5 Stadion dengan Kapasitas Terkecil yang Dimiliki Klub EPL 2022/2023

Tiga di antaranya berasal dari London

Sepak bola Inggris cukup identik dengan atmosfer penonton yang fanatik dan kerap memenuhi stadion. Tak heran banyak klub Inggris, khususnya yang bermain di kasta tertinggi, memiliki stadion dengan kapasitas besar.

Namun, beberapa klub English Premier League ini justru tak punya kapasitas besar di stadion mereka. Stadion mereka tercatat sebagai markas nomor 25--60 di Inggris, diukur dari segi kapasitas. Lantas, klub mana sajakah yang punya kapasitas stadion terkecil dan apa nama stadion tersebut? Berikut ini informasinya.

1. Vitality Stadium

5 Stadion dengan Kapasitas Terkecil yang Dimiliki Klub EPL 2022/2023Vitality Stadium (premierleague.com)

Stadion terkecil yang dipakai oleh klub English Premier League 2022/2023 adalah Dean Court atau yang lebih dikenal dengan nama Vitality Stadium. Stadion dengan kapasitas 11.464 penonton ini merupakan markas dari AFC Bournemouth.

Vitality Stadium sendiri dibuka pada 1910 dan sempat mengalami renovasi terakhir pada 2001. Dari 133 stadion yang ada di Inggris, Vitality Stadium menempati posisi ke-66 sebagai stadion dengan kapasitas terbanyak.

2. Brentford Community Stadium

5 Stadion dengan Kapasitas Terkecil yang Dimiliki Klub EPL 2022/2023Brentford Community Stadium (premierleague.com)

Sesuai dengan namanya, Brentford Community Stadium merupakan markas dari klub Brentford. Stadion yang berlokasi di wilayah London ini memiliki kapasitas 17.250 penonton dan menempati posisi ke-53 sebagai stadion terbesar di Inggris.

Brentford Community Stadium sendiri baru rampung direnovasi pada 1 September 2020. Faktanya, Brentford FC bukan sastu-satunya klub olahraga yang menempati tempat ini. Pasalnya, mereka harus berbagi pemakaian dengan klub rugby, London Irish RFC.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Liverpool Tumbang dari Brentford

3. Craven Cottage

5 Stadion dengan Kapasitas Terkecil yang Dimiliki Klub EPL 2022/2023Craven Cottage (premierleague.com)

Craven Cottage merupakan salah satu stadion paling legendaris yang ada di tanah Britania Raya. Stadion yang terletak di wilayah London ini dibangun pada 1780 dan baru diresmikan sebagai stadion pada 1896.

Sejak lama, Fulham menjadi klub yang memiliki hak kepemilikan dari stadion berkapasitas 22.384 penonton ini. Secara keseluruhan, Craven Cottage menempati posisi ke-35 sebagai stadion terbesar di Inggris.

4. Selhurst Park

5 Stadion dengan Kapasitas Terkecil yang Dimiliki Klub EPL 2022/2023Selhurts Park (premierleague.com)

Banyaknya klub sepak bola yang bermarkas di London mungkin jadi alasan mengapa banyak stadion berukuran kecil di sini. Tim London lain yang masuk dalam daftar ini ialah Crystal Palace yang bermarkas di Selhurts Park, stadion dengan kapastias 25.486 penonton.

Selhurts Park sendiri diresmikan pada 1924 dan sempat mengalami renovasi beberapa kali, termasuk perluasan kapasitas. Stadion yang juga pernah digunakan Charlton Athletic dan Wimbledon ini berada di urutan ke-34 sebagai stadion terbesar di Inggris.

5. City Ground

5 Stadion dengan Kapasitas Terkecil yang Dimiliki Klub EPL 2022/2023City Ground (premierleague.com)

Tim promosi, Nottingham Forest juga tercatat sebagai tim yang punya kapasitas stadion terkecil di antara peserta EPL 2022/2023 lain. Mereka bermarkas di City Ground Stadium yang memiliki kapasitas 30.445 penonton.

City Ground sendiri diresmikan pada 3 September 1898 dan sempat 5 kali mengalami perluasan kapasitas. Secara keseluruhan, City Ground yang menjadi markas Nottingham Forest ini berada di posisi ke-25 sebagai stadion terbesar di Inggris.

 

Meski memiliki stadion dengan kapasitas yang relatif kecil di banding dengan stadion dari klub EPL lain, stadion-stadion ini layak untuk digunakan. Kualitas stadion lebih diutamakan ketimbang kuantitas yang lebih banyak mendatangkan uang.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik saat Chelsea Ditahan Nottingham Forest

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya