5 Rekrutan Terakhir Juventus dari Fiorentina Sebelum Dusan Vlahovic

Akankah Vlahovic sukses bersama Juventus?

Setelah sempat dikabarkan akan bergabung dengan Arsenal, Dusan Vlahovic justru membuat kejutan. Striker muda berkebangsaan Serbia ini akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Juventus, klub yang berada satu liga dengan klub lamanya, Fiorentina.

Dengan biaya sebesar 75 juta euro atau setara dengan Rp1,2 triliun, Vlahovic akhirnya bisa merapat ke Si Nyonya Tua. Dalam sejarah aktivitas transfer kedua klub, Vlahovic bukanlah satu-satunya pemain yang berhasil diboyong Juventus dari Fiorentina.

Sejak 2002, ada 10 pemain Fiorentina, termasuk Vlahovic yang pernah didatangkan Juventus ke Turin. Lima di antaranya cukup ternama.

1. Valeri Bojinov

5 Rekrutan Terakhir Juventus dari Fiorentina Sebelum Dusan VlahovicValeri Bojinov (skysports.com)

Nama pertama dalam daftar ini ialah Valeri Bojinov, striker berkebangsaan Bulgaria yang membela delapan belas klub semasa kariernya. Bojinov dianggap sebagai seorang wonderkid kala masih membela Lecce pada 2004/2005.

Ia kemudian pindah ke Fiorentina dengan banderol yang cukup besar. Setelah bermain selama semusim, torehan gol Bojinov bersama Fiorentina justru menurun. Alhasil, ia dipinjamkan ke Juventus pada 2006/2007, ketika klub asal Turin itu berada di Serie B.

Sebagai pemain muda berumur 20 tahun, Bojinov diproyeksikan sebagai pelapis Alessandor Del Piero dan David Trezeguet. Kendati demikian, Bojinov tampil cukup baik dengan torehan 7 gol dari 21 assist.

2. Felipe Melo

5 Rekrutan Terakhir Juventus dari Fiorentina Sebelum Dusan VlahovicFelipe Melo (skysports.com)

Permainan apiknya saat berseragam Fiorentina pada 2008/2009 membuat Felipe Melo akhirnya diboyong Juventus pada musim selanjutnya. Melo, yang sebelumnya dibeli dari Almeria seharga 8 juta euro atau sekitar Rp128 miliar, berani dihargai 25 juta euro atau setara dengan Rp400 miliar oleh Juventus.

Permainan Melo bersama Juventus bisa dibilang cukup baik, walaupun sering kali tak konsisten. Ia mampu mencatatkan 78 laga dengan torehan 4 gol dan 1 assist selama 2 musim. Seiring dengan kedatangan Andrea Pirlo dan Arturo Vidal, gelandang berkebangsaan Brasil ini akhirnya tersingkirkan dari skuad.

Baca Juga: 5 Pemain Juventus yang Pakai Nomor Punggung 7 sebelum Dusan Vlahovic

3. Neto

5 Rekrutan Terakhir Juventus dari Fiorentina Sebelum Dusan VlahovicNeto (juventus.com)

Pemain Brasil lain yang pernah diboyong Juventus dari Fiorentina ialah Norberto Murara atau yang biasa dikenal dengan nama Neto. Kiper, yang kini membela Barcelona, datang ke Turin pada 2015 secara gratis setelah 4 musim membela Fiorentina.

Sejak awal kedatangannya, Neto sudah mengetahui jika posisi utama di bawah mistar Juventus merupakan milik Gianluigi Buffon. Ia pun harus puas dengan menit bermain yang sedikit sebagai pelapis Buffon. Selama 2 musim berseragam Juventus, Neto hanya mencatat 22 laga.

4. Federico Bernardeschi

5 Rekrutan Terakhir Juventus dari Fiorentina Sebelum Dusan VlahovicFederico Bernardeschi (skysports.com)

Setelah menghabiskan 14 tahun bersama Fiorentina, Federico Bernardeschi akhirnya dibeli Juventus seharga 40 juta euro atau setara dengan Rp640 miliar pada 2017. Penampilannya selama 4 musim di tim senior Fiorentina memang cukup menjanjikan, terutama pada musim terakhirnya pada 2016/2017.

Bukan hal yang mudah bagi Bernardeschi untuk menembus tempat utama di skuad Juventus yang diisi banyak pemain bintang. Bernardeschi memang sering dimainkan oleh Juventus. Namun, secara performa dan menit bermain, ia justru menurun.

5. Federico Chiesa

5 Rekrutan Terakhir Juventus dari Fiorentina Sebelum Dusan VlahovicFederico Chiesa (skysports.com)

Nama terakhir ialah Federico Chiesa. Ia didatangkan Juventus dari Fiorentina pada awal 2020/2021 lalu. Hingga saat ini, Chiesa masih berstatus pemain pinjaman dan rencananya akan dipermanenkan pada akhir musim 2021/2022.

Sebagai pemain muda berkualitas, penampilan Chiesa memang lebih baik dari seniornya, Federico Bernardeschi. Sejauh ini, ia telah mencatatkan 61 penampilan dengan kontribusi 18 gol dan 14 assist sebagai seorang winger.

Fabrizio Miccoli, Giorgio Chiellini, Emiliano Moretti, dan Roberto Baggio merupakan nama lain yang pernah diboyong Juventus dari Fiorentina. Seperti apa ekspektasi dan pendapatmu dengan kedatangan Vlahovic ke Juventus? Yuk, tulis di kolom komentar!

Baca Juga: 5 Pemain Serbia yang Pernah Berkostum Juventus sebelum Dusan Vlahovic

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya