5 Rekrutan Pertama Luciano Spalletti saat Membesut SSC Napoli

Spalletti sepakat meninggalkan Napoli!

Luciano Spalletti berhasil membawa Napoli juara Serie A setelah 33 tahun. Kebanggaan meraih gelar juara Serie A 2022/2023 ini jelas sangat diagung-agungkan dan Spalletti dianggap sebagai pahlawan. Namun secara mengejutkan, Luciano Spalletti justru tak memperpanjang kontraknya bersama Napoli.

Ia memilih untuk menyudahi kontraknya per tanggal 1 Juni 2023 mendatang. Itu artinya, Spalletti hanya melatih Napoli selama dua musim. Pelatih berkebangsaan Italia ini diprediksi akan bergabung dengan klub besar Italia setelah kontraknya bersama Napoli berakhir.

Selama dua musimnya bersama Napoli, Spalletti mendatangkan belasan pemain. Lima di antaranya didapatkan pada musim pertamanya melatih, atau tepatnya pada musim 2021/2022. Siapa sajakah kelima nama tersebut dan bagaimana kiprahnya di Napoli?

1. Matteo Politano

5 Rekrutan Pertama Luciano Spalletti saat Membesut SSC NapoliMatteo Politano (sscnapoli.it)

Luciano Spalletti mulai ditunjuk sebagai pelatih Napoli pada 1 Juli 2021. Langkah pertama yang ia ambil dalam kebijakan transfer adalah mempermanenkan Matteo Politano dari Inter Milan. Sebelumnya, Politano telah menjalani masa peminjaman selama 1,5 musim dengan performa apik yang menarik perhatian.

Jika bicara soal performa, penampilan Politano di bawah asuhan Spalletti sebetulnya menurun. Jumlah gol, assist, serta menit bermain Politano lebih rendah ketimbang saat ia dilatih Gennaro Gattuso. Kendati demikian, performa Politano saat ini masih tergolong cukup baik.

2. Juan Jesus

5 Rekrutan Pertama Luciano Spalletti saat Membesut SSC NapoliJuan Jesus (sscnapoli.it)

Untuk memperkuat posisi bek tengah, Luciano Spalletti mendatangkan Juan Jesus. Bek asal Brasil ini diboyong secara gratis dari AS Roma pada 18 Agustus 2021. Penampilannya cukup baik dan sering digunakan Spalletti pada musim pertamanya.

Namun, pada musim keduanya atau pada 2022/2023, Juan Jesus justru lebih sering menjadi cadangan. Posisinya mulai tergantikan oleh duet kuat bek Napoli saat ini, Amir Rrahmani dan Kim Min Jae. Kendati demikian, Juan Jesus kerap hadir sebagai pemain pelapis.

Baca Juga: 5 Klub yang Ditangani Luciano Spalletti sebelum Napoli, Apa Saja?

3. Davide Marfella

5 Rekrutan Pertama Luciano Spalletti saat Membesut SSC NapoliDavide Marfella (sscnapoli.it)

Sehari setelah mendatangkan Juan Jesus, Napoli pun mendatangkan Davide Marfella dari Bari. Pria berusia 23 tahun ini merupakan seorang kiper muda. Marfella sendiri didatangkan secara gratis ke Stadio Diego Armando Maradona.

Namun sayang, peran Marfella di dalam tim tak begitu terlihat. Hal ini terjadi karena peran Marfella yang lebih sering menjadi pemain cadangan. Pada musim 2022/2023, Marfella belum semenit pun bermain karena dominasi Alex Meret dan Pierluigi Gollini.

4. Frank Zambo Anguissa

Pada deadline jendela transfer musim panas 2021, Luciano Spalletti memutuskan untuk mendatangkan seorang gelandang. Pemain yang dimaksud adalah Frank Zambo Anguisa, seorang gelandang petarung asal Kamerun. Ia didatangkan dari Fulham sebagai pemain pinjaman.

Seiring waktu, Anguisa mendapatkan tempat utama di bawah asuhan Spalletti. Tak heran Anguisa akhirnya dipermanenkan pada akhir musim 2021/2022. Saat ini, Angusia menjadi salah satu bagian penting dari skuad Napoli. Ia memiliki peran besar dalam membawa Napoli menjadi juara Serie A 2022/2023.

5. Axel Tuanzebe

Empat nama sebelumnya masih membela Napoli pada musim 2022/2023. Namun, nama kelima ini sudah tak lagi berseragam Napoli. Dia adalah Axel Tuanzebe, bek asal Inggris yang dipinjam oleh Napoli dari Manchester United.

Axel Tuanzebe sendiri datang pada paruh kedua musim 2021/2022. Kedatangannya pada tengah musim tersebut tampaknya tak terlalu berpengaruh. Pasalnya, Tuanzebe hanya mencatatkan dua laga.

 

Selama dua musim melatih Napoli, Luciano Spalletti tercatat mendatangkan enam belas pemain. Selain kelima nama di atas, beberapa pemain top, seperti Kim Min Jae, Tanguy Ndombele, Khvicha Kvaratskhelia, Giacomo Raspadori, Giovanni Simeone, dan Pierluigi Gollini juga didatangkan. Dengan berpisahnya Luciano Spalletti dengan Napoli, akankah tim asal kota Naples ini kembali tampil garang musim depan?

Baca Juga: 5 Pemain Andalan Napoli yang Digaet dengan Harga Murah, Transfer Jitu!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya