Comscore Tracker

5 Tim Non Big Six Terakhir yang Menjadi Juara Liga Inggris

Sangat sulit untuk menembus dominasi Big Six EPL

Dominasi tim Big Six Liga Inggris memang sulit untuk ditaklukan. Penamaan Big Six nampaknya telah menjadi pemetaan kekuatan tersendiri di sepak bola Inggris. 

Meski juara kerap bergantian, namun jarang ada tim di luar anggota Big Six yang sukses mendobrak dominasi tersebut. Dalam sepuluh tahun terakhir, hanya Leicester City yang sukses jadi juara liga.

Termasuk Leicester City, berikut ini lima tim terakhir non Big Six yang berhasil menjadi juara Liga Inggris. Klub mana saja?

1. Leicester City (2015/2016)

5 Tim Non Big Six Terakhir yang Menjadi Juara Liga InggrisLeicester City (premierleague.com)

Pada musim 2015/2016, Leicester City sukses membuat kejutan dengan menjadi juara English Premier League. Kesuksesan tim berjuluk The Foxes ini bak sebuah cerita Cinderella yang sangat sulit dipercaya dan nampak sulit terjadi.

Pasalnya, Leicester City sukses menggebrak dominasi Big Six yang saat itu sedang panas. Claudio Ranieri menjadi aktor dari keberhasilan ini. Selain itu, Jamie Vardy, Riyad Mahrez, Kasper Schmeichel, dan N’Golo Kante menjadi beberapa nama yang jasanya terhitung besar.  

2. Blackburn Rovers (1994/1995)

5 Tim Non Big Six Terakhir yang Menjadi Juara Liga InggrisKenny Dalglish dan Tim Sherwood saat membawa Blackburn menjadi juara EPL 1995. (premierleague.com)

Kenny Dalglish merupakan sosok pesepak bola yang sangat melegenda bersama Liverpool. Selain bersama kubu The Reds, nama Dalglish juga sangat berjasa bagi para pendukung dan pemain Blackburn Rovers.

Sebab, Dalglish berhasil membawa Blackburn Rovers menjadi juara EPL musim 1994/1995. Hal ini cukup mengejutkan karena dominasi saat itu sedang dipegang Manchester United. Alan Shearer, Chris Sutton, Tim Sherwood, dan Graeme Le Saux menjadi beberapa nama yang mentereng di Blackburn kala itu.

Baca Juga: 6 Klub Berkostum Biru yang Pernah Juara Divisi Utama Liga Inggris

3. Leeds United (1991/1992)

5 Tim Non Big Six Terakhir yang Menjadi Juara Liga InggrisLeeds United (premierleague.com)

Leeds United merupakan juara pertama liga Inggris ketika format kompetisi telah berubah menjadi English Premier League. Momen tersebut terjadi pada musim 1991/1992 ketika Leeds United dilatih Howard Wilkinson.

Kala itu, Leeds United diperkuat beberapa pemain yang saat ini dikenal sebagai legenda, seperti Garry Speed, Eric Cantona, David Batty, dan Gary McAllister. Namun, pemain yang sangat berjasa bagi Leeds United kala itu adalah Lee Chapman, John Lukic, dan Rodney Wallace.

4. Everton (1986/1987)

5 Tim Non Big Six Terakhir yang Menjadi Juara Liga InggrisEverton (premierleague.com)

Bukan lagi menjadi rahasia umum jika Everton merupakan salah satu tim legendaris dan terpandang di Inggris. Namun, pamor dan performanya terus menurun seiring dengan dominasi Big Six pada era English Premier League modern.

Everton terakhir kali menjadi juara Liga Inggris pada musim 1986/1987, sebelum era English Premier League dimulai. Kala itu, Adrian Heath, Trevor Steven, Paul Wilkinson, Kevin Richardosn, dan Dave Watson tampil sangat apik.

5. Aston Villa (1980/1981)

5 Tim Non Big Six Terakhir yang Menjadi Juara Liga InggrisAston Villa (premierleague.com)

Aston Villa menjadi salah satu tim Inggris yang pernah menjadi juara Champions League. Musim 1980/1981 menjadi momen terakhir Aston Villa sukses menjuarai Liga Inggris. Setelah itu, Aston Villa lebih sering berada di papan tengah, atau bahkan terdegradasi.

Des Bremer, Tony Morley, Dennis Mortimer, Gary Shaw, Peter With, dan Allan Evans menjadi tulang punggung The Villans pada musim tersebut. Selainn itu, penghargaan juga layak diberikan bagi Ron Saunders yang menjadi otak permainan Aston Villa musim 1980/1981.

 

Persaingan di papan atas English Premier League saat ini nampaknya sulit untuk ditembus untuk tim non Big Six. Harus ada keajaiban dan konsistensi agar cerita besar Leicester City pada musim 2015/2016 dapat terulang kembali.

Baca Juga: Start Sempurna Klub asal London di Premier League, Kandidat Juara?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya