5 Stadion Terkecil yang Jadi Rumah Klub Bundesliga 2022/2023

Ada stadion dari klub raksasa Jerman

Jerman hanya memiliki 45 stadion. Meski tak terlalu banyak dan tak semuanya memiliki kapasitas besar, stadion di Jerman patut diacungi jempol karena kualitas dan tata kelolanya.

Mungkin banyak yang mengenal nama Signal Iduna Park, Allianz Arena, dan Veltins Arena sebagai deretan stadion besar milik klub Bundesliga Jerman. Namun, ketika ditanya stadion dengan kapasitas kecil milik klub Bundesliga 2022/2023, sebagian belum mengetahuinya.

1. Stadion An der Alten Forsterei

5 Stadion Terkecil yang Jadi Rumah Klub Bundesliga 2022/2023Stadion An der Alten Forsterei (fc-union-berlin.de)

Lama berada di kasta bawah membuat Union Berlin tampaknya tak terlalu siap untuk membangun stadion berkapasitas besar. Stadion An der Alten Forsterei hanya memiliki kapasitas 22.012 penonton untuk sepak bola.

Kapasitas tersebut bisa saja bertambah hingga 35 ribu penonton jika stadion ini digunakan untuk keperluan konser. Stadion An der Alten Forsterei sendiri berdiri pada Agustus 1920 dan sempat mengalami perluasan kapasitas hingga tiga kali.

2. Vonovia Ruhrstadion

5 Stadion Terkecil yang Jadi Rumah Klub Bundesliga 2022/2023Vonovia Ruhrstadion (vfl-bochum.de)

North Rhine-Westphalia merupakan wilayah yang memiliki jumlah klub yang paling banyak di Jerman. Tak heran jika salah satu stadionnya masuk dalam daftar ini. Ada Vonovia Ruhrstadion, stadion yang jadi markas VfL Bochum.

Vonovia Ruhrstadion pertama kali dibuka pada 1921. Seiring waktu, stadion ini sempat mengalami perombakan dan perluasan hingga akhirnya bisa menampung 25 ribu penonton. Secara keseluruhan, Vonovia Ruhrstadion berada di posisi ke-29 untuk stadion terbesar di Jerman.

Baca Juga: 9 Fakta Stadion San Siro, Stadion Markas AC Milan dan Inter Milan

3. Volkswagen Arena

5 Stadion Terkecil yang Jadi Rumah Klub Bundesliga 2022/2023Volkswagen Arena (vfl-wolfsburg.de)

Stadion terkecil ketiga yang dipakai oleh klub Bundesliga 2022/2023 adalah Volkswagen Arena. Stadion dengan kapasitas 30 ribu penonton ini merupakan markas dari dari VfL Wolfsburg sejak 2002.

Stadion ini dikelola sendiri oleh tim dengan bantuan sponsor yang senantiasa membantu dalam urusan finansial. Dari 45 stadion yang ada di Jerman, VfL Wolfsburg menempati posisi ke-26 dalam urusan kapasitas stadion.

4. PreZero Arena

5 Stadion Terkecil yang Jadi Rumah Klub Bundesliga 2022/2023PreZero Arena (tsg-hoffenheim.de)

Rhien Nacker Arena atau yang kini lebih dikenal dengan nama PreZero Arena merupakan stadion yang jadi kandang TSG Hoffenheim. Stadion ini pertama kali dibangun pada 2007 dan baru rampung pada awal 2009.

Stadion yang terletak di kota Sinsheim, Baden Wurttemburg, Jerman ini memiliki kapasitas 30,150 penonton untuk laga domestik. Namun, untuk laga internasional, stadion ini hanya bisa menampung 25.589 penonton.

5. BayArena

5 Stadion Terkecil yang Jadi Rumah Klub Bundesliga 2022/2023BayArena (bayer04.de)

Memiliki nama asli Ulrich Haberland Stadion, tempat ini baru berganti nama menjadi BayArena pada 1998. Stadion dengan kapasitas 30.210 penonton ini merupakan markas besar dari tim Bayer Leverkusen.

Dari jumlah 45 stadion yang ada di Jerman, BayArena menempati posisi ke-24 sebagai stadion terbesar di Jerman. BayArena sendiri telah ada sejak 1958 dan sempat mengalami renovasi pada 1997 serta 2009.

Meski punya kapasitas yang kecil, stadion-stadion di Jerman cukup terawat dan punya standar tinggi. Tak banyak yang mempermasalahkan keberadaan stadion dari klub-klub ini.

Baca Juga: 9 Fakta Stadion Wembley, Stadion Terbesar di Inggris

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya