6 Tim yang Gagal Mencetak Lebih dari 1 Gol saat Adu Penalti

Jepang jadi salah satunya

Adu penalti jadi penentuan pertandingan sepak bola jika skor sama kuat hingga waktu yang ditentukan. Penalti biasa digunakan sebuah turnamen yang telah memasuki fase gugur.

Sebagai turnamen sepak bola terbesar di dunia, Piala Dunia tentu menerapkan peraturan serupa. Sepanjang sejarah Piala Dunia, ada beberapa tim nasional yang gagal mencetak lebih dari satu gol pada babak penentuan ini.

Negara mana yang timnya gagal mencetak lebih dari satu gol saat adu penalti di Piala Dunia?

1. Meksiko (1986)

6 Tim yang Gagal Mencetak Lebih dari 1 Gol saat Adu PenaltiHugo Ayala sebagai pemain Timnas Meksiko (fifa.com)

Negara pertama yang gagal pada babak penalti dan hanya mencetak satu gol ialah Meksiko. Momen ini pada  terjadi saat laga Timnas Meksiko kontra Jerman Barat pada perempat final PIala Dunia 1986.

Babak penalti dilakukan setelah kedua negara gagal mencetak gol pada waktu normal. Kala itu, Meksiko harus menerima kekalahan saat adu penalti dengan skor 1-3 karena Fernando Quirante dan Raul Servin gagal melaksanakan tugas dengan baik.

2. Meksiko (1994)

6 Tim yang Gagal Mencetak Lebih dari 1 Gol saat Adu PenaltiHristo Stoichkov dijaga pemain Meksiko pada Piala Dunia 1994. (fifa.com)

Di Piala Dunia 1994, Timnas Meksiko kembali gagal menang saat adu penalti. Hasil tersebut membuat skuad El Tri tersingkir dan gagal menembus babak 16 besar.

Untuk edisi kali ini, Timnas Bulgaria menjadi aktor di balik gagalnya Meksiko. Setelah pertandingan berakhir dengan skor 1-1 hingga waktu normal, Meksiko harus mengakui kekalahan dengan skor 1-4 pada babak tos-tosan.

3. Swiss (2006)

6 Tim yang Gagal Mencetak Lebih dari 1 Gol saat Adu Penaltiekspresi kebahagiaan skuad Ukraina pada Piala Dunia 2006 (fifa.com)

Swiss menjadi satu-satunya tim dalam sejarah Piala Dunia yang gagal mencetak gol pada fase grup, tetapi lolos ke fase gugur. Pada babak 16 besar, Swiss sudah ditunggu oleh Ukraina.

Setelah menjalani waktu normal dengan skor 0-0, Ukraina dan Swiss harus menjalani adu penalti. Pada momen ini, Ricardo Cabans, Tranquillo Barnetta, dan Marco Streller gagal mencetak gol untuk Swiss yang membuat Ukraina menang dengan skor 3-0.

Baca Juga: Track Record Adu Penalti Timnas Spanyol di Ajang PIala Dunia

4. Inggris (2006)

6 Tim yang Gagal Mencetak Lebih dari 1 Gol saat Adu PenaltiInggris saat berhadapan dengan Portugal di Piala Dunia 2006. (twitter.com/fifaworldcup)

Tim sebesar Inggris juga pernah gagal mencetak lebih dari satu gol saat adu penalti. Inggris yang pada Piala Dunia 2006 diisi banyak eksekutor penalti andal, macam David Beckham, Frank Lampard, Steven Gerrard, dan Wayne Rooney, justru  kalah 1-3.

Momen tersebut terjadi pada babak delapan besar, kala The Three Lions berhadapan dengan Portugal. Pada pertandingan tersebut, Owen Hargreaves menjadi satu-satunya penendang Inggris yang mampu menaklukkan Ricardo. Sementara, Frank Lampard, Steven Gerrard, dan Jamie Carragher gagal menjalankan tugas.

5. Jepang (2022)

6 Tim yang Gagal Mencetak Lebih dari 1 Gol saat Adu PenaltiTimnas Jepang pada Piala Dunia 2022 (fifa.com)

Skor imbang 1-1 sepanjang 120 menit membuat laga Jepang dan Kroasia harus berlanjut ke adu penalti. Pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 ini, Dominik Livakovic menjadi pahlawan kemenangan Kroasia.

Pasalnya, ia sukses mementahkan tiga tendangan eksekutor Jepang, yakni Takumi Minamino, Maya Yoshida, dan Kaoru Mitoma. Sedangkan, Takum Asano menjadi satu-satunya pemain asal Timnas Jepang yang berhasil mencetak gol saat adu penalti. Adu penalti berakhir dengan skor 1-4.

6. Spanyol (2022)

6 Tim yang Gagal Mencetak Lebih dari 1 Gol saat Adu PenaltiAchraf Hakimi selebrasi saat mengalahkan Spanyol. (fifa.com)

Selain Jepang yang kalah dari Kroasia, adu penalti pada 16 besar Piala Dunia 2022 juga terjadi saat Spanyol kontra Maroko. Pada pertandingan tersebut, Maroko keluar sebagai pemenang.

Setelah imbang 0-0 selama 120 menit, pertandingan berlanjut ke adu penalti. Tiga eksekutor Spanyol, Pablo Sarabia, Sergio Busquets, dan Carlos Soler gagal menjalankan tugas.

Maroko hanya gagal 1 kali dari 4 kali kesempatan. Pada akhirnya, Spanyol kalah dengan skor 0-3 saat adu penalti.

Adu penalti merupakan momen yang sangat mendebarkan bagi tim mana pun yang ambil bagian. Tak heran jika adu penalti sering kali disebut sebagai babak pertarungan mental ketimbang babak pertarungan kemampuan.

Baca Juga: Catatan Penting Adu Penalti di Piala Dunia, Banyak Suguhkan Drama!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya