kimmich juga datang saat sang pelatih menangani Bayern Munich.

Baca Juga: 5 Pemain yang Hengkang setelah Berselisih dengan Pep Guardiola

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya