Comscore Tracker

5 Tim EPL dengan Pemain Asing Terbanyak pada 2022/2023

Salah satu alasan Timnas Inggris sulit berkembang?

Banyak penggemar sepak bola menilai jika English Premier League (EPL) sangat bergantung pada kehadiran pemain asing. Hal ini cukup beralasan karena mereka memiliki banyak pemain asing berkualitas.

Beberapa tim EPL musim ini juga memiliki komposisi pemain asing lebih banyak ketimbang pemain lokal. Lalu, tim apa sajakah yang menjadi tim EPL dengan pemain asing terbanyak pada 2022/2023?

1. Wolverhampton Wanderers (23 Pemain)

5 Tim EPL dengan Pemain Asing Terbanyak pada 2022/2023Wolverhampton Wanderers (premierleague.com)

Wolverhampton Wanderers menjadi tim Premier League 2022/2023 dengan jumlah pemain asing terbanyak. Dari total 24 pemain yang ada di skuad Wolves, 23 di antaranya merupakan pemain asing.

Pesepak bola asal Portugal jelas mendominasi. Jumlahnya mencapai sepuluh pemain.

Satu-satunya pemain dengan kewarganegaraan Inggris adalah Maximilian Kilman. Hal ini bisa terjadi karena Wolves cukup pintar mengakali peraturan homegrown.

2. Nottingham Forest (20 Pemain)

5 Tim EPL dengan Pemain Asing Terbanyak pada 2022/2023Nottingham Forest (premierleague.com)

Tim promosi, Nottingham Forest, menjadi klub dengan jumlah skuad terbanyak di English Premier League 2022/2023. Nottingham Forest memiliki 32 pemain di skuadnya. Sebanyak 20 di antaranya merupakan pemain asing.

Tak seperti Wolves yang memiliki mayoritas pemain dari satu negara, pemain Nottingham Forest justru memiliki komposisi pemain yang lebih beragam. Pemain dari Eropa, Afrika, Amerika Selatan, bahkan Australia hadir mewakili negaranya dalam skuad ini.

Baca Juga: 5 Pemain Asing Liga 1 yang Pernah Berlaga di Liga Top Eropa

3. Fulham (20 Pemain)

5 Tim EPL dengan Pemain Asing Terbanyak pada 2022/2023Fulham (premierleague.com)

Sama seperti Nottingham Forest, Fulham juga merupakan tim promosi yang memiliki 20  pemain asing di skuadnya. Namun, Fulham hanya memiliki 24 pemain di skuad mereka. Itu artinya, hanya ada empat pemain Inggris di skuad The Cottagers.

Mereka adalah Tosin Adarabioyo, Nathaniel Chalobah, Harrison Reed, dan Josh Onomah. Dari keempat nama tersebut, Fulham hanya mengandalkan Harrison Reed dan Tosin Adarabioyo. Sedangkan, pemain andalan mereka yang lain merupakan pemain asing.

4. Liverpool (19 Pemain)

5 Tim EPL dengan Pemain Asing Terbanyak pada 2022/2023Liverpool (liverpoolfc.com)

Liverpool hanya memiliki delapan pemain lokal di skuad mereka. Pemain itu adalah Trent Alexander-Arnold, Nathaniel Phillips, Curtis Jones, James Milner, Alex Oxlade-Chamberlain, Harvey Elliot, dan Jordan Henderson.

Angka tersebut tampak sangat kecil jika dibandingkan 19 pemain asing yang dimiliki oleh Liverpool. Secara performa, bahkan hanya Trent Alexander-Arnold dan Jordan Henderson pemain Inggris yang memiliki peran besar dalam tim.

5. Manchester United (19 Pemain)

5 Tim EPL dengan Pemain Asing Terbanyak pada 2022/2023Manchester United (premierleague.com)

Manchester United juga memiliki 19 pemain asing dalam skuad mereka. Namun, jumlah pemain lokal Manchester United lebih banyak dari Liverpool. Sebab, The Red Devils memiliki 31 pemain yang terdaftar di Premier League 2022/2023.

Sayangnya, tak banyak pemain Inggris yang diandalkan Erik ten Hag. Hanya Marcus Rashford, Jadon Sancho, Luke Shaw, dan Harry Maguire yang relatif banyak mendapatkan kesempatan bermain.

Dominasi pemain asing di tiap tim English Premier League bisa menjadi sebuah bumerang bagi kemajuan Tim Nasional Inggris. Sebab, kualitas pemain EPL seolah-olah ditopang oleh pemain asing yang membuat pemain lokal kalah kualitas.

Baca Juga: 5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak Bagi Chelsea, Drogba Memimpin

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya