Comscore Tracker

5 Tim Piala Dunia 2022 yang Paling Banyak Pakai Pemain Liga Domestik

Qatar dan Arab Saudi percaya kualitas pemain lokal

Sebanyak 32 tim peserta Piala Dunia 2022 Qatar berusaha membawa pemain-pemain terbaik mereka. Kebanyakan pemain yang dibawa adalah pemain-pemain yang merantau di liga-liga besar.

Meski begitu, beberapa tim lebih mempercayai kualitas pemain sepak bola yang berlaga di kompetisi domestik. Tim mana sajakah itu? Berikut tim Piala Dunia 2022 yang paling banyak pakai pemain liga domestik!

1. Qatar (26 Pemain)

5 Tim Piala Dunia 2022 yang Paling Banyak Pakai Pemain Liga DomestikTimnas Qatar (mobile.twitter.com/QFA_EN)

Piala Dunia 2022 merupakan Piala Dunia pertama bagi Qatar. Tim yang menjadi tuan rumah gelaran Piala Dunia tahun ini mempercayai pemain dari liga domestik mereka.

Al-Duhail dan Al-Sadd menjadi penyumbang terbanyak. Al Duhail menyumbang 8 pemain, sedangkan Al-Sadd mengirim 15 pemain.

2. Arab Saudi (26 Pemain)

5 Tim Piala Dunia 2022 yang Paling Banyak Pakai Pemain Liga DomestikSelebrasi pemain Arab Saudi ketika menghadapi Argentina. (skysports.com)

Sama seperti Qatar, pemain-pemain Arab Saudi juga lebih betah dan laku di liga domestik ketimbang liga luar. Oleh karena itu, 26 pemain yang dibawa Timnas Arab Saudi ke Piala Dunia 2022 seluruhnya berasal dari liga domestik.

Kendati membawa seluruh pemain dari liga domestik, Saudi Pro League memang punya kualitas jempolan. Pasalnya, mereka konsisten menjadi 1 dari 5 liga terbaik di daratan Asia dari tahun ke tahun.

Baca Juga: Meme Kocak soal Rolls Royce Bertebaran Usai Arab Saudi Keok

3. Inggris (25 Pemain)

5 Tim Piala Dunia 2022 yang Paling Banyak Pakai Pemain Liga DomestikJordan Henderson (liverpoolfc.com)

Dikenal memiliki reputasi sebagai liga terbaik dunia, Liga Inggris menjadi kompetisi yang paling banyak menyumbangkan pemainnya ke Piala Dunia 2022. Terdapat 164 pemain yang berasal dari berbagai divisi Liga Inggris yang berlaga di Piala Dunia tahun ini.

Di antara 164 nama tersebut, Timnas Inggris mengambil 25 di antaranya. Sedangkan, satu lainnya tercatat sebagai pemain Bundesliga Jerman, yakni Jude Bellingham yang kini berseragam Borussia Dortmund.

4. Jerman (20 Pemain)

5 Tim Piala Dunia 2022 yang Paling Banyak Pakai Pemain Liga DomestikThomas Muller (dfb.de)

Tak jauh berbeda dengan Liga Inggris, Bundesliga juga memiliki kualitas jempolan. Pemain-pemain hebat dari berbagai benua dirasa lebih berkembang ketika bermain bersama tim Jerman.

Pada Piala Dunia 2022, Timnas Jerman membawa 20 pemain Bundesliga dari total 26 pemain yang dibawa. Antonio Ruediger, Thilo Kehrer, Kai Havertz, Ilkay Gundogan, Armel Bella-Kotchap, dan Marc-Andre ter Stegen jadi enam pemain yang berasal dari tim luar Bundesliga.

5. Spanyol (18 Pemain)

5 Tim Piala Dunia 2022 yang Paling Banyak Pakai Pemain Liga DomestikGavi (fcbarcelona.com)

Liga Spanyol merupakan kompetisi kedua yang paling banyak menyumbangkan pemainnya ke Piala Dunia 2022. Mereka menyumbang 86 pemain, yang jika dihitung secara persentase memiliki angka sebesar 10,36 persen.

Timnas Spanyol sendiri mempercayai 18 pemain LaLiga Spanyol untuk dibawa ke skuadnya. Sedangkan, 8 pemain lain berasal dari liga-liga top Eropa. Sebut saja Cesar Azpilicueta, Robert Sanchez, David Raya, Carlos Soler, Pablo Sarabia, Rodri, Aymeric Laporte, dan Dani Olmo.

Dari daftar ini, Qatar dan Arab Saudi memiliki alasan yang sama. Mereka membawa 26 pemain dari tim lokal. Jarangnya pemain asal Timur Tengah yang diminati liga besar lain, apalagi liga di Eropa, jadi alasan keduanya mengambil pemain dari liga domestik.

Baca Juga: Pedri dan Gavi, Penerus Duet Xavi dan Iniesta di Timnas Spanyol

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya